Contoh dan Implementasi Machine Learning

Banyak sekali teknologi yang menerapkan machine learning Tanpa kita sadari machine learning sudah sangat dekat dengan kehidupan setiap orang. Kami hanya akan membahas beberap, saja implementasi dari machine learning. 

Virtual Personal Assistants 

Siri,Alexa, Google Now adalah beberapa contoh populer virtual personal assistants (asisten pribadi virtual). Seperti namanya, mereka membantu dalam mencari informasi, ketika ditanya melalui suara. Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkannya dan bertanya, misalkan: “Apa jadwal saya hari ini?” “Apa penerbangan dari Jerman ke London", atau pertanyaan serupa. 

Untuk menjawab, asisten pribadi Anda mencari informasi, mengingat pertanyaan terkait, atau mengirim perintah ke sumber lain (seperti aplikasi telepon) untuk mengumpulkan info. Anda bahkan dapat menginstruksikan asisten untuk tugas-tugas tertentu seperti “Setel alarm jam 6 pagi keesokan paginya, “ingatkan saya untuk mengunjungi Kantor Visa lusa", dan lain-lain. 

Teknologi machine learning merupakan bagian penting dari asisten pribadi ini karena mereka mengumpulkan dan memperbaiki informasi berdasarkan keterlibatan Anda sebelumnya dengan mereka. Nantinya, rangkaian data ini digunakan untuk memberikan hasil yang disesuaikan dengan preferensi Anda. 

Image Recognation 

Image recognation (pengenalan gambar) adalah salah satu penggunaan machine learning yang paling umum. Ada banyak situasi di mana kita dapat mengklasifikasikan objek sebagai gambar digital. Dengan machine learning kita dapat melatih komputer untuk mendeteksi wajah dalam suatu gambar. Teknik Image recognation juga dapat digunakan untuk pengenalan karakter untuk membedakan tulisan tangan serta huruf cetak. 

Search Engine 

Search engine merupakan salah satu penerapan machine learning yang populer namun kurang disadari oleh penggunanya. Hampir semua pengguna smart phone adalah juga pengguna Internet. Sehingga Penulis berani memastikan bahwa pengguna smart phone cukup familiar dengan search engine. 

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa search engine adalah program yang dapat mencari informasi pada database berdasarkan keywords atau karakter yang ditentukan oleh user. Search engine secara khusus digunakan untuk menemukan informasi pada World Wide Web. 

Search engine sering disebut “mesin pencarian”, Kita akan menggunakan istilah yang terakhir ini, karena istilah ini lebih familiar bagi telinga orang Indonesia.  Mesin pencarian, baik itu bernama Google, Yahoo, AltaVista, dan sebagainya bekerja dengan memanfaatkan berbagai teknologi machine learning berikut ini. Mungkin sebagian atau seluruhnya, sangat bergantung perusahaan pembuat mesin pencarian teresebut. 

Query understanding atau pemahaman guery. Yang dimaksud dengan guery adalah keyword atau apa-apa yang dinputkan oleh user pada halaman mesin pencarian. Sedangkan tujuan atau apa yang dimaksudkan oleh user (melalui guery tersebut) disebut User Intent atau Intent. 

Education Technology (EdTech) 

Di masa lalu, sekolah sepenuhnya mengandalkan guru dan para staf dalam melangsungkan kegiatan akademik. Sekolah -yang lebih modern sudah menggunakan komputer dan jaringan komputer untuk memudahkan komunikasi dan kegiatan lain yang terkait akademik, termasuk administrasi dan operasional. 

Meskipun sudah dibantu oleh komputer namun 10046 proses analisa data yang tersimpan pada database komputer dan kegiatan pengambilan keputusan masih mengandalkan “otak” manusia. 

Dengan hadirnya teknologi machine learning maka terbukalah peluang untuk menggantikan sebagian fungsi otak manusia dengan komputer. Penerapan machine learning pada bidang pendidikan (education) sering dikaitkan dengan jargon baru yaitu EdTech atau Education Technology. Berikut ini beberapa manfaat atau implementasi machine learning pada dunia pendidikan. 

Recommendation System 

Beberapa layanan cloud, seperti Netflix, Amazon, Google, dan sebagainya sudah menerapkan recommendation system berdasarkan aktifitas pencarian.  Misalkan jika pada kunjungan sebelumnya kita pernah mencari produk berupa baju seragam, maka ketika memasuki situs tersebut akan muncul daftar rekomendasi baju seragam (bahkan baju lain) yang dianggap cocok dengan kebutuhan kita. Situs semacam ini dapat memunculkan rekomendasi lintas platform, mulai dari komputer, andorid, tablet, dan sebagainya. 

Contoh Lainnya :

  • Detecting credit card fraud 
  • Stock market analysis 
  • Glassifying DNA seguences 
  • Robot locomotion 
  • Bio-informatics 
  • Dan sebagainya 
Itulah Contoh dan Implementasi Machine Learning semoga bermanfaat. sebelum belajar lebih lanjut mungkin anda perlu juga untuk memahami istilah dari learning itu sendiri karena istilah tersebut memiliki jenis yang berbeda-beda silahkan baca artikel berikut dengan judul Pengertian Learning pada Machine Learning.


Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes