Perbedaan Machine Learning (ML) vs Artificial Intelligence (AI)

Perbedaan Machine Learning (ML) vs Artificial Intelegent (AI)

Pengertian dan definisi machine learning sudah dibahas secara gamblang pada bagian sebelumnya. Seringkali orang menganggap machine learning sama dengan artificial intelligence (AI). Memang benar machine learning dan AI saling berkaitan namun keduanya berbeda. 

Istilah AI (Artificial Intellegence) sempat disinggung beberapa kali pada bab ini. Salah satu pioneer AI adalah John McCarthy, yang disebut sebagai “godfathers of AT” Menurutnya AI adalah “the science and engineering of making intelligent Machine”  Berikut beberapa definisi AI yang lain: 

  • A branch of computer science dealing with the simulation of intelligent behavior in computers.
  • The capability of a machine to imitate intelligent human behavior. 
  • A computer system able to perform tasks that normally reguire human intelligence, such as visual perception, speech recognition, decision making, and translation between languages. 

Dari sekian banyak definisi AI, menurut Penulis definisi: “The capability of a machine to imitate intelligent human behavior", paling mudah untuk dipahami. Definisi tersebut membedakan antara machine learning dan AI. 

Machine learning terkait dengan usaha untuk membuat komputer menjadi cerdas. Sedangkan Al tidak hanya terkait dengan komputer, namun mesin apapun yang dapat menirukan kecerdasan manusia. Dengan kata lain machine learning sebenarnya masih merupakan bagian dari AI. 

Setelah membaca artikel ini diaharapkan sekarang anda sudah dapat mengetahui apakah yang dimaksud dengan machine learning secara intuisi. Menurut Penulis machine learning adalah: 

  • Automating automation (mengotamasi automation). 
  • Teaches computer to program themselves (mengajari komputer untuk memprogram dirinya sendiri). 
  • Machine learning telah diterapkan ke berbagai aspek kehidupan. 
Beberapa aplikasi machine learning antara lain: 
  1. Social Networks 
  2. Information Extraction
  3. Credit Analysis 
  4. E-commerce 
  5. Computational Biology
  6. Space Exploration 
  7. Robotics 
  8. Debugging, dan masih banyak lagi 
Untuk menambah wawasan anda kami juga telah menulis artikel Contoh dan Implementasi Machine Learning dalam dunia nyata, selamat belajar.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes