Belajar Looping List pada Python: Menggunakan While dan For Loop

Belajar Looping List pada Python: Menggunakan While dan For Loop

Berikut adalah artikel mengenai looping list menggunakan while dan for loop dalam bahasa Python beserta contoh kode dan penjelasannya:

Daftar Isi

  • Looping menggunakan while loop
  • Looping menggunakan for loop
  • Looping menggunakan while loop

Untuk melakukan looping melalui sebuah list menggunakan while loop dalam bahasa Python, kita dapat menggunakan fungsi len() untuk mendapatkan panjang list, dan kemudian melakukan iterasi melalui list dengan menggunakan sebuah variabel index. Berikut adalah contoh kode dan penjelasan nya:
my_list = [1, 2, 3, 4, 5]
index = 0

while index < len(my_list):
    print(my_list[index])
    index += 1
contoh di atas, kita membuat sebuah list my_list dengan lima elemen, dan sebuah variabel index yang diinisialisasi dengan nilai nol. Kita menggunakan fungsi len() untuk mendapatkan panjang list, dan kemudian melakukan iterasi melalui list dengan menggunakan while loop. Loop akan terus berjalan selama nilai index kurang dari panjang list. Pada setiap iterasi dari loop, kita mencetak nilai dari elemen di index saat ini, dan kemudian menambahkan nilai index sebesar 1 menggunakan perintah index += 1.
Output dari program di atas akan mencetak nilai dari elemen list pada setiap baris nya:
1
2
3
4
5
perlu diingat bahwa terdapat cara lain untuk melakukan looping melalui sebuah list dalam bahasa Python, seperti menggunakan for loop atau list comprehension, yang dapat lebih singkat dan mudah dibaca dalam beberapa kasus.

Looping menggunakan for loop

Untuk melakukan looping melalui sebuah list menggunakan for loop dalam bahasa Python, kita dapat menggunakan kata kunci for diikuti oleh sebuah variabel loop yang akan melakukan iterasi melalui elemen-elemen list. Berikut adalah contoh kode dan penjelasan nya:
my_list = [1, 2, 3, 4, 5]

for element in my_list:
    print(element)
Pada contoh di atas, kita membuat sebuah list my_list dengan lima elemen, dan kemudian melakukan iterasi melalui list dengan menggunakan for loop. For loop akan melakukan iterasi melalui setiap elemen pada my_list, dan menugaskan nilai dari elemen saat ini ke dalam variabel loop element. Pada setiap iterasi dari loop, kita mencetak nilai dari element.

Output dari program di atas akan mencetak nilai dari elemen list pada setiap baris nya:
1
2
3
4
5
Menggunakan for loop biasanya lebih mudah dan lebih singkat daripada menggunakan while loop untuk melakukan iterasi pada sebuah list dalam bahasa Python. Selain itu, for loop juga lebih mudah dibaca dan kurang rentan terhadap kesalahan, terutama ketika berurusan dengan list dan objek iterable lainnya.


Posting Komentar untuk "Belajar Looping List pada Python: Menggunakan While dan For Loop"