37 Contoh Soal PAS Informatika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbaru

37 Contoh Soal PAS Informatika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbaru
Arah yang menunjukkan aliranp rogram dari awal hingga akhir disebut...
  1. Garis Alir
  2. Proses
  3. Keputusan
  4. Subprogram 
Jawaban: A
Simbol flowchart Titik awal atau titik akhir suatu pogram disebut dengan..
  1. Terminal
  2. Terminator
  3. Gladiator
  4. Monitor 
  5. Konektor
Jawaban: B
Program yang dapat digunakan untuk belajar c++ adalah...
  1. Ms.Office
  2. Photoshop 
  3. Dev C++
  4. Corel
  5. Ms. Office C++
Jawaban: C
Apakah nilai dari ekspresi berikut?int a = 7, b = 3;int hasil = a / b;
  1. 2
  2. 2.33
  3. 2.0
  4. 3
  5. 2.5
Jawaban: A
Apa nilai dari result setelah eksekusi program ini?int x = 10, y = 3;int result = x / y + x % y;
  1. 3
  2. 4
  3. 3.33
  4. 3.0
  5. 3.5
Jawaban: B
Apa nilai dari total dalam ekspresi berikut?int a = 3, b = 4;int total = a++ * b--;
  1. 11
  2. 12
  3. 9
  4. 10
  5. 7
Jawaban: B
Apa tipe data yang paling sesuai untuk menyimpan nilai pecahan dalam C++?
  1. int
  2. float
  3. double
  4. char
  5. boolean
Jawaban: C
Berdasarkan kode berikut, berapa nilai dari total?int a = 4, b = 5, c = 2;int total = (a + b) * c;
  1. 18
  2. 20
  3. 22
  4. 14
  5. 12
Jawaban: A
Bagaimana cara mengatur teks pada JLabel di Java Swing?
  1. Menggunakan metode setText()
  2. Menggunakan metode getText()
  3. Menggunakan metode setLabel()
  4. Menggunakan metode getLabel()
  5. Menggunakan metode labelText()
Jawaban: A
Komponen yang digunakan untuk menampilkan teks atau tulisan disebut denga...
  1. JLabel
  2. JTextField
  3. JButton
  4. JPassword
  5. JCombobox
Jawaban: A
Apa software yang digunakan untuk membuat aplikasi java desktop?
  1. Dev C++
  2. Netbeans
  3. Ms. Word
  4. Ms.Excel
  5. Ms.Office
Jawaban: B
Apa Kepanjangan dari GUI?
  1. Graphical User Interface
  2. Graphic User Interface
  3. Graphical User Intermediate
  4. Global User Interface
  5. Graphical Uniform Interface
Jawaban: A
Apa yang biasanya dilakukan ketika tombol (JButton) ditekan dalam Java Swing?
  1. Menampilkan gambar
  2. Menyusun ulang komponen
  3. Menanggapi perubahan pada elemen GUI
  4. Menjalankan tindakan tertentu
  5. Memberikan Warna
Jawaban: D
Komponen yang dapat digunakan untuk memberikan pilihan pada java desktop disebut dengan...
  1. JCombobox
  2. JLabel
  3. JTextField
  4. JButton
  5. JTextBox
Jawaban: B
Komponen yang digunakan untuk menginputkan data disebut dengan...
  1. JTextField
  2. JButton
  3. JLabel
  4. JCombobox
  5. JPasswordFIeld
Jawaban: A
Jika a adalah 8 dan b adalah 3, berapa nilai dari hasil dalam ekspresi berikutint hasil = a % b + b;
  1. 4
  2. 3
  3. 5
  4. 6
  5. 2
Jawaban: C
Jika x adalah 7 dan y adalah 2, apa nilai dari hasil dalam ekspresi berikut? int hasil = x / y - x % y;
  1. 2
  2. 3
  3. 3.5
  4. 4
  5. 2.5
Jawaban: A
Apa yang dimaksud dengan vector pada c++?
  1. Suatu himpunan yang dapat menampung data secara statis
  2. Suatu himpunan yang dapat menampung data secara dinamis
  3. Suatu himpunan yang dapat menampung data secara statis
  4. Suatu himpunan yang dapat menampung data secara maksimal
  5. Suatu himpunan yang dapat menampung data secara minimal
Jawaban: B
kumpulan-kumpulan variabel yang menyimpan data dengan tipe yang sama atau data-data disebut dengan ...
  1. Flowchart
  2. Variabel
  3. Tipe Data
  4. Integer
  5. Larik/Array
Jawaban: E
Berikut adalah suatu potongan kode program pada c++ :int x[6] = {19, 10, 8, 17, 9, 15};index ke 3 pada array diatas adalah :
  1. 19
  2. 10
  3. 8
  4. 17
  5. 9
Jawaban: D
Manakah tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai yang tidak memiliki desimal?
  1. float
  2. double
  3. int
  4. char
  5. boolean
Jawaban: C
Manakah tipe data yang sebaiknya digunakan untuk menyimpan bilangan bulat yang sangat besar di C++?
  1. short
  2. int
  3. long
  4. float
  5. boolean
Jawaban: B
Soal int x = 5, y = 3;int result = x * y + 2;Nilai dari result setelah eksekusi program ini adalah:
  1. 10
  2. 17
  3. 15
  4. 16
  5. 13
Jawaban: B
Soal :Jika x adalah 8 dan y adalah 4, apa nilai dari ekspresi berikut? int hasil = x % y;
  1. *0
  2. 2
  3. 1
  4. 3
  5. 4
Jawaban: A
#include <iostream>#include <string>using namespace std;int main() {    string str = "Hello, world!";    string sub = str.substr(7, 5);    cout << "Sub-string: " << sub << endl;    return 0;}Output Kode program diatas jika dijalankan adalah ...
  1. Hello
  2. hello
  3. Ello
  4. World
  5. world
Jawaban: E
#include <iostream>#include <string>using namespace std;int main() {    string str1 = "Hello, ";    string str2 = "world!";    str1.append(str2);    cout << str1 << endl;    return 0;}Output Kode program diatas jika dijalankan adalah ...
  1. Hello,world!
  2. Hello world!
  3. Hello, world
  4. Hello, world!
  5. hello, world!
Jawaban: D
Berikut adalah contoh kode program penggunaan String pada C++ : #include <iostream>#include <string>using namespace std;int main() {    string str = "Hello, world!";    int len = str.length();    cout << "Panjang string: " << len << endl;    return 0;}Output pada kode program diatas jika dijalankan akan menghasilkan : ...
  1. 10
  2. 11
  3. 12
  4. 13
  5. 14
Jawaban: D
#include <iostream>#include <string>using namespace std;int main() {    string str = "Hello, world!";    str.replace(7, 5, "universe");    cout << str << endl;    return 0;}Output Kode Program diatas jika dijalankan adalah ...
  1. Hello, universe!
  2. Hello,
  3. Hello universe!
  4. universe!
  5. universe
Jawaban: A
Tipe data apa yang sebaiknya digunakan untuk menyimpan nilai kebenaran (True/False) dalam C++?
  1. float
  2. int
  3. char
  4. double
  5. boolean
Jawaban: E
Apa tipe data yang tepat untuk menyimpan bilangan bulat positif dalam rentang 0 hingga 100?
  1. float
  2. int
  3. char
  4. double
  5. String
Jawaban: B
Tipe data mana yang cocok untuk menyimpan nilai dalam bentuk karakter tunggal?
  1. int
  2. float
  3. char
  4. string
  5. boolean
Jawaban: C
Tipe data mana yang tepat untuk menyimpan nilai  dari karakter dalam C++?
  1. char
  2. int
  3. float
  4. String
  5. boolean
Jawaban: C
Apa aturan yang benar terkait penamaan variabel dalam C++?
  1. Variabel dapat dimulai dengan angka.
  2. Variabel boleh menggunakan simbol tagar (#).
  3. Variabel harus dimulai dengan huruf atau underscore.
  4. Variabel boleh menggunakan spasi di antara karakter-karakternya.
  5. Variabel boleh menggunakan angka saja
Jawaban: C
Apa yang sebaiknya dihindari ketika menamai variabel dalam C++? a. . b.  c. Memulai nama variabel dengan angka. d. Menggunakan spasi di antara karakter-karakter variabel.
  1. Menggunakan huruf kapital semua (contoh: TOTALSCORE)
  2. Menyisipkan karakter khusus seperti "@" atau "#"
  3. Memulai nama variabel dengan angka
  4. Membuat Variabel sesuai dengan program yang dibuat
  5. Menggunakan spasi di antara karakter-karakter variabel
Jawaban: B
Manakah dari pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan aturan penulisan variabel dalam C++?
  1. totalScore
  2. 2ndScore
  3. _counter
  4. username
  5. counter#
Jawaban: B
Manakah dari opsi berikut yang adalah contoh penulisan variabel yang benar dalam gaya camelCase?
  1. average_score
  2. Average_Score
  3. averageScore
  4. AverageScore
  5. averagescore
Jawaban: C

Posting Komentar untuk "37 Contoh Soal PAS Informatika SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Terbaru"