12 Tempat Wisata Populer dan Terbaru di Yogyakarta tahun 2022

Artikel berikut membahas 12 Tempat Wisata Populer dan Terbaru di Yogyakarta tahun 2022

Libur telah tiba, Desember merupakan waktu yang tepat untuk liburan setelah kita penat selama setahun bekerja, selain itu momennya sangat pas karena biasanya sedang liburan sekolah, sembari mengajak keluarga jalan-jalan. Tapi sebelum kita nentuin tempat wisata sebaiknya melihat referensinya terlebih dahulu. salah satunya adalah Yogyakarta gak kalah dengan tempat wisata lainnya disana juga menyajikan destinasi wisata yang menarik mulai wisata budaya, alam perbukitan, hingga pantai semua ada disana. pegen tahu lebih lanjut simak rekomendasi tempat wisata di yogyakarta terbaru dan populer tahun 2022. berikut ini :

HeHa Ocean View

HeHa Ocean View

Gak hanya HeHa Sky View saja yang menjadi destinasi wisata di Jogja populer di tahun 2022 ini, ada juga HeHa Ocean View. Jika sebelumnya menawarkan view perbukitan daerah Gunung Kidul, maka yang satu ini menyajikan view indahnya Pantai Selatan Jawa. Berada di tepian tebing yang berundak-undak, tempat wisata satu ini dijamin memukau dan pas untuk berfoto ria.

Dalam satu area ini terdapat banyak spot wahana yang dijamin cantik untuk latar foto Instagram kamu. Ada spot Trinity Glass yang berupa jembatan kaca, Santorini, Pink Horizon, Terra Curve, HeHa Airplane, dan Air Balloon. Nah selain itu terdapat juga banyak tempat makan dengan ragam pilihan menu, hingga ada tempat menginap. 

Alamat: Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

Obelix Hills

Obelix Hills

Kembali spot wisata di Jogja yang menawarkan view cantik di atas ketinggian bukit hijau, yaitu Obelix Hills. Dengan tagline “Sunset On The Rock”, kamu memang bisa menikmati indahnya matahari terbenam dari atas sebuah tebing. Objek wisata ini memang mengambil tempat di tebing bukit daerah Prambanan, Kabupaten Sleman yang juga punya pemandangan luas memukau.

Mirip seperti di HeHa, dalam satu area ini kamu bisa mendapati spot-spot foto cantik yang jumlahnya mencapai 30 spot. Beberapa spot menarik ada Eagle Nest berupa tempat santai dengan jaring di pinggir tebing, serta ada The Edge at Rock Bar yang ada jembatan kaca pinggir tebing. Kalau untuk mengisi perut, di sini ada restoran Pulen & Kopi Ponti yang menyajikan kuliner Nusantara dan kopi lezat.

Alamat: Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

HeHa Sky View

HeHa Sky View

Destinasi wisata Jogja yang lagi hits dan populer di tahun 2022 ini ada HeHa Sky View dengan menawarkan view dataran tinggi cantik. tidak hanya itu saja disana juga menawarkan pemandangan alami perbukitan, tempat ini didesain dengan sangat cantik dan Instagramable. Berlokasi di daerah Dlingo Patuk Gunung Kidul, nama HeHa sendiri diambil dari nama Herry Zudianto dan Handoyo Mawardi. 

Destinasi wisata cantik ini menawarkan wahana seperti Sky Ballon, Love Box, dan Sky Glass yang merupakan spot foto ikonik di atas lantai kaca. Selain cantik di pagi hari, momen sore hari saat matahari terbenam dan malam hari pun akan terlihat sangat menawan. Tersedia juga restoran untuk bersantap dengan pilihan menu seperti pizza, sandwich, steak, dan dessert gelato.

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Bukit, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

Daerah selatan Provinsi DIY memang terdapat banyak pilihan wisata pantai cantik yang pas buat refreshing. Kalau mau pilihan wisata pantai selatan yang belum terlalu ramai sehingga nggak begitu bising, ada Pantai Watu Kodok. Diberi nama Pantai Watu Kodok karena konon katanya terdapat dua tebing batu berbentuk mirip kodok (katak) di sisi barat dan timurnya.

Aspek kecantikannya ada di garis pantainya yang cukup panjang dengan pasir putih yang tergolong masih bersih. Di sepanjang pantai pun terdapat deretan pohon cemara udang dan pandan laut hijau yang makin kontras dengan birunya air laut. Buat menikmati area ini, tersedia gazebo-gazebo yang nyaman, warung makan, dan juga area untuk kemah sambil membuat api unggun.

Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Puncak Becici

Puncak Becici

Dibuka sejak tahun 2015, Puncak Becici jadi tempat wisata di Jogja yang hits usai dikunjungi langsung oleh Presiden Barack Obama. Dengan nuansa alam area hutan pinus, kamu akan bisa menikmati sejuknya udara khas dataran perbukitan. Berlokasi di perbukitan daerah Dlingo Kabupaten Bantul, kamu bisa menikmati kerlap-kerlip lampu perkotaan Jogja di malam hari.

Berbekal alam hutan pinus yang asri, kamu bisa melakukan banyak aktivitas lain seperti outbound, camping, dan gathering keluarga. Gak lupa, pengelola juga menyediakan spot berfoto Instagram dengan latar bentang alam yang memukau. Kalau mau lebih menantang, kamu bisa melakukan hiking, trekking, hingga adventure dengan jeep.

Alamat: Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul.

Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi

Selanjutnya ada spot wisata Jogja yang berada di sekitaran Kaliurang, tepatnya di kaki Gunung Merapi, namanya Agrowisata Bhumi Merapi. Sesuai namanya, di sini berkonsep wisata agro yang bersifat edukasi dan pas untuk keluarga. Udara sejuk khas kawasan pegunungan juga memberikan ekstra kenyamanan dalam menjelajahi wilayah agrowisata ini.

Saat mengajak anak-anak, kamu bisa mengajak mereka ke kawasan hewan ternak seperti kelinci, kambing, domba, dan bebek. Selain itu ada juga spot foto keren dengan bangunan bergaya Santorini, Alpen House, mural Renaissance, dan kastil. Selain melanglang buana dan bermain dengan hewan ternak, kamu pun bisa makan di deretan café yang ada di dalam area ini.

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.

Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh

Spot wisata hits di Jogja lainnya yang bisa kamu kunjungi pertengahan 2022 ini adalah Tumpeng Menoreh. Tempat ini sebetulnya adalah restoran yang dibangun di atas Perbukitan Menoreh kawasan Kulon Progo. Karena viewnya yang super cantik dan sering terselimuti kabut khas dataran tinggi, membuatnya jadi tempat healing yang asyik.

Berdiri di atas bukit setinggi 950 meter di atas permukaan laut, bangunannya sendiri memang unik berbentuk hexagonal tapi mengerucut ke atas layaknya tumpeng. Bahkan banyak orang rela datang subuh dini hari supaya mendapatkan momen sunrise atau matahari terbit dari balik bukit. Karena berkonsep resto, kamu tinggal isi perut saja di sini dengan pilihan menu seperti opor ayam, mangut lele, mie goreng, brongkos, dan ayam madu wijen.

Alamat: Jalan Kebun Teh, Sumbersari, Nglinggo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Puncak Sosok

Puncak Sosok

Di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, terdapat sebuah puncak bernama Puncak Sosok yang saat ini jadi tempat wisata. Setelah sebelumnya hanya bukit ilalang tanpa fungsi, akhirnya tahun 2018 diubah menjadi wahana menarik. Pengunjung bisa menikmati suasana romantis terlebih saat sore hari dan ditambah alunan musik akustik.

Saat malam hari ketika langit gelap, maka gemerlap lampu kota-kota di bawahnya akan terlihat menawan. Selain itu kamu bisa berfoto-foto cantik dengan spot jembatan kayu dan bambu. Terdapat juga pondokan-pondokan dengan beberapa warung makan yang dilengkapi makanan enak seperti tahu walik, sempol ayam, cilok, dan jagung bakar.

Alamat: Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Setelah membahas banyak spot wisata alam yang ada di Jogja 2022 ini, maka kurang lengkap tanpa membahas wisata budaya. Salah sekian banyak spot wisata kebudayaan di Jogja, salah satu yang paling hits adalah Museum Ullen Sentalu. Berlokasi di sekitaran Kaliurang, museum budaya satu ini tetap jadi spot wisata favorit untuk belajar sejarah keluarga bangsawan.

Di dalam area ini menampilkan sejarah Kerajaan Mataram Islam, serta kehidupan bangsawan Kesultanan Jogjakarta, Kasunanan Surakarta, Praja Mangkunegara, dan Kadipaten Mangkualam. Selain koleksi kehidupan bangsawan pewaris Kerajaan Mataram Islam, di sini juga menampilkan arca-arca peninggalan era Hindu-Buddha. 

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.

Mahaloka ParadiseMahaloka Paradise merupakan sebuah restoran yang menghadirkan suasana alam. Para tamu yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan Menoreh.  Mahaloka Paradise berada di Pronosutan View. Hamparan persawahan ini terletak di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Mahaloka Paradise merupakan sebuah restoran yang menghadirkan suasana alam. Para tamu yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan Menoreh.  Mahaloka Paradise berada di Pronosutan View. 

Alamat : Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 

Suwatu By Mil & Bay

Suwatu By Mil & Bay

Suwatu By Mil & Bay merupakan restoran yang menyajikan pemandangan Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Sewu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, dan Bukit Menoreh. 

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon

Selanjutnya ada Bukit Pengilon yang menjadi spot wisata terbaru dan lagi hits di Jogja tahun 2022 ini. Berlokasi di kawasan Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, tempat ini menawarkan perbukitan yang langsung bertemu lautan lepas di Selatan Jawa. Beberapa sumber menyebut kalau bukit ini sebetulnya merupakan kaki sebuah gunung purba jutaan tahun silam.

Pemandangan hijaunya perbukitan dan tebing batu karang, sangat kontras dengan birunya pemandangan lautan Samudera Hijau yang berombak deras. Memang butuh effort khusus ke area ini dan banyak yang berkunjung untuk sekalian mendirikan kemah lalu bermalam di lokasi. Tapi usaha ekstra untuk ke tempat ini terbayar dengan pemandangan indah dan ada air terjun yang langsung bertemu atau bermuara ke lautan. 

Alamat: Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes