Skip to main content

Membuat Login,Register Laravel 8


Laravel 8 terdapat fitur baru untuk melakukan proses autentikasi untuk mempermudah penggunanya dalam pembuatan website, Laravel terus melakukan inovasi untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang saat ini dibutuhkan sehingga dengan menggunakan framework tersebut kita tidak akan ketinggalan teknologi terbaru, oleh karena itu laravel merupakan salah satu framework yang paling sering malakukan update fitur.

terdapat  fitur baru dalam proses autentikasi yang dapat digunakan pada laravel 8 yang dinamai laravel jetstream. Laravel Jetstream adalah package yang bersifat secara open source  pada versi ini, laravel  Jetstram berguna untuk pembuatan scaffolding Authentication dan terdapat banyak fitur didalamnya diantaranya adalah :
  1. Login
  2. Registrasi
  3. Verifikasi Email
  4. Two Factor Authentication
  5.  Management Session
  6. API Auth 
  7. Management Session
dalam laravel jetstream terdapat dua jenis autentikasi yang salah satunya dapat kita pilih, kedua jensi tersebut adalah livewire dan inertia. 

Perbedaan Livewire dan Inertia

Laravel Jetstream di kembangkan oleh sang pembuat famework laravel yaitu Taylor Otwel yang di desain  menggunakan Tailwind CSS. jika kita memilih livewire authentication maka engine yang akan digunakan adalah engine blade yang merupakan bawaan dari laravel itu sendiri sedangkan jika kita memilih Inertia maka template yang akan kita gunakan adalah Komponen Vue Template, jika anda sebelumnya belum mengenal/menguasau vuejs sebaknya anda memilih livewire. namun jika anda sudah mengenal vuejs pilihan inertia akan lebih baik.

Pembuatan Laravel Authentication Jetsream menggunakan Livewire

untuk pembuatan autentikasi ini kita akan terapkan pada project sebelumnya yang sudah kita kerjakan pada materi Membuat Blog Sederhana Menggunakan Laravel tentu saja kita masih menggunakan composer untuk menginstall package autentikasi ini, jika belum menginstal composer silahkan klik link berikut : cara install composer. oke kita lanjutkan langkah demi langkah untuk instalasi laravel jetstream.

Langkah 1 :

untuk menginstal laravel jetstream silahkan masukan perintah berikut pada command prompt anda seperti berikut :

  composer require laravel/jetstream
  
perintah diatas tentu saja harus berada pada project blog anda, silahkan masuk dengan tahapan perintah seperti pada gambar berikut:

tekan tombol enter lagi kemudian tunggu proses instalasi sampai selesai, berikut adalah gambar proses instalasi jika sudah selesai :

Langkah 2 :

Jika  proses instal sudah selesai, kita akan melanjutkan instalasi  Livewire, masukan perintah berikut pada project anda:

    php artisan jetstream:install livewire
    
Tunggu kembali proses instalasi sampai selesai seperti pada gambar berikut :
     

Langkah 3 :

Kemudian jalankan perintah berikut : npm install && npm run dev untuk melakukan kompilasi, jika proses berhasil dan selesai maka tampilannya akan seperti gambar berikut :

jika perintah npm anda tidak berjalan siahkan download dan install nodejs pada lingk berikut : https://nodejs.org/en/download/ pilih windows installer jika anda menggunakan windows.

Langkah 4 :

Langkah terakhir untuk membuat  Login & Register pada  Laravel versi 8, adalah menjalankan perintah pada  command prompt anda sebagai berikut :

      php artisan migrate:fresh
      
perintah diatas berguna untuk menjalankan migrasi baru yang berfungsi untuk menangani two-factor authentication, API Auth dengan Laravel Sanctum dan Management Session.


Langkah 5 :

Jika langkah-demi langkah sudah selesasi dan berhasil dilakukan silahkan jalankan kembali project anda dengan perintah pada command prompt : php artisan serve kemudian buka url http://localhost:8000 di browser.

Halaman Utama :


Halaman Registrasi :

Halaman Berhasil Registrasi :

Halaman Login :

Demikian cara membuat login,register laravel 8, jika kita perhatikan fitur yang sekian banyak sudah kita buat tanpa coding, mudah bukan.... semoga berhasil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar