Skip to main content

Menambah,Menghapus dan Memanggil Form VB.Net


Form digunakan sebagai tempat kita melakukan pekerjaan biasanya sebuah form digunakan untuk melakukan proses tertentu misalnya sebuah form yang kita gunakan pada artikel Cara Membuat Project Helloworld VB.Net pada form tersebut digunakan untuk menampung beberapa komponen pada toolbox. tentu saja jika kita membuat aplikasi yang lebih besar tidak cukup jika hanya menggunakan satu form saja terkadang kita perlu Menambah,Mengahapus dan Memanggil Form VB.Net

Menambah Form pada VB.Net



Untuk menambahkan sebuah form dapat kita lakukan dengan mudah pada visual studio yaitu dengan cara klik kanan pada project yang ada pada jendela solution explorer kemudian add > windows form selain dengan cara tersebut dapat juga dilakukan dengan menekan menu Project > Add Windows Form dalam visual studio.


Cara menambah form menggunakan klik kanan pada project :





Cara menambah form pada menu project :





Menghapus Form pada VB.Net 

terkadang kita juga menghapus sebuah form yang ada pada project yang sedang kita kerjakan, alasan menghapus bisa saja karena ada kegagalan dalam melakukan design ataupun form tersebut ada yang duplikat sehingga kita perlu menghapus form tersebut, untuk melakukan penghapusan pada form lakukan pilih form yang akan dihapus kemudian klik kanan pada pada form tersebut (yang berada pada solution explorer) kemudian pilih delete.





Menampilkan / Memanggil Form pada VB.Net

ketika kita membuat sebuah project pada visual studio  telah disediakan sebuah form, ketika kita melakukan penambahan form pada project tersebut tentu saja kita perlu melakukan pemanggilan form, ada dua cara melakukan pemanggilan form pada VB.Net yaitu dengan perintah Show atau Show dialog. cara penulisan nya adalah sebagai berikut :

namaForm.Show()
atau
namaForm.ShowDialog()
Perintah tersebut anda bisa letak kan pada sebuah event klik misalkan pada sebuah tombol. perbedaan antara Show dan ShowDialog adalah ketika kita menggunakan Show maka kita masih bisa mengakses form sebelum nya, tetapi jika menggunakan ShowDialog maka kita tidak bisa menekan form sebelumnya sebelum form yang kedua ditutup.
untuk memperjelas bagaimana cara melakukan pemanggilan pada form mari kita buat sebuah project baru berikut langkah-langkah nya :
  1.  Berikan nama project MenampilkanForm tambahkan dua buah button pada form1 ganti text button 1 menjadi Show dan button2 menjadi ShowDialog
  2. Tambahkan dua buah form yang lain dengan cara yang sudah dijelaskan diatas. berikan nama form2 dan form3.
  3. Berikan sebuah Event pada kedua tombol tersebut kemudian masukan perintah berikut : 

Public Class Form1
    Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button2.Click
        Form3.ShowDialog()
    End Sub
End Class

Sekarang coba anda amati perbedaan nya, antara menggunakan Show dan ShowDialog, Contoh Aplikasi dapat di download disini :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->