Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Excel Online di Google Drive Terbaru

Cara Membuat Excel Online di Google Drive Terbaru


Sebelum membahas bagaimana cra membuat Excel Oline di Google drive sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Google Drive serta apa saja yang dapat dilakukan olehnya, berikut adalah penjelasan singkat mengenai Google Drive.

Pengertian Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan dan berbagi file yang disediakan oleh Google. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengakses file dari berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan ponsel. 

Dengan Google Drive, Anda dapat membuat, mengedit, dan berbagi dokumen, spreadsheet, dan presentasi secara online menggunakan aplikasi Google Docs, Sheets (Google Excel), dan Slides. Anda juga dapat menyimpan file lain seperti gambar, video, dan audio di Google Drive.

Google Drive menyediakan 15 GB ruang penyimpanan gratis untuk setiap pengguna. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Anda dapat membeli paket tambahan dengan harga mulai dari $1.99 per bulan.

Google Drive juga memungkinkan Anda untuk membagikan file dan folder dengan orang lain dan bekerja secara bersama-sama di file yang sama secara real-time. Ini sangat berguna untuk tim yang bekerja jarak jauh atau untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Cara Membuat Excel Online di Google Drive

Untuk membuat file Excel online di Google Drive, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Google Drive dengan mengunjungi drive.google.com di browser web Anda.
  2. Masuk ke akun Google Anda jika diminta.
  3. Klik tombol "New" di sudut kiri atas layar.
  4. Pilih "Google Sheets" dari menu yang muncul. Ini akan membuka aplikasi Google Sheets dalam jendela baru di browser Anda.
  5. Anda akan melihat lembar kerja kosong di layar Anda. Anda dapat mulai mengetik atau memasukkan data ke dalam lembar kerja ini seperti yang Anda lakukan pada file Excel biasa.
  6. Untuk menyimpan file Anda, klik tombol "File" di bagian atas layar, kemudian pilih "Save as" dari menu yang muncul. Anda akan diminta untuk memberikan nama file dan memilih lokasi penyimpanan. Pilih "My Drive" untuk menyimpan file ke dalam Google Drive Anda. Kemudian, klik tombol "Save" untuk menyimpan file.
  7. Anda juga dapat membagikan file Excel Anda dengan orang lain dengan mengklik tombol "File" dan memilih "Share" dari menu yang muncul. Anda dapat memasukkan email orang-orang yang ingin Anda bagikan file dengan dan memberikan hak akses yang sesuai.

Contoh Sederhana Cara membuat file Excel online di Google Drive

Berikut adalah contoh sederhana tentang cara membuat file Excel online di Google Drive, Studi Kasus membuat data siswa SD:
  1. Buka Google Drive dengan mengunjungi drive.google.com di browser web Anda.
  2. Masuk ke akun Google Anda jika diminta.
  3. Klik tombol "New" kemudian 'Google Sheets' dan tekan tombol 'Blank Spreedsheet' ditunjukan seperti pada gambar.


    Cara Membuat Excel Online di Google Drive Terbaru
  4. Anda akan melihat lembar kerja kosong di layar Anda. Kita akan membuat tabel sederhana yang menyimpan daftar NIS,Nama Lengkap dan Kelas. berikut tampilan dokumen kosong pada Google Sheets. 
    Cara Membuat Excel Online di Google Drive Terbaru

  5. Masukkan judul "NIS" pada sel A1 dan "Nama Lengkap" pada sel B1 dan 'Kelas' pada sel C1
  6. Masukkan data pada sel-sel di bawahnya. Misalnya, masukkan NIS '20221' pada sel A2, Nama 'Joko Setiawan' pada sel B2 dan Kelas '1' pada sel C2. dan seterusnya, sehingga kira-kira menjadi seperti berikut :
    Cara Membuat Excel Online di Google Drive Terbaru

  7. Tulisan 'Untitled Spreadsheet' anda dapat klik dan mengganti namanya sesuai dengan keinginan, dan secara otomatis akan tersimpan di Google Drive yang dimiliki.
  8. Untuk menyimpan file secara manual, klik tombol "File" di bagian atas layar, kemudian pilih "Save as" dari menu yang muncul. Anda akan diminta untuk memberikan nama file dan memilih lokasi penyimpanan. Pilih "My Drive" untuk menyimpan file ke dalam Google Drive Anda. Kemudian, klik tombol "Save" untuk menyimpan file.
  9. Anda juga dapat membagikan file Excel Anda dengan orang lain dengan mengklik tombol "File" dan memilih "Share" dari menu yang muncul. Anda dapat memasukkan email orang-orang yang ingin Anda bagikan file dengan dan memberikan hak akses yang sesuai.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Excel Online di Google Drive Terbaru"

close