TIK : Integrasi Konten Aplikasi dan Object Linking & Emedding - OLE

Artikel berikut membahas mengenai Integrasi Konten Aplikasi dan Object Linking & Emedding - OLE,Integrasi aplikasi perkantoran; fitur lanjut aplikasi
TIK : Integrasi Konten Aplikasi dan Object Linking & Emedding - OLE

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran untuk elemen TIK (Teknologi  Informasi dan Komunikasi)  di kelas X adalah, siswa mampu: Melakukan integrasi antar aplikasi perkantoran seperti :
  • Pengolah kata;
  • Spreadsheet;
  • Presentasi.

Kata Kunci

  • Integrasi aplikasi perkantoran;
  • fitur lanjut aplikasi perkantoran ;
  • Microsoft Word, Microsoft Excel ;
  • Microsoft PowerPoint ;
  • Mail Merge ;
  • Object Linking & Embedding ;
  • Video Presentasi.

Apersepsi

Paket aplikasi perkantoran (Inggris: office suite) adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen - komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. 

Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri atas sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri atas sebuah aplikasi presentasi, peralatan basis data, paket grafis, dan peralatan komunikasi. Paket perkantoran yang paling dominan saat ini ialah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket perkantoran standar secara de-facto.

Apa itu Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran ?

Mengintegrasikan artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, walaupun komponennya tadinya terpencar atau tidak ada hubungannya. Misalnya, kita harus membuat sebuah laporan berdasarkan pengamatan yang datanya dibuat dan divisualisasi dengan excel. Sebelum laporan lengkap, kita membuat proposal dalam bentuk slides.  Saat kita membuat laporan, untuk menghindari mengerjakan hal yang sama (mengetik ulang), kita perlu “membawa” potongan hasil kerja dengan MS Excel, MS Word, dan MS PowerPoint ke dalam MS Word karena laporan akhir dibuat dengan MS Word.

Fitur Integrasi Pada Aplikasi

Integrasi konten pada bagian ini dilakukan dengan menggunakan fitur integrasi yang tersedia di aplikasi. Kita dapat menggunakan menu pada salah satu aplikasi yang secara otomatis membuka aplikasi lainnya. Misalnya  Pada Microsoft Word, ketika dipilih menu Insert Chart, Microsoft Excel secara otomatis akan terbuka. Pada MS PowerPoint dan melakukan hal yang sama. 

Contoh Integrasi Powerpoint dengan M.S Excel

Langkah – Langkah :
  1. Buka aplikasi MS PowerPoint.
  2. Klik menu Insert Chart maka akan muncul dialog seperti pada Gambar 1.
  3. Pilih jenis diagram yang diinginkan. Maka, akan muncul tampilan diagram secara otomatis pada MS PowerPoint dan tampilan worksheet Excel yang memuat datanya (Gambar. 1)
  4. Lakukan pengubahan pada data sesuai dengan yang diperlukan. Banyaknya baris maupun kolom dapat disesuaikan pula.
  5. Tutup worksheet.
  6. Ubahlah judul diagram dengan melakukan double click pada Chart Title.
  7. Tulis judul sesuai dengan yang diinginkan.
Gambar 1. Dialog Pemilihan jenis Grafik
Gambar 1. Dialog Pemilihan jenis Grafik

Gambar 2. Integrasi PowerPoint dengan Excel
Gambar 2. Integrasi PowerPoint dengan Excel

Object Linking dan Embedding (OLE)

Object Linking & Embedding (OLE) adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam sistem Windows yang memungkinkan berbagai aplikasi untuk berbagi data dan objek antara satu sama lain, dengan memasukan data dari sumber luar aplikasi.

Contoh Object Linking dan Embedding (OLE) Excel dengan Powerpoint

Sebelum mengintegreasikan data menggunakan OLE kita akan membuat beberapa sampel data menggunakan MS Excel, buatlah data seperti berikut kemudian simpan dengan nama absen_siswa.
TIK : Integrasi Konten Aplikasi dan Object Linking & Emedding - OLE
Gambar 3. Sampel Data (Object OLE)

Langkah-Langkah Intergrasi :
  1. Buka MS PowerPoint.
  2. Pilih Insert Object. Perintah ini akan membuka jendela Insert - Object.
  3. Pilih Create from file, tekan tombol browse kemudian pilih file Excel yang telah dibuat sebelumnya yaitu absen_siswa.
  4. Beri tanda centang pada opsi Link.
  5. Klik OK. (Perhatikan Gambar 4).
  6. PowerPoint akan tampil tabel sesuai dengan table yang telah dibuat pada file Excel. Tampilannya seperti pada Gambar 5.
TIK : Integrasi Konten Aplikasi dan Object Linking & Emedding - OLE
Gambar 4. Dialog Object Linking & Embedding (OLE)


Gambar 4. Dialog Object Linking & Embedding (OLE)
Gambar 5. Hasil Integrasi

Demikian pembahasan mengenai Elemen TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengenai Integrasi Konten Aplikasi dan Object Linking & Emedding (OLE) semoga bermanfaat, jika ada yang belum dipahami silahkan tanyakan pada kolom komentar. Terimakasih.

Dukung Kami