Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet dengan mudah

Artikel berikut membahas Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet dengan mudah
Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet dengan mudah


Sebelum kami sampaikan Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet dengan mudah karena antara Microsoft Excel dan Google Sheet merupaka dua aplikasi yang berbeda.

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows, macOS, iOS, dan Android. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola lembar kerja elektronik yang terdiri dari baris dan kolom yang disebut sel. 

Pengguna dapat memasukkan data, rumus, dan grafik ke dalam lembar kerja tersebut dan menggunakannya untuk menganalisis dan mempresentasikan data secara efektif. Microsoft Excel juga memiliki banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk memformat sel dan lembar kerja sesuai kebutuhan, serta mengimpor dan mengekspor data ke format lain seperti CSV atau PDF. Aplikasi ini sering digunakan di berbagai bidang, termasuk bisnis, keuangan, dan akademis.

Pengertian Google Sheets

Google Sheets adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang disediakan oleh Google sebagai bagian dari paket layanan Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai Google Docs). Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola lembar kerja elektronik yang terdiri dari baris dan kolom yang disebut sel. 

Pengguna dapat memasukkan data, rumus, dan grafik ke dalam lembar kerja tersebut dan menggunakannya untuk menganalisis dan mempresentasikan data secara efektif. Google Sheets juga memiliki banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk memformat sel dan lembar kerja sesuai kebutuhan, serta mengimpor dan mengekspor data ke format lain seperti CSV atau PDF. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk digunakan melalui web browser, dan juga tersedia dalam bentuk aplikasi seluler untuk iOS dan Android. Sebagai aplikasi berbasis cloud, pengguna dapat mengakses dan mengedit lembar kerja dari mana saja dengan menggunakan koneksi internet.

Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet

Untuk memindahkan seluruh atau sebagian dari file Excel ke Google Sheets, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka aplikasi Google Sheets pada perangkat Anda.
  2. Pilih "File" dan kemudian pilih "Import" dari menu drop-down.
    Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet dengan mudah

  3. Pilih "Upload" dari jendela yang muncul dan kemudian cari dan pilih file Excel yang ingin Anda impor dari komputer Anda.
    Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet dengan mudah

  4. Pilih "Import data" dan kemudian pilih "Replace current sheet" atau "Create new sheet" sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memilih "Create new sheet", maka data akan ditambahkan ke lembar baru di dalam dokumen Google Sheets yang sama.
    Cara Memindahkan Microsoft Excel ke Google Sheet dengan mudah

  5. Setelah proses impor selesai, Anda akan melihat data dari file Excel yang Anda impor muncul di lembar Google Sheets yang sesuai.
Anda juga dapat mengimpor data dari file Excel ke Google Sheets secara langsung dari Google Drive dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Google Drive pada perangkat Anda dan cari file Excel yang ingin Anda impor ke Google Sheets.
  2. Klik kanan pada file tersebut dan pilih "Open with" dari menu drop-down.
  3. Pilih "Google Sheets" dari daftar aplikasi yang muncul.
  4. Seluruh data dari file Excel akan terbuka di Google Sheets dan Anda dapat menggunakan dan memanipulasi data tersebut sesuai kebutuhan.
  5. Sekian, semoga membantu.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes