Skip to main content

Pengertian dan cara pembuatan method

 
pengertian dan cara pembuatan method

Pengertian Method

method adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik. Berikut adalah karakteristik dari method:

  1. Dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali,
  2. Dapat diterima beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada parameter sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari fungsi, parameter sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari fungsi,
  3. Setelah method telah selesai dieksekusi, dia akan kembali pada method yang memanggilnya.

Memanggil Instance dan memberikan Variabel dari Method

untuk mengilustrasikan bagaimana memanggil method, mari kita menggunakan class string sebagai contoh. Anda dapat menggunakan sebuah dokumentasi dari Java API untuk melihat semua method yang tersedia dalam class string. Selanjutnya, kita akan membuat method kita sendiri. Tapi untuk saat ini, mari terlebih dahulu kita gunakan method yang sudah disediakan oleh Java. Untuk memanggil sebuah instance method, kita dapat menuliskan:  

nameOfObject.nameOfMethod(parameters);

Pemberian Variabel dalam Method

Pada contoh kita sebelumnya, kita sudah pernah mecoba melewati variable pada method. Walaupun kita belum dapat membedakan antara perbedaan tipe variabel yang diberikan (passing) ke method dalam Java. Ada dua tipe data variabel passing pada method, yang pertama adalah pass-by-value dan yang kedua adalah pass-byreference.
  1. Pass-by-Value, Ketika pass-by-value terjadi, method membuat sebuah salinan dari nilai variable yang dikirimkan ke method. Walaupun demikian, method tidak dapat secara langsung memodifikasi nilai variabel pengirimnya meskipun parameter salinannya sudah dimodifikasi nilainya di dalam method.
  2. Pass-by-reference, Ketika sebuah pass-by-reference terjadi,alamat memori dari nilai pada sebuah variabel dilewatkan pada saat pemanggilan method. Hal ini berarti bahwa method menyalin alamat memori dari variabel yang dilewatkan pada method. Ini tidak seperti pada pass-byvalue, method dapat memodifikasi variabel asli dengan menggunakan alamat memori tersebut. Meskipun berbeda nama, variabel yang digunakan dalam method dengan variabel aslinya, kedua variabel ini menunjukkan lokasi dari data yang sama 

Memanggil Method Static

Method Static adalah method yang dapat dipakai tanpa harus menginisialisasi suatu class (maksudnya tanpa menggunakan variabel terlebih dahulu). Method static hanya dimiliki oleh class dan tidak dapat digunakan oleh instance (atau object) dari suatu class. Method static dibedakan dari method yang dapat instance di dalam suatu class oleh kata kunci static. Untuk memanggil method static, ketikkan kode berikut:  
Classname.staticMethodName(params);

Pembuatan Method

Sebelum kita membahas method apa yang akan dipakai pada class, mari kita perhatikan penulisan method secara umum. Dalam pendeklarasian method, kita tuliskan:


<modifier><returnType><name>(<parameter>*){
<statement>*
}
Dimana,
  1. <modifier>dapat menggunakan beberapa modifier yang berbeda
  2. <returnType>dapat berupa seluruh tipe data, termasuk void 
  3. <name>identifier atas class 
  4. <parameter> ::= <tipe_parameter><nama_parameter>[,]

Accessor Method

Untuk mengimplementasikan enkapsulasi, kita tidak menginginkan sembarang object dapat mengakses data kapan saja. Untuk itu, kita deklarasikan atribut dari class sebagai private. Namun, adakalanya
dimana kita menginginkan
object lain untuk dapat mengakses data private. Dalam hal ini kita gunakan accessor method. 

Accessor Method digunakan untuk membaca nilai variabel pada class, baik berupa instance maupun static. Sebuah accessor method sumumnya dimulai dengan penulisan get <namaInstanceVariable>.
Method ini juga mempunyai sebuah return value. Sebagai contoh, kita ingin menggunakan accessor method untuk dapat membaca nama, alamat, nilai bahasa Inggris, Matematika, dan ilmu pasti
dari siswa. Mari kita perhatikan salah satu contoh implementasi
accessor method
  


Public class StudentRecord
{ 
Private String name;
Public String getName(){
Return name;
} 
} 

Mutator Method

Bagaimana jika kita menghendaki object lain untuk mengubah data? Yang dapat kita lakukan adalah membuat method yang dapat memberi atau mengubah nilai variabel dalam class, baik itu berupa instance maupun static. Method semacam ini disebut dengan mutator method. Sebuah mutator method umumnya tertulis set<namaInstanceVariabel>

Multiple Return Statements

Anda dapat mempunyai banyak return values pada sebuah method selama mereka tidak pada blok program yang sama. Anda juga dapat menggunakan konstanta disamping variabel sebagai return value.  

Static Methods  

Kita menggunakan static method untuk mengakses static variable studentCount  
Public class StudentRecord
{
Private static int studentCount;
Public static int getStudentCount(){
Return studentCount;
} 
}
dimana,
  1. public - Menjelaskan bahwa method ini dapat diakses dari object class.
  2. static  - Method ini adalah static dan pemanggilannya
  3. menggunakan
  4. menggunakan [namaclass].[namaMethod]


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar