Memahami Pengertian Pemodelan Data

Memahami Pengertian Pemodelan Data

Pengertian Data Modeling 

Data Modeling (Pemodelan Data) adalah proses menghasilkan diagram deskriptif hubungan antara berbagai jenis informasi yang akan disimpan dalam database. Data Modeling (Pemodelan Data) juga dapat dikatakan sebagai keterampilan penting untuk setiap ilmuwan data, apakah sedang melakukan desain penelitian atau merancang penyimpanan data baru.

Dalam artian lain model data adalah pemetaan yang menunjukan hubungan logikal antara elemen data atau suatu cara untuk menjelaskan bagaimana pemakai dapat melihat data secara logik, sekumpulan konsep-konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data dan batasan-batasan data yang terintegrasi di dalam suatu organisasi.

Abstraksi Data

Abstraksi data adalah gambaran umum untuk melihat data dalam sebuah sistem basis data. Abstraksi data mempunyai 3 level untuk memberikan gambaran umum suatu data yaitu physical view, conceptual view, external view.
Terdapat tiga level abstraksi saat memandang suatu basis data yaitu:
  1.  Level Phisik,Merupakan level terendah dalam abstraksi data, yang menunjukkan bagaimana sesungguhnya suatu data disimpan, berapa banyak bit yang digunakan untuk sebuah pernyataan. Pada lapis inilah struktur data dijabarkan secara rinci. Pada level ini hanya developer yang bisa melihatnya.
  2.  Level Konseptual, Lapis konseptual lebih tinggi dari lapis fisik. Lapis ini menunjukkan data apa saja yang sesungguhnya disimpan pada basisdata, dan juga menjelaskan hubungan-hubungan antardata secara keseluruhan.  level ini dikendalikan oleh data administration.
  3.  Level Pandangan Pemakai (external view), lapis tertinggi pada abstraksi data. Lapis ini menunjukkan data apa yang ingin user lihat tetapi tidak semuanya ditampilkan. misalnya seorang mahasiswa ingin melihat datanya, tetapi ia tidak dapat melihat data dosen, ataupun mahasiswa lainnya. Kegunaan level ini adalah untuk menyederhanakan interaksi antara pemakai (user) dengan sistem.

Jenis-Jenis Pemodelan Data

Model data adalah sekumpulan konsep-konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data dan batasan-batasandata yang terintegrasi di dalam suatu organisasi. Ada tiga jenis model data:
  1.  Object-based data models
  2.  Record-based data models
  3.  Physical data models

Object Based Data Models

Model data berbasis objek menggunakan konsep entitas, atribut dan hubungan antar entitas Terdiri dari:
  1. Entity Relationship model
  2. Semantik data model
  3. Binary Model

Entity Relationship Models

Merupakan suatu model untuk  menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.
Memahami Pengertian Pemodelan Data
Contoh 1 :  ER Model

Simbol ER Model adalah sebagai berikut :
Memahami Pengertian Pemodelan Data
Simbol ER Model

Contoh lain ER Model :
Memahami Pengertian Pemodelan Data
Contoh 2 :  ER Model


Record Based Data  Model

Models Model ini berdasarkan pada record untuk menjelaskan kepada user tentang hubungan logic antar data dalam basis data. Terdapat 3 data model pada record based data model :
  1. Model Relational
  2. Model Hirarki
  3. Model Jaringan

Perbedaan Dengan Object Based Data Model

Pada record based data model selain digunakan untuk menguraikan struktur logika keseluruhan dari suatu database, juga digunakan untuk menguraikan implementasi dari sistem database (higher level description of implementation)

Model Relational

Data dan hubungan antar data direpresentasikan oleh sejumlah tabel dan masing-masing tabel terdiri dari beberapa kolom yang namanya unik. Model ini berdasarkan notasi teori himpunan (set theory), yaitu relation. Contoh: database akademik, yg terdiri dari 3 tabel:
  1. mahasiswa
  2. mata kuliah
  3. transkrip nilai
Memahami Pengertian Pemodelan Data
Record Base Data Model

Physical Data Models

Digunakan untuk menguraikan data pada internal level atau menjelaskan kepada pemakai(user) tentang bagaimana data-data dalam basis data disimpan didalam media penyimpanan yang digunakan secara fisik.
Memahami Pengertian Pemodelan Data
Physical Data Models

itulah sekilas mengenai Memahami Pengertian Pemodelan Data beserta contoh-contohnya semoga ada gambaran bagi anda ketika melakukan perancangan basis data.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes