Skip to main content

Cara Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

Setelah sebelumnya kita membahas Mengenal cara kerja SEO, jika belum baca silahkan klik link berikut : Mengenal SEO , Selanjutnya kita akan Bahas bagaimana cara penerapan SEO pada web atau blog, namun cara-cara yang akan dijelaskan mungkin saja suatu saat bisa jadi tidak berlaku lagi atau tidak dipergunakan lagi berhubung google selalu mengupdate algoritma atau aturan-aturan setiap saat tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, namun untuk saat ini Teknik-tenik berikut masih bisa kita gunakan.

Kategori SEO

Terdapat dua kategori pada SEO yaitu offsite SEO dan onsite SEO

Offsite SEO

Offsite SEO adalah Teknik yang digunakan untuk mengajak orang agar mengunjungi website kita, offsite SEO tidak terlalu teknis jika dibandingkan dengan Onsite SEO. Tapi meskipun begitu Offsite SEO pun sangat penting.

Pada dadsarnya offsite SEO digunakan untuk melakukan promosi website kita. Dengan tujuan memberi tahu orang lain bahwa website kita layak untuk datangi.

Cara melakukan offsite SEO:

Content Marketing 

Salah satu hal yang paling penting bagi website adalah “Konten”, dan karena itulah istilah content marketing semakin sering digunakan pada akhir-akhir ini. Dengan menggunakan cara ini kita dapat menaikkan peringkat website di hasil pencarian mesin telusur, tapi dengan syarat konten yang kita buat memiliki kualitas yang baik, jika sudah berhasil membuat konten yang baik maka anda dapat memberikan manfaat ke website kita diantaranya adalah : 
  1. Mendatangkan pengunjung situs baru
  2. Memengaruhi orang-orang untuk membeli produk
  3. Memperbaiki reputasi bisnis
  4. Menghemat biaya

Promosi

Jika web kita sudah dikenal oleh orang lain langkah berikutnya yaitu kita haru focus untu membuat konten yang bagus. Tapi sebaliknya jika web kita rupanya masih sepi pengunjung, Anda masih perlu melakukan promosi.

Dengan cara promosi, web kita dapat mendatangkan lebih banyak visitor. Selain itu, promosi juga akan menjadikan web kita lebih unggul daripada komptetitor. Jika anda Semakin kreatif dan dapat menarik perhatian orang lain ,maka semakin mudah pula brand kita diingat. 

Public Relation

Jika kita menggunakan public relation maka dapat membuat bisnis semakin dikenal orang lain. Namun biasanya anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya, Public Relation sangat penting bagi web kita untuk:
  1. Membangun brand awareness
  2. Memberikan informasi tambahan
  3. Mengatur Otoritas
  4. Meningkatkan community relationship

Onsite SEO

Onsite SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimasi web kita dari dalam, maksudnya adalah mengoptimalkan semua isi atau bagian-bagian yang ada didalam web.

Optimasi ini berkaitan dengan adanya penyesuaian dan pengaturan bagian yang ada pada website. Sehingga mesin telusur bisa melakukan crawl (mengumpulkan data) informasi dengan mudah. Berikut adalah contoh dari Onsite SEO 
  1. URL yang memiliki format yang baik, URL yang baik biasanya harus memiliki keyword
  2. Tidak terdapat keyword stuffing yaitu usaha melakukan manipulasi peringkat di mesin telusur Google
  3. Memasukan Alt Text pada gambar
  4. Memberikan judul / Heading yang tepat.
  5. Mengoptimalkan onsite SEO?
Untuk melakukan optimalisasi yaitu pilih kata kunci yang tepat untuk mendatangkan trafik organik dari konten yang kita posting. 

Kata kunci (keyword) merupakan topik atau kata spesifik yang diketikkan oleh pencari/pengguna internet pada mesin pencarian. 

Oleh karena itu, pencarian kata kunci tersebut sangat penting. Dengan menentukan kata kunci yang tepat akan dapat membantu kita dalam memahami kata kunci apa saja yang digunakan oleh orang lain untuk mengakses web. Kita haru memastikan kata kunci berasa judul, heading, dan isi atau body konten. 

Tinjauan Teknis

Untuk memudahkan kerja web crawler, anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini: 

Kelola sitemap

Usahakan website kita tidak memiliki link yang rusak (Broken Link), kita harus Segera update broken link yang ditemukan di website 

Hindari kesalahan pengalihan

Perbaiki URL error 

Optimasi

Kita harus Pastikan website memiliki: 
  1. navigasi yang mudah
  2. Struktur yang bagus
  3. Konten yang relevan
3 hal di atas sangat penting. Dengan adanya Struktur yang bagus akan memberitahu mesin telusur untu mengenai halaman webs yang penting. Selain itu, dengan navigasi yang mudah akan membuat pendatang situs menjadi lebih nyaman, betah dan mau berlama-lama di website kita. Dan yang Terakhir dengan adnya konten yang relevan bisa mendatangkan lebih banyak trafik berkualitas. 

Pengalaman Pengguna (User Experience)

Sikap yang baik melayani pengunjung situs akan membuat pengalaman pengguna menjadi menyenangkan, dan suatu saat akan dating Kembali. Penuhi kebutuhan pengunjung sesuai denga apa yang mereka inginkan. 

Jika anda adalah seorang blogger, kategori mengenai konten akan dapat mempermudah navigasi bagi para pengunjung . selain itu kita perlu mengatur layout karena dengan tampilan website yang menarik dapat mendatangkan pengunjung baru dan membuat mereka lebih betah. 

Hal terakhir yang paling penting, yaitu performa web. Kita harus memastikan website memiliki kecepatan loading yang baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar