Skip to main content

Cara Deklarasi Variabel VB.Net dan Penggunaannya

PENULISAN BAHASA BASIC

Penulisan bahasa pemrograman Basic di VB.NET tidak mengalami banyak perbedaan dibandingkan dengan bahasa aslinya, beberapa penggunaan keyword masih sama cara penggunaannya, jadi jika seblumnya pernah belajar bahasa Basic anda tidka akan mendaptkan kesulitan yang berarti ketika belajar VB.Net, berikut adalah beberapa contoh penggunaan bahasa basic pada VB.Net :

CARA DEKLARASI VARIABEL

Variabel adalah objek yang dapat menampung atau menerima masukan suatu nilai tertentu. didalam bahasa pemrograman kegunaan dari variabel sangat penting sekali untuk menampung nilai dan mengalokasikannya untuk suatu keperluan. 

pada VB.Net cara untuk mendeklarasikan variabel tidak sulit, yaitu dengan cara menggunakan perintah dim. berikut adalah contoh mendeklarasikan variabel pada VB.Net :
Dim nama as String
Dim nim as Integer
Dim lulus as Boolean
Keyword Dim adalah kata yang digunakan untuk mendeklarasikan nama variabel. Ketika perintah Dim dijalanakan oleh compiler maka memori akan menglolasikan nama variabel tersebut. pelu diketahui bahwa perintah/syintx pada VB..Net tidak case sensitive berbeda dengan bahasa pemrogaman lain seperti bahasa C/C#, java, PHP semuanya harus case sensitive, case sensitive adalah membedakan antara huruf besar dan kecil. namun pada IDE Visual Studio penulisan besar kecil huruf akan dilakukan secara otomatis karena terdapat fitur  fasilitas Syntax Checking dan Highlighting  sehingga kita tidak perlu bingung. 

VARIABEL LOKAL DAN VARIABEL GLOBAL

Variabel lokal merupakan variabel yang dideklarasikan di dalam fungsi atau prosedur. sedangkan variabel global adalah variabel yang dideklarasikan diluar fungsi atau prosedur, biasanya variabel global di deklarasikan pada kode paling atas dibawah nama class sehingga dapat terbaca oleh keseluruhan kode program pada suatu form/dokumen  visual basic. 


Keterangan :
  1. Variabel Global
  2. Varaibel Lokal
Sekali lagi dapat dijelaskan bahwa Konsekuensi pembedaan pembuatab variabel lokal dan variabel Global terletak pada ruang lingkupnya. Variabel yang dideklarasikan lokal tidak akan bisa diakses di luar prosedur, sementara variabel yang dideklarasikan sebagai member bisa diakses di seluruh prosedur.  Variabel Global adalah variabel yang bertipe Publik sehingga dapat diakses lintas form. 

CARA MENGISI NILAI VARIABEL VB.NET

Setelah kita berhasil membuat variabel selanjutnya kita dapat mengisi nilai pada variabel tersebut, ketika variabel tersebut masih kosong maka akan muncul sebuah tanda garis-garis pada varibel tersebut seperti pada contoh diatas, untuk mengisi variabel tersebut kita dapat menggunakan cara sebagai berikut :

Dim kode_matkul As String
Dim nama_matkul As String
Private Sub btn_simpan_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles btn_simpan.Click
Dim nama As String Dim nim As Integer Dim lulus As Boolean nama = "Joko"
nim = 1209411 lulus = False kode_matkul = "K001" nama_matkul = "Matematika"
End Sub
Perhatikan contoh diatas :
Untuk mengisi variabel kita dapat menggunakan tanda sama dengan (=) kemudian selanjutnya adalah diikuti dengan nama variabel, untuk  variabel dengan tipe data String kita dapat menggunakan tanda kutip dua (""), untuk Integer dan tipe data angka lainnya seperti double, atau float kita bisa langsung mengisinya dengan angka tanpa tanda kutip sedangkan untuk tipe data Boolean hanya berisi dua jenis yaitu true dan false.

CARA MEMBUAT KOMENTAR PADA VB.NET     

Komentar adalah fitur yang sangat kita butuhkan dan sering digunakan dalam semua bahasa pemrograman apapun, komentar dapat digunakan untuk menandai sebuah kode, bisa berisi kegunaan dari kode program ataupun catatan-catatan lain yang dapat kita tambahkan jika diperlukan.

komentar yang kita buat tidak akan dieksekusi oleh compiler berapa penjang apapun komentar tidak akan berpengaruh pada progaram yang kita buat. untuk membuat komentar pada VB.Net bisa diawali tanda kutip satu ( ' ) pada awal huruf/kalimat dan akhir huruf/kalimat, contoh :

  'ini adalah sebuah komentar'
  'ini juga komentar'
  
sekian penjelasan mengenai Cara Deklarasi Variabel VB.Net dan Penggunaannya  jika ada pertanyaan silahkan isi pada kolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar