Menambah,Menghapus dan Memanggil Form VB.Net


Windows Form digunakan sebagai tempat kita melakukan pekerjaan biasanya sebuah Windows form digunakan untuk melakukan proses tertentu misalnya sebuah Windows form yang kita gunakan pada artikel Cara Membuat Project Helloworld VBNet pada Windows form tersebut digunakan untuk menampung beberapa komponen pada toolbox. tentu saja jika kita membuat aplikasi yang lebih besar tidak cukup jika hanya menggunakan satu form saja terkadang kita perlu Menambah,Mengahapus dan Memanggil Windows Form VBNet

Menambah Form pada VBNet



Untuk menambahkan sebuah Windows form dapat kita lakukan dengan mudah pada visual studio yaitu dengan cara klik kanan pada project yang ada pada jendela solution explorer kemudian add > windows form selain dengan cara tersebut dapat juga dilakukan dengan menekan menu Project > Add Windows Form dalam visual studio.


Cara menambah Windows form menggunakan klik kanan pada project :





Cara menambah Windows form pada menu project :





Menghapus Windows Form pada VBNet 

terkadang kita juga menghapus sebuah Windows form yang ada pada project yang sedang kita kerjakan, alasan menghapus bisa saja karena ada kegagalan dalam melakukan design ataupun form tersebut ada yang duplikat sehingga kita perlu menghapus Windows form tersebut, untuk melakukan penghapusan pada Windows form lakukan pilih Windows form yang akan dihapus kemudian klik kanan pada Windows form tersebut (yang berada pada solution explorer) kemudian pilih delete.





Menampilkan / Memanggil Windows Form pada VBNet

ketika kita membuat sebuah project pada visual studio  telah disediakan sebuah form, ketika kita melakukan penambahan Windows form pada project tersebut tentu saja kita perlu melakukan pemanggilan Windows form, ada dua cara melakukan pemanggilan Windows form pada VBNet yaitu dengan perintah Show atau Show dialog. cara penulisan nya adalah sebagai berikut :

namaForm.Show()
atau
namaForm.ShowDialog()
Perintah tersebut anda bisa letak kan pada sebuah event klik misalkan pada sebuah tombol. perbedaan antara Show dan ShowDialog adalah ketika kita menggunakan Show maka kita masih bisa mengakses Windows form sebelum nya, tetapi jika menggunakan ShowDialog maka kita tidak bisa menekan form sebelumnya sebelum Windows form yang kedua ditutup.
untuk memperjelas bagaimana cara melakukan pemanggilan pada Windows form mari kita buat sebuah project baru berikut langkah-langkah nya :
  1.  Berikan nama project MenampilkanForm tambahkan dua buah button pada form1 ganti text button 1 menjadi Show dan button2 menjadi ShowDialog
  2. Tambahkan dua buah form yang lain dengan cara yang sudah dijelaskan diatas. berikan nama form2 dan form3.
  3. Berikan sebuah Event pada kedua tombol tersebut kemudian masukan perintah berikut : 

Public Class Form1
    Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button2.Click
        Form3.ShowDialog()
    End Sub
End Class


demikian pembahasan kita kali ini cara Menambah,Menghapus dan Memanggil Form VBNet, moga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Menambah,Menghapus dan Memanggil Form VB.Net"