41 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbaru

41 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbaru

Teks Argumentsi pada dasarnya merupakan teks yang bertujuan untuk...

  1. A) Meyakinkan pembaca, sehingga mempercayai dan mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis
  2. Memberitahukan kepadaa pembaca mengenai subjektifitas
  3. Membuktikan kebenaran berdasarkan tesis atau pernyataan
  4. Menetujui pendaqpat yang disampaikan oleh penulis
  5. E) Memberikan dukungan  atau  setuju dengan pendapat, pernyataan,gagasan,ide,dan pemikiran

Jawaban: A

Perhatikan teks berita di bawah ini!Pihak pengelola objek wisata Grojogan Sewu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah telah melaksanakan simulasi bersifat terbatas mengenai operasionalnya tanpa ada keterlibatan pengunjung, pada Minggu (6/7/2023).Simulasi ini memiliki tujuan untuk mendapatkan izin resmi untuk operasional dari BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Jawa Tengah. (Sumber: manapos.com, 6-7-2023).Berdasarkan teks berita di atas, mengapa pihak pengelola melakukan simulasi terbatas?

  1.   Supaya mampu meningkatkan jumlah pengunjung
  2.   Supaya ekonomi masyarakat tumbuh lagi
  3. SUPAYA DAPAT IZIN OPERASIONAL DARI BKSDA
  4. Supaya objek wisata dikenal oleh masyarakat
  5. Supayab UMKM masyarakat ada manfaatnya

Jawaban: C

Perhatikan teks berita di bawah ini!Dalam dua hari terakhir di tepi sungai Bengawan Solo dan anak sungainya, Solo, Jawa Tengah, warga bisa menyaksikan fenomena alam bernama bladu atau peristiwa naiknya ikan-ikan sungai ke permukaan karena mabuk atau teler. (manapos.com, 6-7-2023).Struktur penyusun teks berita tersebut secara berurutan adalah… 

  1. When, who, what, where, how
  2.   WHEN, WHO, WERE, WHAT, WHY
  3.   when, where, who, why, what
  4. When, where, who, what, how
  5. Where, why, what,how, when

Jawaban: B

Perhatikan teks berita di bawah ini!Bulus dengan ukuran besar telah ditemukan oleh warga Dusun Samber. Tepatnya ditemukan di sebuah terowongan kuno. Diperkirakan usia bulus adalah 100 tahun. Hal tersebut berdasarkan ukuran Bulus yang memang besar dan beratnya mencapai 20 kg. (Sumber: manapos.com, 7-8-2023)Berikut ini pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks berita tersebut adalah…

  1. SIAPA PENEMU BULUS BESAR?
  2. Siapa yang telah memperkirakan berat dari Bulus besar?
  3.   Mengapa Bulus bisa mencapai usia 100 tahun?
  4. Kapan warga menemukan bulus?
  5. Mengapa Buluis ditemukan

Jawaban: A

Perhatikan teks berita di bawah ini!Waduk Larangmati di kota A mengering. Hal tersebut terjadi karena sedimentasi dan adanya jebol di tanggul Desa Larangidup yang masih dalam masa perbaikan. Menurut Zanudin warga asli Larangmati yang ditemui manapos.com di tempat, Rabu (9/92020), keringnya air waduk bukanlah hal asing. Menurutnya keringnya waduk terjadi karena air dari waduk tetap keluar sehingga pada saat musim kemarau kekeringan terjadi. Selain itu, tentunya sedimentasi waduk yang meninggi juga menjadi penyebabnya, tambahnya. (manapos.com, 6-10-2023).Apa alasan waduk Larangmati mengering?

  1. Musim kemarau yang terlalu panjang
  2. Sedimentasi yang semakin hari semakin menurun
  3. Perbaikan tanggul
  4.   SEDIMENTASI DAN TANGGUL YANG JEBOL
  5. Turun Hujan yang berlebihan

Jawaban: D

8. 5 Ton ikan lele di waduk Larangmati mati secara mendadak. Perbaikan ejaan yang benar untuk kalimat tersebut adalah…

  1. 5 Ton ikan lele di Waduk Larangmati mati secara mendadak.
  2.   5 Ton ikan Lele di Waduk Larangmati mati secara mendadak
  3. 5 TON IKAN LELE DI WADUK LARANGMATI MATI SECARA MENDADAK.
  4. 5 ton Ikan Lele di waduk Larangmati mati secara mendadak
  5. 5 Ton Ikan Lele di Waduk Larangmati Mati Secara Mendadak

Jawaban: C

 Informasi tambahan yang kurang penting dalam sebuah teks berita diletakan di bagian…

  1.   EKOR BERITA
  2.   Kepala berita
  3. Teras berita
  4. Badan berita
  5. Sayap berita

Jawaban: A

Apakah cinta pantas dikenang? Apakah cinta dibangun demi memberikan rasakehilangan? Pertanyaan itu mengganggu pikiranku. Mengganggu perasaanku.Sepulang dari pemakaman seorang tetangga yang mati muda, aku lebih banyakberpikir ketimbang bicara. Iring-iringan pelayat lambat-laun menyurut. Satu per satumenghilang ke dalam gang rumah masing- masing. Seakan-akan turut mencerai-beraikan jiwaku. Kesedihan mendalam pada keluarga yang ditinggalkan, tentu akibatmereka saling mencintai. Andai tak ada cinta di antara mereka, bisa jadi pemakaman iniseperti pekerjaan sepele yang lain, seperti mengganti tabung dispenser, menyapu daunkering di halaman, atau menyobek kertas tagihan telepon yang kedaluwarsa.Seandainya aku tidak mencintaimu, tidak akan terbit rindu sewaktu berpisah. Takingin menulis surat atau meneleponmu. Tidak memberimu bunga saat ulang tahun. Tidakmemandang matamu, menyentuh tanganmu, dan sesekali mencium. (Cerpen “HariTerakhir Mencintaimu”, karya Kurnia Effendi)Tema pada penggalan tersebut adalah….

  1.   Persahabatan
  2. Persaudaraan
  3. Percintaan
  4. Pertemanan
  5. Perdamaian

Jawaban: C

_Cermatilah penggalan cerita pendek dengan saksama!___Aku masih saja khawatir. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggupikiranku. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka? Tidak. Kita tidak bolehterpengaruh oleh ramalan-ramalan. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidakakan menimpa Lasuddin.Aku masih ingat, mereka menyebarkan ke seluruh kampung ramalan-ramalan itu.Benarkah akan terjadi seperti yang mereka katakan, bahwa semua keturunan kitaakan musnah di ujung pisau sunat? Yakinkah kau akan itu? Kita berserah sajakepada-Nya. Doakanlah Lasuddin. Nilai kehidupan yang ada pada penggalan tersebut adalah nilai….

  1. Moral dan agama
  2. Sosial dan budaya
  3. Agama dan budaya
  4. Budaya dan agama
  5. Pendidikan dan sosial

Jawaban: C

_Cermatilah penggalan cerita pendek dengan saksama!_Aku masih saja khawatir. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggupikiranku. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka? Tidak. Kita tidak bolehterpengaruh oleh ramalan-ramalan. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidakakan menimpa Lasuddin.Aku masih ingat, mereka menyebarkan ke seluruh kampung ramalan-ramalan itu.Benarkah akan terjadi seperti yang mereka katakan, bahwa semua keturunan kitaakan musnah di ujung pisau sunat? Yakinkah kau akan itu? Kita berserah sajakepada-Nya. Doakanlah Lasuddin.7. Amanat yang dapat diambil dari kutipan di atas adalah….A. Kita harus waspada terhadap ramalan dukun.B. Agama melarang kita pergi ke dukum.C. Allah memiliki ketentuan yang pasti.D. Semua kehidupan sudah ada yang mengaturnya.E. Kita seharusnya tidak percaya dengan ramalan dukun.

  1. Kita harus waspada terhadap ramalan dukun.
  2. Agama melarang kita pergi ke dukum.
  3. Allah memiliki ketentuan yang pasti.
  4. Semua kehidupan sudah ada yang mengaturnya.
  5. Kita seharusnya tidak percaya dengan ramalan dukun.

Jawaban: E

Apakah cinta pantas dikenang? Apakah cinta dibangun demi memberikan rasakehilangan? Pertanyaan itu mengganggu pikiranku. Mengganggu perasaanku.Sepulang dari pemakaman seorang tetangga yang mati muda, aku lebih banyakberpikir ketimbang bicara. Iring-iringan pelayat lambat-laun menyurut. Satu per satumenghilang ke dalam gang rumah masing- masing. Seakan-akan turut mencerai-beraikan jiwaku. Kesedihan mendalam pada keluarga yang ditinggalkan, tentu akibatmereka saling mencintai. Andai tak ada cinta di antara mereka, bisa jadi pemakaman iniseperti pekerjaan sepele yang lain, seperti mengganti tabung dispenser, menyapu daunkering di halaman, atau menyobek kertas tagihan telepon yang kedaluwarsa.Seandainya aku tidak mencintaimu, tidak akan terbit rindu sewaktu berpisah. Takingin menulis surat atau meneleponmu. Tidak memberimu bunga saat ulang tahun. Tidakmemandang matamu, menyentuh tanganmu, dan sesekali mencium. (Cerpen “HariTerakhir Mencintaimu”, karya Kurnia Effendi)Nilai kehidupan akan membawa pada kebermaknaan, yang dalam cerita pendekdimunculkan pada bagian….

  1. Tema dan tokoh
  2. Amanat dan latar
  3. Latar dan tokoh
  4. Tema dan amanat
  5. Amanat dan sudut pandang

Jawaban: D

_Cermatilah penggalan cerita pendek dengan saksama!_Aku masih saja khawatir. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggupikiranku. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka? Tidak. Kita tidak bolehterpengaruh oleh ramalan-ramalan. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidakakan menimpa Lasuddin.Aku masih ingat, mereka menyebarkan ke seluruh kampung ramalan-ramalan itu.Benarkah akan terjadi seperti yang mereka katakan, bahwa semua keturunan kitaakan musnah di ujung pisau sunat? Yakinkah kau akan itu? Kita berserah sajakepada-Nya. Doakanlah Lasuddin. Nilai kehidupan yang akan disampaikan terlihat pada kalimat….

  1. Aku masih saja khawatir.
  2. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggu pikiranku.
  3. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka?
  4. Kita tidak boleh terpengaruh oleh ramalan-ramalan.
  5. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidak akan menimpa Lasuddin.

Jawaban: D

Apakah cinta pantas dikenang? Apakah cinta dibangun demi memberikan rasakehilangan? Pertanyaan itu mengganggu pikiranku. Mengganggu perasaanku.Sepulang dari pemakaman seorang tetangga yang mati muda, aku lebih banyakberpikir ketimbang bicara. Iring-iringan pelayat lambat-laun menyurut. Satu per satumenghilang ke dalam gang rumah masing- masing. Seakan-akan turut mencerai-beraikan jiwaku. Kesedihan mendalam pada keluarga yang ditinggalkan, tentu akibatmereka saling mencintai. Andai tak ada cinta di antara mereka, bisa jadi pemakaman iniseperti pekerjaan sepele yang lain, seperti mengganti tabung dispenser, menyapu daunkering di halaman, atau menyobek kertas tagihan telepon yang kedaluwarsa.Seandainya aku tidak mencintaimu, tidak akan terbit rindu sewaktu berpisah. Takingin menulis surat atau meneleponmu. Tidak memberimu bunga saat ulang tahun. Tidakmemandang matamu, menyentuh tanganmu, dan sesekali mencium. (Cerpen “HariTerakhir Mencintaimu”, karya Kurnia Effendi)Bagaimana pengarang menggambarkan rasa cinta pada penggalan tersebut….

  1. .Merasa kehilangan dengan kepergian orang yang dicintai.
  2. Memikirkan kenangan indah yang pernah ada.
  3. Mengenang rasa cinta yang pernah ada.
  4. Menunjukkan kesedihan yang berlarut-larut.
  5. Mengantar ke pemakaman

Jawaban: A

Apakah cinta pantas dikenang? Apakah cinta dibangun demi memberikan rasakehilangan? Pertanyaan itu mengganggu pikiranku. Mengganggu perasaanku.Sepulang dari pemakaman seorang tetangga yang mati muda, aku lebih banyakberpikir ketimbang bicara. Iring-iringan pelayat lambat-laun menyurut. Satu per satumenghilang ke dalam gang rumah masing- masing. Seakan-akan turut mencerai-beraikan jiwaku. Kesedihan mendalam pada keluarga yang ditinggalkan, tentu akibatmereka saling mencintai. Andai tak ada cinta di antara mereka, bisa jadi pemakaman iniseperti pekerjaan sepele yang lain, seperti mengganti tabung dispenser, menyapu daunkering di halaman, atau menyobek kertas tagihan telepon yang kedaluwarsa.Seandainya aku tidak mencintaimu, tidak akan terbit rindu sewaktu berpisah. Takingin menulis surat atau meneleponmu. Tidak memberimu bunga saat ulang tahun. Tidakmemandang matamu, menyentuh tanganmu, dan sesekali mencium. (Cerpen “HariTerakhir Mencintaimu”, karya Kurnia Effendi)Nilai kehidupan yang mendominasi pada penggalan tersebut adalah nilai….

  1. Moral
  2. Sosial
  3. Agama
  4. Pendidikan
  5. Budaya

Jawaban: B

Dalam karya ilmiah, latar belakang masalah adalah.....

  1. Menjelaskan alasan timbulnya masalah dan pentingnyan untuk dibahas
  2. Beberapa  butir menting yang perlu di masalahkan
  3. Penjelasan singkat tentang ruang lingkup masalah
  4. Dugaan atau jawaban sementara masalah
  5. Teianhnik tehnik dalam suatu metode penelit

Jawaban: A

Ada dua  tantangan yang akan dihadapi  dalam pelayanan kesehatan di Indonesia, yaitu jumlah penduduk yang besar dan mutu pelayanan.Berdasarkan masalah tersebut, judul karya ilmiah yang benar....

  1. Pembangunan Bidang Kesehatan Masyarakat
  2. Peningkatan Mutu dan Pelayanan Kesehatan
  3. Tantnangan Bagi Dunia Kesehatan Indonesia
  4. Pembangunan  Pelayayan Kesehatan Masyarakat
  5. Perlunya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Jawaban: B

_KALIMAT YANG BERUPA OPINI ADALAH ....___

  1. Air sumber kehidupan. Hemat air selamatkan dunia dari kekeringan.
  2. B) Tahun 1293 Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan Hindu
  3. C) Selanjutnya, masukkan dua buah telur ke dalam adonan tepung terigu kocok rata
  4. D) Seharusnya pihak sekolah membuat peraturan yang lebih tegas agar siswa-siswamerasa kapok membolos.
  5. E) Sabtu, 22 Agustus 2015, Presiden Joko Widodo mencabut aturan kewajibanmenggunakan bahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing di Indonesia.

Jawaban: D

_PERHATIKAN OPINI BERIKUT!__Membiarkan anak bereksplorasi dengan dunianya akan membuat anak semakin____cerdas dan terbuka terhadap orang tua. Mereka akan merasa bebas tanpa ada perasaan__ __terkekang atau tertekan. Orang tua pun akan mudah menemukan bakat yang dimiliki anak sehingga akan mudah pula menyalurkan bakat tersebut. Anak pun akan bangga__ __karena bakat mereka difasilitasi dan mereka dapat berprestasi lewat bakat yang__ __ditemukan sejak dini. Oleh karena itu, bebaskanlah anak dalam berkreasi agar pikiran__ __mereka senantiasa berkembang._Pihak yang dituju pada opini di atas adalah ....

  1. pemerintah
  2. anak-anak
  3. orang tua
  4. pengasuh
  5. pengajar

Jawaban: C

Cermati kutipan teks berikutPerempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hamil, zat besi itu dibagi dua, yaitu bagi si ibu dan janinnya. Apabila si ibu anemia, bisa terjadi abortus, lahir prematur dan juga kematian ibu melahirkan. Padahal, kita ingat di Indonesia, angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih cukup tinggi. Bahkan, bagi janin, zat besi juga dibutuhkan karena berkaitan dengan kecerdasan.Pernyataan pendapat yang layak dijadikan bahan penulisan artikel dari kutipan tersebut adalah ....

  1. Fungsi kecerdasan bagi anak
  2. Pemelihaaraan bayi prematur
  3. Kebutuhan manusia akan darah
  4. Anemia berbahaya bagi perempuan
  5. Cara memelihara bayi dalam kandungan 

Jawaban: D

_BACALAH KUTIPAN TEKS  BERIKUT_Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron. Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor , orang Bogor membantahnya. Mereka mengatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat vila dan hotel di puncak.. Opini pada teks  tersebut terdapat pada kalimat ....

  1. Sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut
  2. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah kabar.
  3. C) Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor
  4. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan sepuluh orang meninggal.
  5. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta.

Jawaban: C

Cermati kutipan teks berikut !Olahraga sangat membantu pertahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Rajin berolahraga, antara lain, membuat kita dapat tidur nyenyak. Olahraga juga membuat kita menjadi orang yang selalu ceria sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker.Pendapat atau opini yang dapat mewakili pernyataan itu adalah ....

  1. Rajin berolahraga sudah pasti terbebas dari kanker.
  2. Sebelum tidur, seseorang harus banyak berolahraga.
  3. Orang yang terkena kanker pasti tidak pernah berolahraga.
  4.   Berolahraga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit.
  5. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur.

Jawaban: D

 Cermati kutipan teks berikut!Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu lebih mulia daripada meminta maaf.Pendapat  atau opini yang tepat sesuai kutipan teks tersebut adalah ....

  1. Saling memaafkan suatu kebiasaan setiap manusia.
  2. Setiap orang memiliki peluang untuk berbuat salah.
  3. Kata “maaf” seringkali mudah diucapkan seseorang.
  4. Hidup damai jika setiap orang bersedia memberi maaf.
  5. Meminta maaf akan lebih baik dibanding memberi maaf.

Jawaban: D

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!(1) Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3)Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ÂșC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.Dua kalimat _PENDAPAT ATAU OPINI_  pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....

  1. (1) da  (2)
  2. (1) dan (3)
  3. ( 1 ) dan ( 4)
  4. (2) dan (3)
  5. (2) dan (4)

Jawaban: A

_PERHATIKAN OPINI BERIKUT!_Membiarkan anak bereksplorasi dengan dunianya akan membuat anak semakincerdas dan terbuka terhadap orang tua. Mereka akan merasa bebas tanpa ada perasaan terkekang atau tertekan. Orang tua pun akan mudah menemukan bakat yang dimiliki anak sehingga akan mudah pula menyalurkan bakat tersebut. Anak pun akan bangga karena bakat mereka difasilitasi dan mereka dapat berprestasi lewat bakat yang ditemukan sejak dini. Oleh karena itu, bebaskanlah anak dalam berkreasi agar pikiran mereka senantiasa berkembang.Pihak yang dibela pada opini di atas adalah ....

  1. pemerintah
  2. anak-anak
  3. orang tua
  4. guru
  5. pengasuh

Jawaban: B

_BERIKUT INI ADALAH KALIMAT YANG MERUPAKAN TEKS OPINI, KECUALI ...._

  1. A) Tersangka yang berjumlah tiga orang dibekuk oleh polisi di sebuah warnet diBandung, sekitar Rabu sore.
  2. B) Pemberian remisi bagi para napi tentulah membuat mereka senang karena dapatmenghirup udara kebebasan lebih lama.
  3. C) Jumat malam para korban dilarikan ke Rumah Sakit Harapan Bunda karenalokasinya lebih dekat agar korban lebih cepat diselamatkan.
  4. D) Sejak kecil, Habibie yang tergolong anak cerdas sudah mencintai ilmupengetahuan dan teknologi, khusunya fisika.
  5. E) Seharusnya pemerintah lebih peka terhadap rakyat dengan memikirkan sampaimatang segala kebijakan yang akan diambilnya. 

Jawaban: A

Perhatikan paragraf berikut!Kenaikan BBM ini sangat meresahkan dan menyulitkan masyarakat, terutama masyarakat kecil. Bagi masyarakat yang mampu mungkin itu tidak akan menjadi masalah, tetapi bagi masyarakat kecil, hal ini akan berakibat fatal.Biaya hidup mereka akan lebih besar, padahal kemampuan mereka sangat minim. Kondisi sebelum BBM naik saja sudah kembang kempis, apalagi setelah BBM naik, mungkin mereka hanya bisa makan pagi. Bahkan, mungkin banyak yang kelaparan secara terselubung.Paragraf di atas merupakan  jenis teks argumentasi …

  1. Teks argumentasi persamaan 
  2. Teks argumentasi kesaksian
  3. Teks argumentasi perbandingan
  4. Teks argumentasi sebab akibat
  5. Teks argumentasi autoritas

Jawaban: B

Membuktikan kebenaran secara logis termasuk … dari teks argumentasi.  Kata yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas ialah? 

  1. Ciri 
  2. Struktur
  3. Tujuan 
  4. Pembuatan 
  5. simpulan

Jawaban: C

Meskipun berisi tentang pendapat penulis, tetapi pembuatan teks argumentasi tetap harus berdasarkan pada … 

  1. Pendapat mayoritas orang
  2. Data dari berbagai sumber
  3. Keyakinan semata 
  4. Pendapat dari orang yang dipercaya 
  5. Hasil wawanca dengan seseorang

Jawaban: B

Perhatikan paragraf berikut!Kebakaran hutan biasanya memiliki dampak positif dan negatif, tetapi memang lebih banyak memiliki dampak negatif. Selain polusi udara, tentunya ekosistem pun menjadi terancam. Penyebab dari kebakaran hutan pun ada dua macam, yaitu faktor alam dan ulah manusia. Dari paragraf di atas bisa masuk ke dalam jenis teks argumentasi … 

  1. Teks argumntasi perbandingan
  2. Teks argumentasi persamaan
  3. Teks argumentasi akibat sebab
  4. Teks argumentasi sebab akibat
  5. Teks argumentasi Autoritas

Jawaban: C

 YANG BUKAN LANGKAH MENYUSUN TEKS ARGUMENTASI

  1. Tentukan topik atau tema yang akan dibahas dalam teks argumentasi
  2. B) * Lakukan riset dan kumpulkan data atau fakta yang dapat mendukung argumen yang akan disampaikan.
  3. C) * Tentukan tujuan dari penulisan teks argumentasi.
  4. Buat kerangka atau outline dari teks argumentasi yang akan ditulis
  5. E) * Menyajikan argumen awal yang akan dikembangkan pada bagian badan argumen.

Jawaban: E

Yang bukan merupakan ciri dari teks argumentasi ialah … 

  1. Hasil rekayasa 
  2. Berisikan pendapat penulis 
  3. Pendapat disertai alasan yang logis dan fakta yang kuat
  4. Memiliki data faktual
  5. bertujuan menarik perhatian pembaca

Jawaban: A

Sebuah berita harus memiliki sifat faktual. Apa yang dimaksud dengan teks berita bersifat faktual?

  1. BERITA BERDASARKAN PADA KENYATAAN
  2. Berita bersifat subjektif
  3.   Berita berisikan ajakan
  4.   Berita berdasarkan asumsi yang ada di masyarakat
  5. Berita bersifat sementara

Jawaban: A

Berikut ini yang merupakan definisi yang tepat untuk sebuah teks berita adalah…

  1. A) Teks berita isinya menjelaskan proses sesuatu serta tersusun sistematis
  2. B) TEKS BERITA ISINYA INFORMASI AKTUAL DAN FAKTUAL UNTUK MASYARAKAT MENGENAI SESUATU
  3. C)  Teks yang memiliki fungsi sebagai alat untuk promosi barang atau jasa
  4. D) Teks berisi gambaran objek dengan penggunaan bahasa yang jelas dan rinci
  5. teks khusus menceritakan bencana alam

Jawaban: B

Bacalah teks berikut(1) Sebagai remaja, kita mengharapkan adanya perubahan yang menyangkut kebijakan dan penenganan terhadap kesehatan (2) Hal ini bertujuan membuat kondisi kesehatan reproduksi remaja di Indonesia lebih nbaik dari sekarang ini (3) Kita sadar sepenuhnya bahwa  sebagai remaja, kita punya berbagai keterbatasan untuk melakukan perubahan sendiri (4) Karena itu perubahan tersebut harus diupayakan secara bersana-sama oleh masyrakat luas, orang tua, guru dan juga pemerintah, serta lembaga legislatif di semua tingkatanKalimat yang menunjukkan bahwa teks ditujukan untuk kalangan remaja adalah....

  1. (1), (2)
  2. (1),(3)
  3. (2), (3)
  4. (2), (4)
  5. (3), (4)

Jawaban: A

Cermati teks prosedur kompleks berikut!Proses Pembuatan Kartu Pelajar di Sekolah(1) Setelah blangko selesai Anda isi serahkan kepada petugas yang berjaga!(2) Datanglah ke kantor TU di sekolah Anda.!(3) Setelah itu Anda akan memasuki ruang pengambilan foto!(4) Mintalah blangko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga!(5) Setelah berfoto kartu pelajar akan selesai kurang lebih 2 minggu.(6) Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur!Urutan langkah proses pembuatan Kartu Pelajar di sekolah adalah . . . .

  1. 1-3-5-6-2-4
  2. 2-4-6-1-3-5
  3. 6-5-3-2-1-4
  4. 4-5-1-3-2-6
  5. 5-6-1-3-2-4

Jawaban: B

_ Bacalah teks prosedur berikut._Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakanuntuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harusdioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer, kita harus mengikutisetiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untukmenghidupkan komputer dengan benar, ikutilah langkah-langkah berikut.1. Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.2. Pastikan sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan ke stabilizer atauCPU komputer3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor4. Komputer akan boating, tunggu proses ini sampai selesai.5. Setelah selesai boating, komputer siap untuk digunakan. Teks prosedur di atas memiliki struktur yang sangat sederhana, yaitu...

  1. Langkah-langkah dan pernyataan umum.
  2. Langkah-langkah dan proses
  3. Pernyataan umum dan maksud teks
  4. Tujuan dan langkah-langkah.
  5. Proses dan tujuan
Jawaban: D

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihanlingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit.Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Perludiketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kitasendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.Dalam struktur teks prosedur, kutipan teks di atas merupakan bagian…A. ulasanB. tujuanC. penegasan ulangD. langkah-langkahE. interpretasi

  1. ulasan
  2. tujuan
  3. penegasan ulang
  4. langkah-langkah
  5. interpretasi

Jawaban: B

1. Cermati langkah-langkah berikut!(1) Berkunjung ke Perpustakaan dan mengisi daftar hadir pengunjung.(2) Melihat daftar buku untuk memilih buku yang diperlukan.(3) Mengambil buku yang dimaksud yang ada di rak perpustakaan.(4) Menyerahkan buku dan kartu anggota perpustakaan kepada petugas untukdidata(5) Petugas meng-scan barcode buku, dan memasukkan ke data peminjam.(6) Petugas menyerahkan buku kepada peminjam.Judul yang tepat untuk teks prosedur berdasarkan langkah-langkah di atas adalah…

  1. Cara Berkunjung ke Perpustakaan
  2. Cara Membaca Buku di Perpustakaan
  3. Cara Mengembalikan Buku di Perpustakaan
  4. Cara Meminjam Buku di Perpustakaan
  5.   Cara Menjadi Pustakawan di Perpustakaan

Jawaban: D

Langkah-langkah penyusunan teks prosedur ….1. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.2. …………………………………………………………………………3. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.4. Mengumpulkan bahan-bahan.5. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkapPernyataan yang tepat untuk melengkapi langkah-langkah penyusunan teksprosedur di atas adalah…

  1. Menentukan alat
  2. Menentukan tema/topik
  3. Menentukan bahan
  4. Menentukan judul
  5. Mengembangkan tema

Jawaban: B

Posting Komentar untuk "41 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbaru"