Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru

Artikel berikut membahas Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru
Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru


Pengertian Google Form

Google Form adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh Google untuk membuat dan mengirim formulir online. Formulir ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengumpulkan informasi dari pelanggan, mengumpulkan data penelitian, atau mengumpulkan tanggapan dari peserta seminar. 

Google Forms memungkinkan Anda untuk membuat pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban, seperti pilihan ganda, skala, dan teks bebas. Anda juga dapat menambahkan gambar, video, atau dokumen ke dalam form. Setelah form dikirim, hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk tabel yang dapat Anda unduh ke dalam file Excel atau Google Sheets untuk dianalisis lebih lanjut.

Pengertian Excel Google (Google Sheet)

Excel Google adalah salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google dalam suite aplikasi Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai G Suite). Aplikasi ini merupakan versi cloud dari program spreadsheet Microsoft Excel yang dapat digunakan melalui browser web. Excel Google memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola spreadsheet, menghitung data, membuat grafik dan laporan, serta memiliki fitur-fitur yang serupa dengan Microsoft Excel. 

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk bekerja secara real-time dengan beberapa orang pada satu spreadsheet yang sama, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam tim atau proyek yang tersebar di berbagai lokasi.

Langkah - Langkah Membuat Google Form Dari Excel 

Untuk mengintegrasikan Sheet ke Google Form, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Google Drive pada browser Anda dan masuk dengan akun Google Anda.
  2. Klik tombol 'New' di pojok kiri atas lalu pilih 'Google Sheets' dari menu dropdown. sperti pada gambar berikut :
    Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru

  3. Pada halaman Spreadsheet klik menu 'Tools' Kemudian pilih menu 'Create New Form'  maka google form akan terbuka, masukkan pertanyaan sesuai dengan kebutuhan anda.
    Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru

  4. Kemudian, tambahkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan dengan mengklik tombol 'Add question'. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai, misalnya seperti contoh berikut:
    Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru

  5. Jika sudah selesai, klik tombol 'Send' di pojok kanan atas untuk mengirimkan form kepada orang yang Anda tuju.
  6. Jika anda kembali ke Google Sheets yang tadi maka akan secara otomatis mengenerate pertanyaan serta response akan muncul di Google Sheets.
  7. Kita juga bisa menampilkan data secara live artinya jika ada seseorang yang mengisi data akan otomatis muncul di Google Sheets nya. dengan cara menekan tombol 'Tools' kemudian klik 'Manage Form' dan klik lagi menu 'Go to Live Form'.
  8. Berikut adalah hasil dari Google Form Excel yang sudah kita buat :
    Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru

Demikian lah Cara Membuat Google Form Excel dengan Mudah Terbaru semoga dapat memberikan manfaat.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes