Pengertian Cloudflare Fungsi dan Cara Kerjanya

Artikel berikut membahas Pengertian Cloudflare Fungsi dan Cara Kerjanya
Pengertian Cloudflare Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Cloudflare

Cloudflare adalah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan keamanan, optimisasi, dan infrastruktur internet. Salah satu layanan utama yang ditawarkan oleh Cloudflare adalah Content Delivery Network (CDN), yang membantu meningkatkan kecepatan dan performa situs web dengan menyebarkan konten ke server di seluruh dunia. 

Cloudflare juga menyediakan layanan keamanan seperti proteksi DDoS, enkripsi SSL, dan pemblokiran spam. Selain itu, Cloudflare menyediakan layanan optimisasi seperti optimisasi cache, kompresi, dan pengoptimalan gambar. Layanan Cloudflare tersedia untuk perusahaan kecil hingga perusahaan besar dan digunakan oleh jutaan situs web di seluruh dunia.

Apa itu DDoS dan Serangannya?

DDoS (Distributed Denial of Service) adalah serangan yang mencoba untuk mengganggu atau menghambat layanan suatu server atau jaringan dengan mengirimkan permintaan atau trafik yang tidak normal dari banyak sumber yang berbeda. Tujuan dari serangan DDoS adalah untuk menutupi server atau jaringan dengan permintaan yang tidak valid, sehingga tidak dapat menangani permintaan yang sah dari pengguna yang sebenarnya. 

Serangan DDoS dapat menyebabkan kerugian waktu dan uang bagi perusahaan atau individu yang mengalaminya, sehingga penting untuk memiliki tindakan pencegahan yang tepat untuk mencegah serangan ini. Layanan seperti Cloudflare dapat membantu menyediakan proteksi terhadap serangan DDoS dengan menyaring permintaan yang tidak sah sebelum mencapai server atau jaringan yang dilindungi.

Apa itu  SSL dan Kenapa harus di Enkripsi ?

SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol keamanan yang digunakan untuk mengamankan koneksi internet. SSL menggunakan enkripsi untuk memproteksi data yang dikirimkan melalui internet dari penyadapan atau pencurian. Ketika sebuah situs menggunakan SSL, maka URL-nya akan diawali dengan "https" bukan "http" dan akan ada simbol kunci atau ikon kunci di address bar browser.

Enkripsi adalah proses menyandikan data dengan menggunakan kode yang hanya dapat dibaca oleh orang yang memiliki kunci dekripsi yang sesuai. Enkripsi membantu mencegah orang yang tidak berwenang untuk membaca atau mengakses informasi yang dikirimkan melalui internet.

Enkripsi SSL sangat penting karena banyak informasi sensitif yang dikirimkan melalui internet, seperti kartu kredit, password, dan informasi pribadi lainnya. Enkripsi membantu mencegah orang yang tidak berwenang untuk mengakses informasi tersebut. Selain itu, enkripsi SSL juga sangat penting bagi kepercayaan pelanggan dan keandalan situs web. Jika sebuah situs tidak menggunakan enkripsi SSL, maka pelanggan mungkin akan ragu untuk mengirimkan informasi sensitif melalui situs tersebut karena tidak yakin tentang keamanannya.

Cara kerja Cloudflare mengatasi Serangan DDoS 

Cloudflare mengatasi serangan DDoS dengan menggunakan beberapa metode yang disebut "scrubbing centers". Scrubbing centers adalah data center yang tersebar di seluruh dunia yang digunakan untuk memfilter permintaan yang tidak sah sebelum mencapai server atau jaringan yang dilindungi.

Berikut adalah beberapa cara kerja Cloudflare dalam mengatasi serangan DDoS:

  1. Pemfilteran permintaan yang tidak sah: Cloudflare menggunakan algoritma yang canggih untuk memfilter permintaan yang tidak sah sebelum mencapai server atau jaringan yang dilindungi. Algoritma ini dapat membedakan antara permintaan yang sah dan tidak sah dengan menganalisis pola permintaan, lokasi sumber, dan banyak faktor lainnya.
  2. Penggunaan cache: Cloudflare menggunakan cache untuk menyimpan konten statis seperti gambar, CSS, dan JavaScript di server scrubbing centers. Dengan demikian, server yang dilindungi tidak perlu memproses permintaan untuk konten statis tersebut, sehingga tidak terbebani oleh serangan DDoS.
  3. Penggunaan Anycast: Cloudflare menggunakan teknik Anycast untuk mengarahkan permintaan ke server scrubbing center terdekat secara geografis. Dengan demikian, permintaan yang tidak sah dapat difilter di dekat sumbernya sebelum sampai ke server yang dilindungi.
  4. Pemblokiran sumber serangan: Cloudflare dapat memblokir sumber serangan DDoS secara otomatis dengan menganalisis pola permintaan yang tidak sah.
  5. Dengan menggunakan metode-metode tersebut, Cloudflare dapat membantu mengurangi dampak dari serangan DDoS dan memastikan bahwa server atau jaringan yang dilindungi tetap tersedia bagi pengguna yang sah.

  

Cara Cloudflare mengatasi serangan pada SSL

Cloudflare mengatasi serangan pada SSL dengan menggunakan beberapa metode yang disebut "scrubbing centers". Scrubbing centers adalah data center yang tersebar di seluruh dunia yang digunakan untuk memfilter permintaan yang tidak sah sebelum mencapai server atau jaringan yang dilindungi. Berikut adalah beberapa cara Cloudflare mengatasi serangan pada SSL:

  1. Penggunaan enkripsi SSL yang kuat: Cloudflare menggunakan enkripsi SSL yang kuat untuk memproteksi koneksi internet. Enkripsi SSL yang kuat membuat sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk menyadap atau mengakses informasi yang dikirimkan melalui internet.
  2. Pemfilteran permintaan yang tidak sah: Cloudflare menggunakan algoritma yang canggih untuk memfilter permintaan yang tidak sah sebelum mencapai server atau jaringan yang dilindungi. Algoritma ini dapat membedakan antara permintaan yang sah dan tidak sah dengan menganalisis pola permintaan, lokasi sumber, dan banyak faktor lainnya.
  3. Penggunaan Anycast: Cloudflare menggunakan teknik Anycast untuk mengarahkan permintaan ke server scrubbing center terdekat secara geografis. Dengan demikian, permintaan yang tidak sah dapat difilter di dekat sumbernya sebelum sampai ke server yang dilindungi.
  4. Pemblokiran sumber serangan: Cloudflare dapat memblokir sumber serangan secara otomatis dengan menganalisis pola permintaan yang tidak sah.
  5. Dengan menggunakan metode-metode tersebut, Cloudflare dapat membantu mengurangi dampak dari serangan pada SSL dan memastikan bahwa server atau jaringan yang dilindungi tetap tersedia bagi pengguna yang sah.

Cara Daftar Cloudflare

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar ke Cloudflare:

  1. Buka situs web Cloudflare di https://www.cloudflare.com/.
  2. Klik tombol "Sign Up" di pojok kanan atas layar.
  3. Masukkan alamat email dan password yang ingin Anda gunakan untuk masuk ke akun Cloudflare.
  4. Klik tombol "Create Account".
  5. Ikuti instruksi yang ditampilkan untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Ini mungkin termasuk memberikan informasi tambahan tentang Anda atau perusahaan Anda, serta memverifikasi alamat email yang Anda masukkan.
  6. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan diarahkan ke dashboard Cloudflare. Dari sini, Anda dapat menambahkan situs web yang ingin Anda lindungi ke akun Cloudflare Anda.
  7. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menambahkan situs web ke akun Cloudflare Anda. Ini mungkin termasuk mengikuti instruksi untuk mengubah nameserver situs web Anda ke nameserver Cloudflare.
  8. Setelah Anda selesai menambahkan situs web ke akun Cloudflare Anda, Anda dapat mengelola layanan keamanan, optimisasi, dan infrastruktur internet yang ditawarkan oleh Cloudflare dari dashboard akun Anda.

Alasan Mendaftarkan Website ke Cloudflare

Anda mungkin ingin mendaftarkan situs web Anda ke Cloudflare dalam kondisi seperti berikut:

  1. Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan dan performa situs web Anda: Cloudflare menyediakan layanan CDN (Content Delivery Network) yang membantu meningkatkan kecepatan dan performa situs web dengan menyebarkan konten ke server di seluruh dunia.
  2. Jika Anda ingin melindungi situs web Anda dari serangan DDoS: Cloudflare menyediakan layanan proteksi DDoS yang membantu mencegah serangan DDoS dengan menyaring permintaan yang tidak sah sebelum mencapai server atau jaringan yang dilindungi.
  3. Jika Anda ingin mengenkripsi koneksi internet situs web Anda: Cloudflare menyediakan layanan enkripsi SSL yang membantu mengenkripsi koneksi internet situs web Anda untuk memproteksi data yang dikirimkan melalui internet dari penyadapan atau pencurian.
  4. Jika Anda ingin meningkatkan keandalan situs web Anda: Cloudflare menyediakan layanan optimisasi seperti optimisasi cache, kompresi, dan pengoptimalan gambar yang dapat membantu meningkatkan keandalan situs web Anda.
  5. Jika Anda mengalami masalah dengan kecepatan, keamanan, atau keandalan situs web Anda, maka mendaftarkan situs web Anda ke Cloudflare mungkin merupakan solusi yang tepat untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, selalu penting untuk mengevaluasi kebutuhan situs web Anda dan memutuskan apakah layanan Cloudflare sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Cara Setting dns di Cloudflare

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur DNS di Cloudflare:

  1. Masuk ke akun Cloudflare Anda.
  2. Pilih situs web yang ingin Anda atur DNS-nya.
  3. Pilih tab "DNS" di menu sebelah kiri.
  4. Di halaman DNS, Anda akan melihat daftar record DNS yang ada. Record DNS terdiri dari berbagai tipe, seperti A record, CNAME, MX record, dan lain-lain.
  5. Untuk menambah record DNS baru, klik tombol "Add record" di bagian bawah halaman.
  6. Pilih tipe record yang ingin Anda tambahkan, kemudian masukkan nilai yang sesuai di kolom yang tersedia.
  7. Klik tombol "Save" untuk menyimpan perubahan.
  8. Ulangi langkah 5-7 untuk menambah record DNS lainnya yang

 Demikian penjelasan mengenai Pengertian Cloudflare Fungsi dan Cara Kerjanya semoga bermanfaat.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes