Pengertian Machine Learning Menurut Para Ahli

Machine Learning 

machine Learning merupakan salah satu cabang dari ilmu Kecerdasan Buatan, khususnya yang mempelajari tentang bagaimana komputer mampu belajar dari data untuk meningkatkan kecerdasannya. Berikut ini adalah pengertian Machine Learning menurut beberapa ahli.

Menurut Arthur (1959)

Kemampuan komputer untuk melakukan pembelajaran tanpa harus menjelaskan atau terprogram secara eksplisit kepada komputer.

Menurut Tom Mitchel (1997)

Komputeryang memiliki kemampuan melakukan belajar dari pengalaman terhadap tugas-tugasnya dan mengalami peningkatan kinerja.

Menurut Budiharto (2016)

Tipe dari kecerdasan buatan yang menyediakan komputer dengan kemampuan untuk beajar dari data, tanpa secara eksplisit harus mengikuti instruksi terprogram.  Dengan melihat berbagai definisi di atas, Machine learning memiliki fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar sendiri untuk memutuskan sesuatu, tanpa harus berulang kali diprogram oleh manusia.

Dengan metode tersebut, mesin tidak hanya bisa menemukan aturan untuk perilaku optimal dalam pengambilan keputusan, namun juga bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Dalam pembelajaran mesin, Anda menganalisis kumpulan data yang besar untuk menemukan  pola  Melalui algoritma pembelajaran mesin, kita perlu melatih komputer sedemikian rupa sehingga bisa memahami model objek yang dikenali manusia. Lalu apa perbedaan pemrograman tradisional dengan pemrograman menggunakan machine learning?

Pada pemrograman tradisional, data dan program dijalankan pada komputer untuk menghasilkan output, sedangkan pada pemrograman menggunakan machine learning, data dan output dijalankan pada komputer untuk membuat program, dan kemudian program tersebut bisa digunakan dalam pemrograman tradisional.

Aplikasi Machine Learning

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini Al dan Machine Learning sedang mengalami masa booming dan banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, Berikut adalah beberapa contah pemanfatannya.

Algoritma Pencarian (Web Searching)

Ketika Anda mengetikkan pencarian data pada Google misalnya maka yang dilakukan Google adalah menampilkas laman web paling relevan yang terkait dengan pencariat tersebut. Google melihat klik terakhir dari para penggunanya untuk memahami halaman web mana yang lebih relevan untuk ditampilkan pada suatu pencarian. Untuk proses itulah Machine Learning bekerja. Machine Learning menggunakan teknik untuk membantu menangani data yang besar dengan cara yang cerdas dalam konteks ini untuk memberikan hasil pencarian yang tepi kepada pengguna. 

Analisa tulisan (Text Analysis)

Di era hoax yang merajalela, penting bagi kita untuk menganalisa kebenaran sebuah tulisan. Disitulah machine learning diterapkan untuk menganalisa suatu teks, baik digunakan untuk menguji kebenaran tulisan, mengetahui sumbernya, atau mengklasifikasikannya berdasarkan kelompok tertentu. Penerapan lain machine learning dalam text analysis diantaranya adalah untuk deteksi spam (menganalisa, menilai, dan menyaring spam berdasarkan isi dan sumber dari sebuah email), sentiment analysis (mengklasifikasikan opini pengguna sosial media apakah opini tersebut bersifat positif, netral atau negatif), serta penerapan pada information extraction (menganalisa potongan-potongan informasi dari suatu paragraf). sebagai contoh machine learning pada gmail untuk mendeteksi spam. 

Pengenalan Gambar (Image Recognition)

Mesin dapat belajar mengenali gambar-gambar yang diberikan kepadanya. Penerapan yang paling sering dijumpai adalah ketika  kita menggunakan gambar pada Facebook untuk memberikan tag pada teman teman kita Facebook memiliki fitur face detection nyang mampu mendeteksi wajah yang ada pada gambar tersebut.

Penerapan pada e-commerce

Para pengelola e-commerce modern sudah menerapkan berbagas metode machine learning untuk memperlancar bisnisnya Beberapa yang bisa dlakukan antara lain adalah mempred ksi pergerakan pelanggan, termasuk mendeteksi validasi dari sebuah transaksi. Penerapan yang lain pada e-commerce diantaranya adalah untuk product recomender system. Sistem akan mengident fkasi dan memberikan rekomendasi kepada customer, produk produk mana yang menarik untuk dirinya. Hal itu dilakukan dengan me hat dan menganalisa history pembelian customer tersebut dari waktu ke waktu 

Penerapan pada Bidang Keuangan (Finance)

Machine learning dalam bidang keuangan digunakan untuk mendeteksi potensi terjadinya fraud (kecurangan) baik dalam sebuah transaksi keuangan maupun dalam sebuah pelaporan keuangan. Machine learning juga dapat digunakan untuk mendeteksi potensi dari sebuah investasi yang akan dilakukan seseorang, memberikan analisa resiko kredit dan sebagainya. 

Bidang Robotics

Machine Learning digunakan bidang Robotika untuk kasus-kasus bagaimana menangani ketidakpastian pada lingkungan yang baru. Contoh yang sekarang banyak dikembangkan adalah pada self driving car. 

Ekstraksi Informasi

Ekstraksi informasi merupakan suatu bidang ilmu untuk pengolahan Natural Language Processing (bahasa alami), dengan cara mencari informasi dari sekelompok teks yang tidak terstruktur menjadi informasi yang terstruktur sesuai dengan kebutuhan. Saat ini Internet menyediakan berbagai jenis informasi yang tidak terstruktur pada sebuah website, sehingga dibutuhkan teknologi untuk menganalisa teks tersebut dan menemukan pengetahuan yang relevan dan terstruktur sesuai kebutuhan.

Demikian Pengertian Machine Learning Menurut Para Ahli semoga dapat menambah wawasan anda mengenai tekknologi yang saat ini sedang berkembang.


Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes