Skip to main content

Apa itu penulisan SEO?


Apa Itu SEO? Pengertian SEO dan Cara Kerjanya
SEO adalah Search Engine Optimization. SEO adalah cara penulisan khusus untuk mendapatkan perhatian dari mesin pencari dengan menggunakan kata atau frase tertentu. 

Biasanya kita bisa menyebutnya itu menulis dengan menargetkan kata kunci atau frasa kunci untuk menarik perhatian ke situs web dari mesin telusur. 

Tetapi mengapa ini penting untuk situs web? Sebuah situs web perlu menyediakan konten, layanan, atau produknya kepada orang-orang untuk apa yang mereka cari secara terus menerus di mesin pencari. 

Karena, pemilik situs web membutuhkan orang (lalu lintas) untuk datang ke situs mereka dan terlibat dengan konten, layanan, atau produk, layanan yang mereka sediakan.  

Jadi, mereka membutuhkan mesin pencari untuk mengarahkan orang ke situs web mereka dengan menyediakan konten yang berharga. Jika Anda ingin memulai menulis SEO dengan memulai situs web atau blog, ada hal dan area tertentu yang perlu Anda ketahui. 

Bagaimana Cara Kerja SEO?

SEO melakukan optimasi web sampai dengan orang dapat menemukan dan menggunakan keyword tertentu. Berikut adalah kegunaan dari metode optimasi tersebut :
  1. Dapat memberikan informasi yang benar dan  relevan.
  2. Dapat menjadikan search engine sebagai sumber yang andal.
  3. Dapat mendatangkan trafik organik lebih banyak.
Berikut ini dijelaskan cara kerja dari mesin pencari (search engine). Ada 3 tugas prioritas yang dilakukan search engine untuk setiap kali pencarian atau permintaan  yang dikirimkan:
  1. Crawling. Crawling bertugas untuk mengumpulkan informasi dari seluruh web kedalam halaman lain satu persatu dari  dari satu link ke link  yang lainnya, Proses ini terjadi di tahap awal. 
  2. Indexing. Setelah Crawling bekerja untuk mengumpulkan informasi, web crawler akan menyimpan di entry list atau disebut dengan index.
  3. Ranking. Merupakan hasil peringkat akan disajikan secara berurutan, berdasarkan pada pencarian yang paling sesuai.
Mesin telusur menggunakan aturan-aturan atau rule yang biasa disebut dengan nama algoritma, agar hasil pencarian menjamin kualitas pencarian,  Algoritma mesin telusur memastikan pengguna internet mendapatkan informasi relevan dari sumber tepercaya.

Google mempunyai tim khusus yang sangat fokus pada algoritma. Tim tersebut  bertanggung jawab terhadap kualitas dari pengalaman dan kepuasan customer (pelanggan) ketika menggunakan Google.

Terkadang Google memiliki nama khusus untul algorima yang mereka gunakan. misalnya, Panda merupakan algoritma yang berhubungan dengan kegiatan filter data, pemberian pinalti, dan content reward, kemudian ada juga nam algorima Penguin yang artinyaalgoritma untuk mencegah spam. dan terakhir diberi nama Hummingbird merupakan algoritma yang akan meningkatkan kualitas kedua algoritma diatas.

Bagaimana Menulis Artikel SEO ?

1. Pilih kata Kunci / Keyword

kata kunci merupakan kata atau frase yang Anda inginkan untuk menampilkan konten Anda pada halaman pertama hasil mesin pencari, sebelum menulis artikel sangat penting untuk melakukan penelitian kata kunci untuk memilih kata kunci SEO. 

Pemilihan kata kunci ini harus sederhana dan sesuatu yang dicari orang, sebenarnya memiliki peluang untuk mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari.  jadi luangkan waktu Anda untuk meneliti kata kunci yang Anda butuhkan untuk memulai penulisan SEO menggunakan alat di bawah ini. 
  • SEMrush: Alat SEO terkemuka yang membantu melakukan penelitian kata kunci, melacak kompetisi Anda, menjalankan audit SEO situs web atau blog Anda, dan banyak lagi. Anda dapat membuat akun gratis di SEMrush, dan mereka akan menyediakan beberapa layanan dan pencarian terbatas sehari dengan paket gratisnya.
  • Ubersuggestt: Ini adalah alat SEO kata kunci gratis yang memberikan wawasan lengkap tentang lalu lintas situs web dan kata kunci SEO. Anda cukup memasukkan kata kunci dan ini memberi Anda semua volume pencarian, kesulitan SEO (SD) dan pencarian yang disarankan (dari Google dan Bing) untuk kata kunci itu. Dengan menggunakan alat gratis ini Anda dapat memilih kata kunci dengan volume antara 500-2000 dan Search Difficulty (SD) antara 8-15 untuk peringkat yang lebih baik. Selain itu, lihat tren volume pencarian untuk nilai yang lebih baik. 
  • Google Trends : yaitu Alat Google Ads gratis bagi pengiklan untuk membuat kampanye Jaringan Penelusuran baru. Anda juga dapat menggunakan Perencana Kata Kunci ini untuk menelusuri kata kunci, persaingan, dan ide Kata Kunci berdasarkan frasa untuk melihat bagaimana kemungkinan kinerja kata kunci untuk penelusuran bulanan. 

2. Tulis Judul yang Sempurna

Judul digunakan untuk memberi tahu mesin telusur dan pengunjung tentang apa halaman Anda dan bagaimana nilainya. Anda dapat menulis judul yang menarik untuk meningkatkan rasio klik-tayang (CTR) Anda dari mesin pencari. 

Namun, Anda harus berusaha untuk memperpanjang judul Anda menjadi 50-60 karakter. Tapi itu harus menyertakan kata kunci atau frase di awal, yang Anda fokuskan pada menulis.

3. Sertakan Kata Kunci di URL

Anda harus mengoptimalkan struktur permalink untuk penulisan SEO, yang berarti URL posting Anda harus fokus pada konten Anda dan membuatnya tetap pendek dan SEO-Friendly. 

Juga, keamanan online adalah suatu keharusan hari ini. Pastikan situs atau blog Anda menggunakan koneksi HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure). Jika tidak, Anda harus membeli sertifikat SSL untuk situs web atau blog Anda.  Anda dapat menghubungi penyedia hosting Anda saat ini untuk membeli sertifikat SSL (Secure Sockets Layer). 

4. Menulis Termasuk Kata Kunci

Pastikan untuk memasukkan kata kunci fokus Anda dengan paragraf pertama anda, diawal postingan. Lebih baik memulai tulisan Anda dengan memberikan pengantar tentang apa yang Anda tulis seluruhnya. Selain itu, pastikan untuk memasukkan kata kunci Anda di tempat di bawah ini. Judul URL Paragraf pertama Subpos (jika memungkinkan) Alt-tag untuk gambar

 5. Link ke Posting Lain

Tautan internal sangat penting untuk memberi tahu tentang situs web Anda ke mesin pencari dalam penulisan SEO. Itu membuat struktur tentang situs web Anda, dan pengunjung dapat dengan mudah menavigasi di situs web Anda, 

Pengunjung akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs web Anda. Jadi, Anda dapat menautkan setiap posting dengan teks tautan ke tautan di antara posting terkait Anda. 

6. Dapatkan Tautan Dari Situs Web Lain 

Kita menyebutnya "Tautan Balik". Tautan balik adalah tautan dari situs web lain yang telah ditautkan ke situs web Anda. Tautan balik ke situs web Anda adalah sinyal ke mesin pencari bahwa orang lain percaya pada konten Anda. Itulah mengapa backlink memberikan pengaruh yang signifikan pada pertumbuhan situs web dalam hasil mesin pencari.

Selalu kualitas tautan jauh lebih penting daripada kuantitas berapa banyak Anda ditautkan. Itu harus alami dan relevan dengan konten Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini, tulis yang baik dan buat permintaan untuk tautan. Apa Selanjutnya tentang Penulisan SEO? Ada lebih banyak hal tentang SEO, tetapi di atas adalah dasar-dasar penulisan SEO.

Saya harap itu pasti akan membantu pemula untuk memahami apa yang dikatakan oleh tulisan SEO. Selalu tulis konten untuk manusia, yang artinya jangan gunakan cara artifisial untuk mendapatkan hal-hal seperti backlink. 

Seperti pengalaman saya, begitu Anda membuat konten, Anda membutuhkan backlink berkualitas tinggi untuk mendapatkan peringkat di posisi yang lebih tinggi di mesin pencari. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar