Cara Membuat Jaringan Peer To Peer

Kali ini kita akan Belajar Jaringan kali ini akan dibahas mengenai Cara Mudah Membangun Jaringan Peer To Peer. Jaringan peer to peer atau yang biasa disingkat (P2P) merupakan salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi atau terkoneksi jaringan. contohnya berbagi file sharing,printer sharing dan lain sebagainya.

Jaringan Peer to Peer juga merupakan jaringan paling kecil dari sebuah jaringan karena tidak perlu menggunakan peralatan jaringan yang banyak dan kompleks seperti  router,switch atau yang lainnya. Sebagai contoh kami akan mempraktikannya untuk sobat, berikut adalah peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan peer to peer

Peralatan yang dibutuhkan :
  • 2 buah laptop atau 2 buah PC
  • Satu buah Kabel Jaringan Cross
Jika peralatan tersebut sudah tersedia saatnya kita akan membuat jaringan peer to peer. caranya adalah silahkan hubungkan 2 komputer menggunakan kabel Cross.
Kemudian anda setting komputer anda dengan  IP sebagai berikut :

Komputer-1
IP Address : 192.168.101.1
Subnet Mask : 255.255.255.0
Komputer-2
IP Address : 192.168.101.2
Subnet Mask : 255.255.255.0

Jika sudah anda bisa mengeceknya. Anda bisa masuk ke CMD kemudian ketikan :
Ping 192.168.101.1 pada PC-2
Ping 192.168.101.2 Pada PC-1

kemudian lakukan pink menggunakan Command Prompt (cmd) Jika muncul informasi Reply, berarti anda sudah berhasil membuat Jaringan Peer to Peer. selanjutnya anda sudah  bisa melakukan File Sharing yaitu berbagi file antar kedua komputer tersebut dan datanya anda bisa ambil/simpan dari Komputer-1 ke Komputer-2 ataupun kebalikannya.

Cara Membuat Jaringan Peer To Peer

Note :
Anda juga dapat menggunakan Cisco Packet Tracer untuk membuat jaringan Peer to Peer. Cisco Packet Tracer merupakan sebuah Software untuk melakukan simulasi jaringan dan dapat diinstal pada komputer berbasis windows, sedangkan jika anda menggunakan linux anda dapat meninstall GNS3 untuk melakukan simulasi pembuatan jaringan.

Demikian cara membuat jaringan peer to peer pada komputer, semoga bermanfaat untuk anda.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Jaringan Peer To Peer"