35 Soal dan Jawaban Ujian Sekolah (US) SMA Sastra Indonesia K13

35 Soal dan Jawaban Ujian Sekolah (US) SMA Sastra Indonesia K13

I.Soal Pilihan Ganda

1.Cermatilah kerangka makalah berikut !
Jika disusun menjadi sebuah makalah, ide-ide di atas dapat disusun dengan urutan …………
  1. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
  2. (2)-(4)-(1)-(3)-(5)
  3. (2)-(3)-(4)-(5)-(1)
  4. (5)-(3)-(2)-(1)-(4)
  5. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
2.Cermati puisi berikut!
Mawar Hitam Bagi Maridjan
senjakala kelabu
dan mawar hitam rebah di kalbu
abu menempel
di bulir kesedihan
pepohonan tak lagi hijau
batu lusuh termangu
lahar meleleh lamban
bumi bergoyang
kabut maut menerjang
nyawa seorang abdi hilang
hilang, hilang, hilang
....
(Wachyu Pras)
Makna lambang ”mawar hitam” pada puisi tersebut adalah ....
  1. kekuatan
  2. kesunyian
  3. kegelapan
  4. kemarahan
  5. kesedihan
3.Bacalah teks di bawah ini dengan cermat !
(1) Gejolak pelemahan perekonomian global di sepanjang tahun 2015 menyebabkan perekonomian Indonesia terganggu. (2) akibatnya, target pertumbuhan ekonomi tidapat dicapai. (3) pada periode 2005-2013, perekonomian Indonesia terbilang cukup stabil dan terus bertumbuh. (4) pelemahan perekonomian di tahun 2015 merupakan imbas tidak tepatnya pengambilan kebijakan pemerintah dalam menjaga stabilitas perekonomian berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat.
Kalimat yang tidak koheren pada paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor…..
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
4.Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!
Penokohan yang dilakukan Lestari pun kuat untuk sebuah novel fiksi. Sifat dari karakternya dapat terasa dengan jelas. Alur ceritanya tidak berbelit-belit sehingga pembaca dapat menangkap jelas tujuan dan maksudnya . selain itu, supernova mengangkat cerita yang unik karena ada sisi-sisi yang dianggap tabu untuk dibicarakan untuk dikalangan masyarakat, tetapi justru diungkapkan dan diceritakan dengan cara yang unik. Hal itu lah yang menjadi kelebihan Lestari yang tidak dimiliki oleh penulis lain sehingga supernova dapat dianggap sebagai karya sastra yang layak untuk diperbincangkan dan dinikmati. Kendala yang mungkin dirasakan oleh pembaca awam adalah banyaknya istilah-istilah ilmiah yang sulit dimengerti dan memakan tempat karena penjelasan footnote-nya cukup panjang. Selain itu,beberapa bagian, lestari hendak menggurui pembaca dengan menghadirkan dialog panjang antara Reuben dan Dimas. Dialog-dialog yang penuh muatan sains tersebut di satu sisi sangat menguasai topik yang dibahas, tetapi di sisi lain bias menghilangkan kenikmatan pembaca dalam mengikuti alur cerita.
Berdasarkan penggalan resensi tersebut, kelebihan dan kekurangan yang dibuat oleh Lestari adalah …….
  1. Dialog-dialog dari supernova cendrung menggurui pembaca, tetapi penuh akan muatan sains.
  2. Dialog-dialog bermuatan sains menjadi salah satu daya tarik dari novel supernova meskipun memakan ruang cukup banyak untuk footnote-nya.
  3. Alur supernova tidak berbelit-belit sehingga pembaca dapat menangkap dengan jelas tujuan dan maksudnya, tetapi banyak istilah ilmiah yang sulit dimengerti dan harus dijelaskan dalam footnote.
  4. Dialog-dialog bermuatan sains dalam supernova membuat pembaca penasaran untuk membaca novel tersebut, tetapi banyaknya footnote bisa menghilangkan kenikmatan pembaca dalam mengikiuti alur cerita.
  5. Mengangkat cerita dianggap tabu untuk dibicarakan di kalangan masyarakat, tetapi berhasil mengungkapkan dan diceritakan dengan cara yang unik
5.Bacalah kedua teks di bawah ini dengan cermat !
Teks 1
Sahut burung jantan itu, “engkaukah yang bernama Seri Rama? Aku dengar masyhur namamu laki-laki dan gagah berani tiada terlawan ditengah medan peperangan. Akan binimu tiadalah terpelihara, perempuan seorang lihatlah olehmu aku ini, empat ekor biniku lagi dapat aku peliharakan, konon engkau manusia dua orang pula saudaramu tiadalah dapat memelihara binimu seorang itu.”
Maka kata Seri Rama, “hai anak burung jantan, tiadakah kasihmu akan daku melihat semua ini, maka engkau katakan dengan garang ini. Aku pinta pada dewata mulia raya, semoga-moga binimu lenyap daripada mata engkau, tiadalah engkau lihat dia hampir dengan engkau.”
Maka dengan takdir dewata mulia raya, pada tatkala itu juga burung jantan itu pun butalah dan bininya yang empat ekor itu pun duduk di sisinya, tiadalah dilihanya lagi.
Hikayat Seri Rama
Teks 2
Telaga sangat berharap, kelak bocah ini mampu memberinya tempat. Telaga juga berharap anak perempuannya akan menjelma menjadi penari tercantik di desa ini. Penari yang memiliki seluruh kecantikan dewa tari.
“apa yang sari inginkan?” Telaga mencium pipi anaknya hati-hati.
“Sari akan belajar dengan baik, Meme. Kalau sari besar nanti, kita tinggalkan odah. Meme bias hidup dengan Sari. Sari bisa membuat Meme rumah yang bagus. Ada tanamannya, Meme bisa menanam bunga-bunga sampai muntah, Meme bisa..” Luh Sari terus mengemukakan keinginan-keinginanmua. Suara bocah itu membuat Telaga diam.
Tarian bu,I, Oka Rusmini
Berdasarkan kedua kutipan teks tersebut, perbedaan karakteristik prosa lama dan prosa baru adalah
  1. Prosa lama ceritanya berkisar seputar kehidupan istana, sedangkan prosa baru bercerita tentang hal-hal yang lebih bervariasi.
  2. Prosa lama sarat dengan ajakan etika dan moral. Sedangkan prosa baru umumnya mengadung nilai budaya dan pendidikan.
  3. Prosa lama cendrung bersifat tidak logis dan menceritakan hal yang mustahil, sedangkan prosa baru cendrung mudah bersifat logis dan realistis.
  4. Prosa lama cendrung tidak mengindahkan sejarah atau perhitungan tahun, sedangkan prosa baru disusun secara kronologis
  5. Prosa lama merupakan sastra lisan yang diungkap melalui bahasa lisan, sedangkan prosa baru diungkapkan melalui bahasa tulis.
6.Bacalah teks biografi berikut ini dengan cermat !
Pada Saat Perang Saudara Di Tahun 1981, Edison hamper kehilangn pendengarannya akibat kecelakaan. Ia begitu hebat tidak menganggapnya sebagai cacat, tetapi menganggapnya sebagai keberuntungan karena berarti ia banyak memiliki waktu untuk berpikir daripada untuk mendengar pembicaraan kosong. Tahun 1868 Edison mendapat pekerjaan sebagai operator telegraf di Boston.
Keseluruhan waktu luangnya dihabiskan untuk melakukan percobaan-percobaan teknik. Pada saat itulah ia menemukan sistem intercom elektrik.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah….
  1. Edison hamper kehilangan pendengarannya akibat kecelakaan.
  2. Edison menghabiskan waktu untuk melakukan percobaan-percobaan teknik
  3. Edison selalu berusa mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang dan kemampuan
  4. Edison tidak menyerah dalam kesulitan, tetapi berusaha mencari peluang yang bisa dilakukan
  5. Edison berhasil menemukan sistem intercom elektrik pada tahun 1868.
7.Cermati pantun dan syair berikut!
35 Soal dan Jawaban Ujian Sekolah (US) SMA Sastra Indonesia K13
Jawaban : D
8.Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!
Pemerintahan Presiden Donal Trump saat ini memiliki insiatif untuk melakukan pembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS. Program tersebut dimulai dengan pembukaan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland. Jalur tersebut rencananya akan dibuat sepanjang 60 km.
Kalimat kedua paragraf di atas berpola…..
  1. S-P-O-K
  2. S-P-K
  3. K-S-P-O
  4. S-P-O
  5. S-P-Pel
9.Bacalah paragraf berikut ini dengan cermat!
Disadari atau tidak, penggunaan bahasa akan berubah sesuai dengan kebutuhan penuturnya, sebagai contoh, bahasa yang digunakan saat seseorang berpidato atau berceramah dalam sebuah seminar akan berbeda dengan bahasa yang dipergunakannya saat mengobrol atau bercengkrama dengan keluarganya. Bahasa itu akan berubah lagi saat ia menawar atau membeli sayuran di pasar. Kesesuaian antara bahasa dan pemakaiannya ini disebut ragam bahasa. Dalam penggunaan bahasa (Indonesia) dikenal sebagai macam ragam bahasa dengan pembagiannya masing-masing, seperti ragam formal-semi; formal-nonformal; ujaran-tulisan; jurnalistik; iklan; populer dan ilmiah.
Kutipan karya tulis ilmiah tersebut menunjukkan bagian……
  1. Latar belakang
  2. Tujuan penelitian
  3. Simpulan
  4. Isi karya ilmiah
  5. Rumusan masalah
10.Cermatilah rumusan masalah berikut!
Faktor apa saja yang menyebabkan menurunnya minat baca di kalangan pelajar?
Tujuan penelitaian yang tepat berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah……
  1. Mengajak para pelajar untuk meningkatkan minat baca dan mulai membiasakan budaya literasi.
  2. Mengklasifikasikan tipe pelajar berdasarkan minat bacanya.
  3. Menemukan solusi untuk mengatasi masalah penurunan minat baca di kalangan pelajar.
  4. Menemukan factor informasi tentang faktor-faktor penyebab penurunan minat baca di kalangan pelajar.
  5. Menemukan informasi terkait dampak yang akan timbul akibat penurunan minat baca di kalangan pelajar.
11.Cermatilah teks drama berikut ini dengan cermat!
35 Soal dan Jawaban Ujian Sekolah (US) SMA Sastra Indonesia K13

Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah……
Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah……
  • (1) apa yang sebenernya sedang kau pikirkan?
  • (2) karena aku mengarang
  • (1) tetapi mengapa?
  • (2) karena wajahku
  • (1) tapi mengapa engkau pergi?
  • (2) karena karanganku.
  • (1) engkau akan kemana
  • (2) aku mengarang
  • (1) kau hendak meninggalkanku?
  • (2) karena aku bersamamu
12.Bacalah teks hikayat berikut dengan cermat!
Ketika Maharaja Indera Angkasa akan mengetahui pertunangan putra-putrinya dicarinya ahli-ahli Nujum dari Negeri Antah Berantah. Atas bujukan jahat dari Raja Antah Berantah, oleh para ahli nujum itu dikatakan bahwa Marakarmah dan nila Kesuma itu kelak hanyalah akan mendatangkan celaka saja bagi orang tuanya.
Ramalan palsu para ahli nujum itu menyedihkan hati Maharaja Indera Angkasa. Maka dengan hati yang berat dan amat terharu disuruh-suruhnya pergi selama-lamanya putra-putrinya itu. Tidak lama kemudian sepeninggalan putra-putrinya itu, Negeri Puspa Sari Musnah terbakar. Sesampai di tengah hutan, Marakaramah dan Nila Kesuma berlindung di bawah pohon beringin. Ditangkapnya seekor burung untuk dimakan.
Waktu mencari api kekampung, karena disangka mencuri, Marakaramah dipukuli orang banyak, kemudian lemparkan kelaut. Nila Kesuma ditemukan oleh Raja Mengindra Sari, Putera mahkota dari Palinggam Cahaya, yang pada akhirnya menjadi isteri putera mahkota itu dan bernama Mayag Mengurai.
Isi kutipan hikayat tersebut adalah …
  1. Marakarmah dianggap sebagai pencuri oleh orang-orang kampung.
  2. Pertunangan antara Makaramah dan Nila kesuma yang dirayakan oleh seluruh negeri.
  3. Maharaja Indera Angkasa yang mengusir putra-putrinya untuk mencegah kehancuran negeri.
  4. Keculasan Raja Antah Berantah menimbulkan banyak kerugian bagi Maharaja Indera Angkasa dan anak-anaknya
  5. Maharaja Indera Angkasa yang berusaha mengumpulkan ahli nujum untuk memberikan ramalan mengenai pertunangan putrinya.
13.Cermatilah temu karya ilmiah berikut!
Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa yang Baik dan Benar di Kalangan Pelajar.
Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah ……
  1. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar telah menjadi keharusan. Adapun untuk siswa, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga menjadi tolak ukur intlektualitas mereka dalam menulis. Pada dasarnya, bahasa adalah kunci pokok dalam kehidupan manusia, yakni sebagai sarana interaksi dan komunikasi.
  2. Generasi muda jarang menggunakan bahasa sesuai kaidah dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam ragam lisan atau ragam tulis di media sosial.
  3. Sebagai generasi muda, marilah kita perihara bahasa Indonesia ini, mengingat akan arti pentingnya bahasa mengarungi kehidupan masa globalisasi yang menuntut kecerdasan berbahasa, berbicara serta kerterampilan menggunkan bahasa dan memegang teguh bahasa Indonesia.
  4. Dalam karya tulis ilmiah, tidak hanya komponen materi dan isi yang harus diperhatikan penulisan, namun juga penggunaan tata bahasa Indonesia, dalam hal ini ejaaan bahasa Indonesia (EBI) dan efektivitas dalam penggunaan kalimat.
  5. Dewasa ini, penggunaan bahasa merupakan saran untuk melakukan komunikasi secara baik dengan orang lain. Untuk itu, peran bahasa sangat besar pengaruhnya sebagai pemersatu dan juga pemecah belah antarbangsa. Dengan penyusunan karya ilmiah ini, penulis berusaha menggali arti penting bahasa Indonesia sebagai sarana pemersatu bangsa di tengah keberagaman suku dan bangsa yang ada di Indonesia.
14.Cermati paragraf berikut!
Bunga bangkai/Amorphophallus merupakan spesies endemik, tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis mulai dari kawasan Afrika Barat hingga ke Kepulauan Pasifik termasuk di Indonesia. Tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia ini termasuk tanaman dari suku talas-talasan (araceae) dengan bentuk dan ukuran umbi yang bervariasi pada setiap jenisnya. Bunga bangkai mengalami dua fase dalam hidupnya yang berlangsung secara bergantian dan terus-menerus, yakni fase vegetatif dan fase generatif. …
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf analogi tersebut adalah ...
  1. Dan bunga bangkai kemudian memasuki fase vegetatif lagi.
  2. Fase vegetatif akan disusul dengan fase generatif, yakni hilangnya bunga majemuk menggantikan batang dan daun layu tadi.
  3. Pada fase vegetatif umbi bunga bangkai tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya.
  4. Saat bunga bangkai mengalami fase generatif (mekarnya bunga), bunga tertinggi ini mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai.
  5. Bau ini berfungsi sebagai pemikat bagi lalat dan kumbang yang akan berkontribusi dalam proses penyerbukan.
15.Cermati pantun berikut!
Buat Solo
Kalau aku datang lagi padamu
ialah karena bertahun yang lalu
aku lahir,
bermain dan bercinta di bawah langitmu
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah .…
  1. kota yang indah mencandu
  2. bentangan permai berlapis rindu
  3. kutapakkan kaki di jalanmu
  4. kubentangkan rasa penyesalanku
  5. kota yang melambai dalam rinduku
16.Cermati topik karya ilmiah berikut!
Topik : Pengangguran di Jakarta.
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah …
  1. Pengangguran merupakan masalah sosial yang sampai saat ini tidak menjadi masalah di republik tercinta ini. Berbagai masalah sosial muncul akibat pengangguran meningkat di negara kita.
  2. Jakarta sebagai ibukota negara Republik Indonesia menjadi tumpuan bagi warga pedesaan untuk mengais rezeki. Kehadiran mereka tidak didukung pendidikan dan keterampilan yang memadai.
  3. Para pencari kerja di ibu kota meninggalkan kampung halaman karena lahan untuk bercocok tanam semakin berkurang, selain itu, perubahan cuaca yang tidak menentu mengakibatkan hasil pertanian sering gagal.
  4. Keinginan untuk memperbaiki nasib di ibukota Jakarta menjadi faktor pendorong bagi masyarakat perkotaan untuk meninggalkan kampung halaman dengan bermodalkan harapan.
  5. Lapangan kerja semakin berkurang, pengangguran semakin berkurang. Kejahatan pun semakin merajalela.
17.Cermati topik karya ilmiah berikut!
Topik: meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks hasil observasi
Rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ...
  1. Apa yang dimaksud dengan keterampilan siswa dalam menulis teks hasil observasi?
  2. Bagaimana cara menulis teks hasil observasi dengan baik dan menarik bagi pembaca?
  3. Apa yang harus dilakukan siswa sebelum menulis teks hasil observasi agar menarik?
  4. Bagaimana meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks hasil observasi?
  5. Mengapa keterampilan siswa menulis teks hasil observasi perlu ditingkatkan?
18.Cermatilah tema cerpen berikut!
Tema : Kekaguman pada Idola
Paragraf cerita yang sesuai denga tema tersebut adalah….
  1. Deg! Jantung Leya bagai berhenti berdetak, beberapa saat, kemudian berdebur keras, menyesakkan napasnya. Tubuhnya tegak kaku di bangkunya. Cuman matanya berputar cepat, memandang ketiga orang yang duduk di sekitarnya dengan perasaan campur aduk cemas, gelisah, juga penasaran.
  2. Rama tidak tahu lagi apa yang harus ia perbuat. Ia berdiri di balik pintu, tidak melakukan apa-apa. Ia merasa gelisah dan bimbang: haruskah ia membuka pintu itu bertemu dengan restu atau sebaiknya ia berbalik pergi dan berpura-pura bahwa ia behalangan hadir.
  3. Aku takjub. Aku mengerjakannya. Kupu-kupu itu masuk kedalam taman, dan aku terus saja mengikutinya. Dan teryata kedua kupu-kupu itu menghampiri seorang perempuan yang duduk di bangku yang agak terpisah dari bangku-bangku taman lainnya. Kupu-kupu itu asyik berputar-putar di atas kepala perempuan itu.
  4. Ame kembali menatap langit. Ada sekelebat bayangan dalam pikirannya. Sesosok pengajar yang sejak sebulan yang lalu mulai dikaguminya. Ia ingat pada rawanya yang ringan, wajah pucatnya, juga bibirnya yang selalu mengulum senyum. Rambut halusnya tampak jatuh tertarik grafitasi. Matanya menyorotkan tatapan panjang, tetapi menenangkan.
  5. Sudah sebulan aku sengaja melewati rumahnya untuk sekedar melihat parasnya yang elok, tetapi tak pernah aku melihat parasnya yang elok, tetapi tak pernah aku melihat dia tersenyum. Meski aku tersenyum padanya, tak pernah ia membalas senyumku. Suatu hari, tak lagi kulihat dia. Yang kulihat hanya bendera kuning yang tertancap di depan rumahnya. Malaikat telah menjemputnya.
19.Cermatilah kalimat berikut !
Karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan.
Frasa verba dalam kalimat tersebut adalah …..
  1. Pengaruh globalisasi
  2. Aku mengalami
  3. Tuntutan kehidupan
  4. Pergeseran apresiasi
  5. Cara pandang
20.Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Karya sastra harus memiliki keterbacaan dalam kadar tertentu. Oleh sebab itu, ia memiliki aturan-aturan kebahasaan. Akan tetapi,[….] penggunaan tata bahasa didalam karya sastra tidak sekaku di dalam karya ilmiah atau karya nonfiksi lainnya.
Klausa bawahan yang tepat untuk melenkapi paragraf rumpang tersebut adalah…..
  1. Karya sastra sebagai karya kreatif
  2. Karya sastra adalah tindak bahasa kreatif
  3. Karena sastra merupakan tindak bahasa kreatif
  4. Jika kita lihat, kalimat-kalimat dalam karya sastra sangat keras
  5. Karena karya sastra memenuhi ketentuan tata bahasa yang baik
21.Cermatilah kutipan cerpen berikut!
“Indah bukan?” terdengar suara yang berdesis ditelingaku. Aku berbalik dan mendapati seseorang lelaki bermata hazel. Sewarna dengan rambutnya yang setengah ikal. Syal yang bercorak garis-garis abu-abu dan hitam tampak melingkar di lehernya.
“kamu Ryan?” tanyaku merasa yakin ia mengiyakan.
“No…. aku Dresden. Ryan tak bisa datang. Ia harus pergi ke Ohio siang ini.”
“Oh.” Segala rencanaku langsung terburai.
Teks drama yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut adalah …..
35 Soal dan Jawaban Ujian Sekolah (US) SMA Sastra Indonesia K13

Jawaban : C

22.Cermatilah paragraf berikut!
(`1) Bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai dan bangga akan kebudayaannya sendiri. (2) Kebudayaan suatu bangsa dapat dilihat dari kemajuan dan intelektualitas masyarakatnya. (3) Indonesia sebagai bangsa yang plural dengan ragam kebudayaannya mampu menarik perhatian dunia. (4) Misalnya, melalui kesenian batik, kesenian reog, dan kesenian tari pendet. (5) Kebudayaan tersebut sangat khas dan terkenal di Indonesia
Kalimat yang menggunkan kata khusus dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor…..
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
23.Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1)Lebar Kali Cisadane Tangerang tiga lipat kali Ciliwung Bogor
(2)Karena menguasai dasar-dasar ekonomi, ia dapat membantu ekonomi keluarganya
(3)Bu Hasan mengurus keperluan keluarganya sendirian sehingga tubunya terlihat mengurus.
(4)Kepala sekolah dilarikan ke rumah sakit terdekat karena ia mengalami sakit kepala disertai demam
(5)Pada seri kedua liga tersebut hampir semua pertandingan berakhir seri
Kalimat yang menggunakan kata berpolisemi ditunjukkan oleh nomor…….
  1. (1) dan (2)
  2. (1) dan (4)
  3. (2) dan (4)
  4. (2) Dan (5) (2) dan (4)
  5. (3) dan (5)
24.Cermatilah paragraf berikut !
(1) Masih kuingat betul apa yang menyebabkan Arman berpulang (2) saat itu aku sedang bergerombol dengan teman-temanku sebelum kami bermain layangan. (3) Arman datamg kemudian dengan dua buah layangan di punggungnya dan gulungan benang di tangan kanannya. (4) dia melambaikan tangannya pada kami, kemudian berlari menyebrang. (5) sayangnya, dari arah kiri, sebuah mobil melaju dengan cepat dan kecelakaan tak bisa dihindarkan.
Kalimat yang menggunakan kata bermakna peyorasi ditunjukkan oleh nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
25.Cermati teks berikut!
Parfum menjadi bagian yang hampir tidak pernah terpisahkan dalam keseharian kita. Aromanya yang wangi dan menyegarkan menjadi pelengkap penampilan. Dan, benda ini seolah menjadi sesuatu yang wajib dipakai. Banyak orang, terutama kaum perempuan merasa ada sesuatu yang kurang dan menyebabkan kurang percaya diri jika tidak menggunakan parfum. Aroma parfum bermanfaat untuk membuat pemakainya lebih atraktif. Padahal, di balik manfaat tersebut, ternyata parfum juga bisa mengganggu kesehatan.
Perbaikan konjungsi yang bercetak miring adalah ….
  1. bahwa, oleh, karena
  2. bahkan, ketika, walaupun
  3. karena, sebab, namun
  4. karena, sebab, tetapi
  5. bahkan, karena, namun
26.Cermati kalimat berikut!
Kami pun menjelajah gurun pasir di puncak gunung bromo dan melingkari lerengnya.
Perbaikan kalimat yang sesuai dengan ejaan dan alasannya adalah …
  1. Tiap kata pada gunung bromo seharusnya diawali huruf besar karena nama geografi diikuti oleh nama diri.
  2. Seharusnya kata gurun pasir diawali huruf kapital karena nama geografi.
  3. Kata gurun pasir dan lembah diawali huruf kapital karena keduanya adalah nama geografi.
  4. Tiap kata pada puncak gunung bromo seharusnya diawali huruf kapital karena nama geografi diikuti nama diri.
  5. Kata lerengnya seharusnya diawali huruf kapital karena nama geografi.
27.Cermatilah kaliamat berikut!
Selain Fay, Kisya memiliki tiga oramg adik perempuan, yaitu:amee, Nagisa, dan Sara.
Penggunaan tanda baca titik dua (:) yang tepat terdapat dalam kalimat ………
  1. Selain Fay, Kisya memiliki: Amee, Nagisa, dan Sara.
  2. Selain Fay, Kisya memiliki: tiga orang adik perempuan, yaitu Amee, Nagisa, dan Sara.
  3. Selain Fay:Kisya memiliki tiga orang adik perempuan, yaitu Amee, Nagisa, dan Sara.
  4. Selain Fay, Kisya memiliki tiga orang adik perempuan: yaitu Amee, Nagisa, dan Sara.
  5. Selain Fay, Kisya memilik tiga orang adik perempuan: Amee, Nagisa, dan Sara.
28.Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Pada dasarnya, suatu negara, hak asasi manusia atau HAM harus dijamin dalam konstitusi. Melalui deklarasi universal HAM 10 Desember 1948 merupakan tonggak bersejarah berlakunya penjaminan hak mengenai manusia sebagai manusia. Naskah tersebut merupakan pernyataan sedunia tentang hak-hak asasi manusia. Oleh karena itu, 10 Desember diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia.
Struktur kalimat yang bercetak miring dapat diperbaiki, yakni ….
  1. menghilangkan kata merupakan
  2. menghilangkan kata melalui
  3. mengganti kata melalui dengan berdasarkan
  4. menggantikan kata merupakan dengan sebagai
  5. mengganti kata berlakunya dengan diberlakukanya
29.Bacalah cerpen berikut dengan cermat!
Tepat ketika aku menjejakkan kaki di trotoar minimarket K, gerimis pecah menjadi hujan. Jalanan Braga terlihat kuyup, taksi yang tadi kutumpangi telah hilang di belokan jalan depan sana. Aku menghelang napas. Tak banyak yang berubah dari Braga., tetap seperti dulu. Menentramkan. Sukar dilupakan dan tentu saja menyimpan kenangan di sepanjang jalannya. Tiba-tiba saja dadaku terasa sesak.
Latar suasana yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut adalah …….
  1. haru
  2. mencekam
  3. tegang
  4. gembira
  5. sukacita
30.Cermatilah kutipan cerpen berikut ini!
Pada waktu makan, seperti biasa kami tidak banyak berbicara. Kata ibuku, makanan harus dinikmati dengan diam. Kalau orang terlalu cerewet pada waktu makan, itu berarti tidak menghormati makanan yang ada di depannya. Padahal makanan adalah karunia tuhan. Dan itu harus dihormati. Juga menurut ibuku, makanan harus dikunyah dengan lambat tetapi dengan banhyak kali kesanggupan kita. Tanpa suara denga mulut tertutup. Pandang orang yang sedang makan tidak patut jika ditunjukan ke mana-mana selain pada makanan yang ada di depannya. Jika kami makan dengan tangan, kami harus mencuci tangan kanan di kobokan yang tersedia dengan suara sesedikit mungkin. Tangan kiri harus tertopang dengan sopan di atas meja di tentangan dada. Tetapi jika kita menggunakan sendok dan garpu, harus dijaga jangan sampai bersentuhan kedua benda itu pada piring membikin bunyi yang mengejutkan tetangga semeja.
Sebuah Lorong Dikotaku,N.H.Dini
Nilai budaya yang terkandung dalam kutipan novel tersebut adalah ……
  1. Larangan membuat suara sewaktu makan
  2. Penggunaan sendok dan garpu dalam jamuan.
  3. Rebut saat makan dianggap tidak m
  4. Larangan membuat suara sewaktu makan
  5. enghargai rezeki Tuhan
  6. Saat makan harus menjaga pandangan
  7. larangan mencuci tangan di kobokan
31.Cermatilah kutipan cerpen berikut ini dengan cermat!
Kutipan 1
Kali kedua mereka bertemu adalah di pos pemeriksaan di Awka. Kemudian perang mulai dan perlahan bergerak ke arah selatan dari sektor bagiin utara yang jauh. Ia sedang berkendara
dari Onitsha ke Enugu dan sedang tergesa-gesa'. Walaupun pikirannya setuju akan pemeriksaan yang teliti di persimpangan jalan, hatinya selalu
tersinggung setiap kali ia harus mematuhi mereka.
Kutipan 2
Si lelaki tua pulang setiap hari dengan perahu yang kosong dan dia selalu furun untuk membantunva membawa sebagian gulungan tali atau ombak seruit dan layar yang digulung di tiang perahu.
Dia terus mendayung dan itu tak memerlukan tenaga karena dia telah menahan kecepatannya dengln baik, dan permukaan laut rata, kecuali sesekali muncul pusaran pada arusnya. Dia membiarkan harus melakukan hal ketiga dalam pekerjaannya, membantunya bekerja dan saat mulai muncul dia telah pergi lebih jauh.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan tersebut adalah … .
  1. Kutipan I mengangkat tema kecemasan, Kutipan II mengangkat tema kekalahan
  2. Kutipan I mengangkat tema masa muda, Kutipan II mengangkat Tema masa tua
  3. Kutipan I mengangkat tema peperangan, Kutipan II mengangkat terna pelayaran
  4. Kutipan, I mengangkat tema keterikatan, Kutipan II mengangkat tema kebebasan
  5. Kutipan I Mengangkat tema daratan, Kutipan ll mengangkat tema lautan
32.Bacalah kutipan novel berikut ini dengan cermat!
Anton menghirup udara sepenuh dada. Dan, rambutnya yang gondrong terasa gatal lagi. Dia menggaruk. Ah, kulit kepalanya sampai perih. Dia menghentikan garukannya, tetapi titik kepuasannya belum tercapai. Rasa gatal masih mengambang. Dia jengkel. Cuma, kepada siapa kejengkelan itu harus diarahkan?
Dia menatap berkeliling. Gadis berbaju merah di sampingnya, rupa-rupanya sejak tadi mengawasinya. Gudit itu berbisik-bisik pada temannya. Lalu, kedua gadis itu mengkikik.
"primates," kata gadis berbaju merah.
"Ya?" kata temannya. 'Golongan apa?
Anthropomorphoeatau Cercopithecidae?"
Keduanya mengikik lagi. Wajah Anton merah padam. Biar pun bukan bidangnya, tetapi dia tahu istilah-istilah itu. Namun, delikannya tak digubris kedua gadis itu.
"Hiii, seram. Lihai matanya yang melotot, lebih karnivora," kata gadis berbaju merah.
“Cintaku di Kampus Biru”, Ashadi Siregar
Kalirnat kritik yang tepat sesuai dengan kutipan tersebut adalah ...
  1. Penggunaan bahasa sehari-hari dalam menggambakan peristiwa membuat cerita mudah untuk dipahami dan diikuti oleh pembaca.
  2. Penggambaran konflik batin yang dialami tokoh melalui dialog antartokoh.
  3. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tetapi terdapat kekurangan pada bagian pengenalan tokoh sehingga peristiwa kurang jelas.
  4. Solusi atas konflik atau permasalahan batin yang dialami oleh tokoh disajikan dengan baik.
  5. Pelukisan alur yang berlebihan dan terlalu cepat membuat peristiwa yang disajikan kurang jelas.
33.Cermati resensi berikut!
Mulan adalah sebuah film animasi 3 Film ini tentang seorang puteri bernama Mulan, gadis pemberani dan tegas yang bertualang bersama seekor naga kecil bernama Mushu. Mulan bukan tipe pesolek, tetapi masyarakatnya berharap ia seperti itu. Mulan ingin menggantikan posisi ayahnya untuk ikut wajib militer. Kewajiban ini dimulai sejak diserangnya dinasti Cina oleh bangsa Hun. Mulan tidak mau ayahnya yang sedang sakit ikut berperang. Akhirnya, Mulan memutuskan untuk mengambil tanggung jawab itu dengan mengganti identitasnya. Ia menyamar sebagai laki-laki karena hanya laki-lakilah yang boleh wajib militer. Namun sayang, identitas asli Mulan terbongkar. Sebenarnya perjuangan Mulan sudah banyak memberi pengaruh buat teman-temannya untuk bersemangat dalam melawan bangsa Hun. Sepak terjang Mulan itu diam-diam mendapat perhatian dari pemimpin kelompok mereka yang bernama Shang.
Pasukan musuh atau bangsa Hun bangkit kembali dan menyerang istana. Serangan bangsa musuh dinasti Cina ini hampir saja mempertaruhkan nyawa kaisar Cina. Namun, kesigapan Mulan dan teman-teman pasukannya berhasil menyelamatkan nyawa sang kaisar.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan resensi film tersebut adalah … .
  1. Film yang berjudul Mulan ini tidak mendidik untuk ditonton oleh remaja puteri.
  2. Banyak hal yang tidak masuk akal terdapat dalam adegan film ini.
  3. Film ini merupakan bukti film yang bertema nilai cinta anak pada ayahnya sangatlah kuat.
  4. Durasi waktu penayangan film ini sangat tidak memuaskan keinginan penonton.
  5. Banyak bahasa dialog yang dipergunakan para tokoh tidak terdengar jelas.
34.Cermati cerpen dan konversi cerpen berikut!
Cerpen
Ini surat kedua, namun belum juga si Dewa Mabuk itu menjelaskan identitas dirinya. Bete kan?
”Kali aja dia naksir kau, Nick. . .!” komentar Nura, teman sekelas Nicky yang sebulan lalu mengikuti jejak Nicky, memakai jilbab.
Nicky cemberut.
”Yang bener aja! Ada angin apa dia naksir-naksir aku segala? Lagian, kalau bener dia naksir, dia harus siap-siap kecewa.”
”Lho, kenapa?” Nura cepat menukas lagi. ”Lo udah punya yang lain, ya? Jangan bilang karena pacaran itu nggak boleh, Nick.... Kalau masalahnya itu, bisa aja kan kalian langsung menikah?”
”Bukan cuma itu,” jawab Nick. ”Ia juga nggak fair. Kirim surat itu kan sama saja dengan bertamu. Orang bertamu tentu saja harus mengenalkan diri.”
”Eh, bukannya dia udah ngenalin diri? Tuh.... namanya Dewa, kan?”
Konversi cerpen
Nura: ”Ciee... dapat surat lagi nih? ”
Nicky: (Hanya diam, cuek)
Nura: ”Bacain dong. . . ”
Nicky: ”Baca aja sendiri”
Nura: ”Hehehe. . Ehm. . Ehm. . Yang saya hormati Nicky di tempat.”
Nicky: ”…”
Nura: ”Hi hi jangan cemberut gitu dong. Nih dilanjutin ya. . Ini surat keduaku, Nick. . . ”
... Jangan kiranya suratku ini membuat kamu hilang semangat dalam dakwah. Tetap berjuang Nick Sayang. Dewa.
Nicky: ”Ini surat keduanya, tapi sampai sekarang pun dia belum mau kasih tahu indentitasnya. ”
Nura: ”Kali aja dia naksir kau,Nick. ..! ”
Nicky: ”Yang bener aja! Ada angin apa dia naksir-naksir aku segala? Lagian, kalau bener dia naksir, dia harus siap-siap kecewa. (cemberut) ”
Nura: ”Lho, kenapa? Lo udah punya yang lain, ya? Jangan bilang karena pacaran itu nggak boleh, Nick.... Kalau masalahnya itu, bisa aja kan kalian langsung menikah? ”
Nicky: ”Bukan cuma itu,ia juga nggak fair. Kirim surat itu kan sama saja dengan bertamu. Orang bertamu tentu saja harus mengenalkan diri. ”
Nura: ”Eh, bukannya dia udah ngenalin diri? Tuh.... namanya Dewa, kan? ”
Ketidaksesuaian hasil konversi cerpen dengan teks asli terdapat pada unsur ....
  1. latar
  2. alur
  3. peristiwa
  4. isi surat
  5. sudut pandang
35.Cermatilah kutipan cerita berikut !
Suasana jadi panas. Juga para pimpinanmu sama memperlihatkan sikap kurang senang terhadap pembicara. [...] Tapi komponis tua itu tidak berubah wajah. Dengan tenang kedua tangannya diangkat sedikit ke atas. Meski belum sama sekali tenang, tapi keriuhan sudah mulai berkurang. Dan komponis tua itu cepat meneruskan bicaranya.
Komponis Tua, Soelario
Kalimat pernyataan peristiwa yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ..
  1. Semoga musyawarah ini menghasilkan pemikiran yang kreatif.
  2. Dalam keriuhan itu terdengar suara orang batuk-batuk.
  3. Beberapa hadirin terpesona oleh ucapannya itu.
  4. Mereka saling berunding dengan berbisik.
  5. Tepuk tangan meledak, menggemuruh,

Posting Komentar untuk "35 Soal dan Jawaban Ujian Sekolah (US) SMA Sastra Indonesia K13"