Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi

Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan untuk belajar bahasa pemrograman, pada dasarnya kita membutuhkan sebuah perangkat idealnya berupa Komputer ataupun Laptop kemudian kita install tools atau aplikasi sebagai editor dan compilernya namun tidak semuanya dari kita memiliki perangkat tersebut. sebagai solusi saat ini kita akan menggunakan alternatif lain untuk belajar bahasa pemrograman yaitu dengan menggunakan HP android.

Aplikasi Apa yang akan digunakan?

ada beberapa aplikasi yang dapat kita install di hp android untuk belajar bahasa pemrograman java diantaranya ada Java N-IDE, Java Editor,JvDroid, AIDE dan masih banyak yang lainnya. aplikasi-aplikasi tersebut teresedia secara "gratis" yang berguna untuk mengetik Script/Coding atau biasa sering disebut juga sebagai IDE (Integrated Development Environment).

Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi


agar tidak salah dalam memilih aplikasi tersebut dapat kita mulai dengan melihat-lihat review dan jumlah download yang dilakukan orang lain, jika reviewnya bagus dan banyak didownload oleh orang lain serta iklannya tidak terlalu banyak itu yang direkomendasikan karena pada aplikasi tersebut tidak sepenuhnya gratis biasanya untuk fitur tertentu kita harus bayar atau berlangganan dan sering muncul iklan. namun tenang aja karena kita masih dalam tahap awal dalam belajar untuk basic programming biasanya kita tidak perlu membayar apapun.

Aplikasi yang akan kita gunakan disini adalah AIDE - IDE for Andoid Java C++, aplikasi ini memilki jumlah download yang lumayan banyak 1jt+ dan memiki review yang lumayan bagus. silahkan cari di playstore anda atau bisa lihat terlebih dahulu pada link berikut : 

Codingan Pertama "Hello World"

pastikan anda sudah berhasil melakukan instalasi aplikasi AIDE - IDE for Andoid Java C++, jika sudah maka tampilan awal kira - kira akan seperti  gambar berikut :
Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi


ketika pertama dibuka akan muncul sebuah penawaran untuk berlangganan dan penawaran fitur lain, jika kita tidak berlangganan klik aja tombol back seperti pada gambar untuk keluar dari pop up tersebut.

codingan pertama kita sudah menjadi kebiasaan ketika akan belajar bahasa pemrograman yaitu mencetak kata "hello world", bagaimana caranya? ketika anda tekan tombol back maka akan muncul tulisan seperti berikut : 
Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi

Jika tidak muncul silahkan klik menu dan tekan tombol Java Skills seperti pada gambar berikut :
Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi

Kemudian klik lagi template Hello World yang sudah tersedia pada aplikasi AIDE seperti gambar berikut :
Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi

Bagaimana Cara Menjalankan ?

Untuk menjalankan aplikasi agar tulisan hello world dapat running kita bisa menekan tombol run yang sudah ditandai dengan warna kotak merah dan secara otomatis akan muncul hasil pada layar anda, perhatikan gambar berikut :

Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi
Hasilnya sebagai berikut :

Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi
Jika sudah muncul seperti tulisan Hello World berarti anda sudah berhasil menjalankan program. sekian untuk tahap awal kita Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi, nantikan update artikel berikutnya, semoga bermanfaat.










Post a Comment for "Belajar Java Menggunakan HP Android - Instalasi"