Cara Mudah Membuat Survey di Google Form Terbaru

Artikel berikut membahas Cara Mudah Membuat Survey di Google Form Terbaru
Cara Mudah Membuat Survey di Google Form Terbaru


Google Forms adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan Anda membuat formulir online dan mengumpulkan tanggapan dari orang lain. Formulir Google dapat berisi berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, skala, dan teks terbuka. Anda dapat menggunakan Google Forms untuk mengumpulkan informasi dari orang lain, misalnya untuk survei, quiz, atau ujian. 

Formulir Google dapat diakses melalui browser web atau melalui aplikasi Google Forms di perangkat seluler. Setelah formulir diterbitkan, Anda dapat membagikannya dengan orang lain melalui tautan atau email, dan mengumpulkan tanggapan yang dikirimkan melalui formulir tersebut di halaman "Analisis" di Google Forms.

Kelebihan Google Form

Ada beberapa kelebihan utama yang ditawarkan oleh Google Forms:
  1. Gratis: Google Forms tersedia secara gratis untuk digunakan oleh siapa saja yang memiliki akun Google.
  2. Mudah digunakan: Google Forms mudah dipahami dan digunakan, terutama bagi mereka yang sudah familiar dengan layanan lain dari Google.
  3. Beragam jenis pertanyaan: Google Forms menyediakan beragam jenis pertanyaan yang dapat Anda tambahkan ke formulir, seperti pilihan ganda, skala, dan teks terbuka.
  4. Dapat diakses dari berbagai perangkat: Formulir Google dapat diakses melalui browser web atau melalui aplikasi Google Forms di perangkat seluler.
  5. Dapat diintegrasikan dengan layanan lain: Formulir Google dapat diintegrasikan dengan layanan lain dari Google, seperti Google Sheets, Google Calendar, dan Google Drive.
  6. Dapat diakses dan diubah secara real-time: Formulir Google dapat diakses dan diubah secara real-time oleh siapa saja yang memiliki tautan ke formulir tersebut.
  7. Dapat mengumpulkan tanggapan secara online: Formulir Google dapat membantu Anda mengumpulkan tanggapan secara online dari orang-orang yang Anda ajak bergabung, sehingga Anda tidak perlu mengumpulkan tanggapan secara manual.
  8. Menyediakan analisis tanggapan: Google Forms menyediakan halaman "Analisis" yang memungkinkan Anda melihat hasil formulir yang dikumpulkan dalam bentuk grafik dan tabel.

Cara membuat Google Form

Untuk membuat formulir di Google Forms, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka situs Google Forms di browser web Anda.
  2. Klik tombol "Buat" di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih templat formulir atau mulai dari awal dengan memilih "Formulir kosong".
  4. Tambahkan pertanyaan ke formulir dengan mengklik tombol "+" di sebelah kiri pertanyaan yang ingin Anda tambahkan. Anda dapat memilih dari berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, skala, dan teks terbuka.
  5. Sesuaikan pengaturan formulir Anda, seperti judul formulir, warna latar belakang, dan jenis font.
  6. Klik tombol "Terbitkan" di sudut kanan atas layar untuk mempublikasikan formulir.
  7. Salin tautan formulir yang diterbitkan atau bagikan formulir dengan mengirimkan email ke orang-orang yang ingin Anda ajak bergabung.
  8. Sekarang, orang lain dapat mengisi formulir yang Anda buat dengan mengklik tautan yang Anda bagikan. Anda dapat melihat hasil formulir yang dikumpulkan di halaman "Analisis" di Google Forms.

Cara membuat Survey di Google Form

Untuk membuat survey di Google Forms, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka situs Google Forms di browser web Anda.
  2. Klik tombol "Buat" di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih templat formulir atau mulai dari awal dengan memilih "Formulir kosong".
  4. Tambahkan pertanyaan ke formulir dengan mengklik tombol "+" di sebelah kiri pertanyaan yang ingin Anda tambahkan. Anda dapat memilih dari berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, skala, dan teks terbuka. Pastikan untuk memilih pertanyaan yang sesuai dengan tujuan survey Anda.
  5. Sesuaikan pengaturan formulir Anda, seperti judul formulir, warna latar belakang, dan jenis font.
  6. Klik tombol "Terbitkan" di sudut kanan atas layar untuk mempublikasikan formulir.
  7. Salin tautan formulir yang diterbitkan atau bagikan formulir dengan mengirimkan email ke orang-orang yang ingin Anda ajak bergabung.
  8. Sekarang, orang lain dapat mengisi formulir yang Anda buat dengan mengklik tautan yang Anda bagikan. Anda dapat melihat hasil survey yang dikumpulkan di halaman "Analisis" di Google Forms. Jika Anda ingin menampilkan hasil survey dalam bentuk grafik atau tabel, Anda dapat menggunakan fitur analisis yang tersedia di Google Forms.

Contoh Pembuatan Survey di Google Form

Berikut adalah contoh survey yang dapat Anda buat menggunakan Google Forms: Survey kepuasan pelanggan: Ini adalah survey yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan. Pertanyaan yang dapat Anda tambahkan ke formulir ini antara lain:
  • Bagaimana menurut Anda tingkat kepuasan Anda terhadap produk/jasa yang kami berikan? (skala 1-5), untuk membuat skala kia dapat menggunakan dropdown ataupun multple choice.
    Cara Mudah Membuat Survey di Google Form Terbaru
  • Apakah Anda merasa puas dengan pelayanan yang kami berikan? (pilihan ganda: Ya/Tidak)
Cara Mudah Membuat Survey di Google Form Terbaru
pilihan Required jika diaktifkan pada sudut kanan bawah maksudnya pertanyaan tersebut wajib diisi jika tidak diisi maka jawaban yang telah dibuat tidak akan dapat disimpan, sedangkan jika dibiarkan non aktif maka pengguna akan tetap dapat menyimpan jawaban.
Apakah Anda akan merekomendasikan produk/jasa kami kepada orang lain? (pilihan ganda: Ya/Tidak)
Cara Mudah Membuat Survey di Google Form Terbaru
Sekarang anda dapat melanjutkan pembuatan survey dengan cara yang sama dengan menambahkan contoh pertanyaan seperti berikut :
  • Apakah ada hal yang ingin Anda sampaikan kepada kami tentang produk/jasa kami? (teks terbuka)
  • Survey kepuasan karyawan: Ini adalah survey yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Pertanyaan yang dapat Anda tambahkan ke formulir ini antara lain:
  • Bagaimana menurut Anda tingkat kepuasan Anda terhadap kondisi kerja di perusahaan ini? (skala 1-5)
  • Apakah Anda merasa diterima dan diakui oleh rekan kerja Anda? (pilihan ganda: Ya/Tidak)
  • Apakah Anda merasa memperoleh kesempatan yang adil untuk berkarier di perusahaan ini? (pilihan ganda: Ya/Tidak)
  • Apakah ada hal yang ingin Anda sampaikan kepada kami tentang kondisi kerja di perusahaan ini? (teks terbuka)
  • Survey preferensi makanan: Ini adalah survey yang bertujuan untuk mengetahui preferensi makanan dari responden. Pertanyaan yang dapat Anda tambahkan ke formulir ini antara lain:
  • Apakah Anda lebih suka makanan manis atau asin? (pilihan ganda: Manis/Asin)
  • Apakah Anda lebih suka makanan pedas atau tidak pedas? (pilihan ganda: Pedas/Tidak pedas)
  • Apakah Anda vegetarian atau bukan vegetarian? (pilihan ganda: Vegetarian/Bukan vegetarian)
  • Apakah ada makanan yang tidak Anda sukai? Jika ya, sebutkan makanan tersebut. (teks terbuka)
Jika drmuanya sudah selesai dibuat jangan lupa untuk menekan tombol Send pada sudut kanan atas, untuk mendapatkan link yang dapat anda bagikan untuk orang yang dituju. demikian lah Cara Mudah Membuat Survey di Google Form Terbaru semoga bermanfaat.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes