Tutorial Membuat Aplikasi Penjualan Barang dengan Java Console

Artikel berikut membahas Tutorial Membuat Aplikasi Penjualan Barang dengan Java Console

 

Tutorial Membuat Aplikasi Penjualan Barang dengan Java Console

Java adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi. Salah satu aplikasi yang dapat dikembangkan dengan Java adalah aplikasi penjualan. Aplikasi penjualan merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses transaksi penjualan barang atau jasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi penjualan dengan menggunakan Java Console.

Cara kerja aplikasi penjualan Java Console adalah dengan menggunakan input-output dari command prompt. Pengguna dapat memasukkan data barang yang akan dijual, seperti nama barang, harga barang, dan jumlah barang. Kemudian, aplikasi akan menghitung total harga barang yang dibeli dan menampilkan jumlah yang harus dibayar oleh pengguna.

Untuk membuat aplikasi penjualan ini, pertama-tama kita perlu membuat class utama yang akan menangani proses input-output dari command prompt. Kemudian, kita perlu membuat class barang yang akan menyimpan data barang seperti nama barang, harga barang, dan jumlah barang. Selanjutnya, kita perlu membuat method untuk menghitung total harga barang yang dibeli dan method untuk menampilkan jumlah yang harus dibayar oleh pengguna.

Setelah class utama, class barang, dan method dibuat, kita dapat menambahkan kode untuk menangani proses input-output dari command prompt. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan Scanner untuk membaca input dari pengguna dan System.out.println() untuk menampilkan output ke command prompt.

Sebagai contoh, kita akan membuat aplikasi penjualan yang dapat menangani pembelian satu jenis barang saja. Pertama, kita perlu membuat class utama yang diberi nama "Penjualan". Pada class ini, kita perlu membuat variable namaBarang, hargaBarang, dan jumlahBarang. Kemudian kita membuat method untuk menghitung total harga barang yang dibeli dan method untuk menampilkan jumlah yang harus dibayar oleh pengguna. Berikut ini adalah contoh kode untuk class utama Penjualan:

Coding Contoh Aplikasi


import java.util.Scanner;

class Penjualan {

    String namaBarang;
    int hargaBarang;
    int jumlahBarang;

    int hitungTotalHarga() {
        return hargaBarang * jumlahBarang;
    }

    void tampilkanTotalHarga() {
        System.out.println("Total harga yang harus dibayar: " + hitungTotalHarga());
    }

    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        Penjualan penjualan = new Penjualan();

        System.out.print("Masukkan nama barang: ");
        penjualan.namaBarang = input.nextLine();

        System.out.print("Masukkan harga barang: ");
        penjualan.hargaBarang = input.nextInt();

        System.out.print("Masukkan jumlah barang: ");
        penjualan.jumlahBarang = input.nextInt();

        penjualan.tampilkanTotalHarga();
    }
}

Hasil Eksekusi Aplikasi

Tutorial Membuat Aplikasi Penjualan Barang dengan Java Console


Cara Kerja Aplikasi

Cara kerja aplikasi penjualan Java Console yang dibuat adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama, aplikasi akan meminta input dari pengguna mengenai nama barang, harga barang, dan jumlah barang yang akan dibeli melalui command prompt menggunakan Scanner.
  • Kemudian, aplikasi akan menghitung total harga barang yang dibeli dengan mengalikan harga barang dengan jumlah barang yang dibeli menggunakan method hitungTotalHarga().
  • Setelah itu, aplikasi akan menampilkan total harga yang harus dibayar oleh pengguna menggunakan method tampilkanTotalHarga().
  • Pengguna dapat memasukkan data barang yang akan dijual berulang kali sampai pengguna mengakhiri proses transaksi.
  • fitur tambahan seperti laporan penjualan, menambahkan barang baru ke dalam sistem, mengubah harga barang dan jumlah barang yang tersedia dll jika di tambahkan akan mempermudah dalam proses transaksi.
Aplikasi ini sangat sederhana dan hanya digunakan untuk menangani transaksi penjualan satu jenis barang saja. Namun, Anda dapat mengembangkannya dengan menambahkan fitur-fitur tambahan sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda dapat menambahkan fitur untuk menampilkan laporan penjualan dalam bentuk grafik atau tabel, menambahkan fitur untuk menyimpan data penjualan dalam database, dll.

Aplikasi penjualan ini dapat digunakan untuk menangani pembelian satu jenis barang saja. Namun, Anda dapat mengembangkannya untuk menangani pembelian lebih dari satu jenis barang dengan menambahkan class barang lain dan mengubah kode yang ada.

Selain itu, kita juga dapat menambahkan fitur-fitur lain seperti membuat laporan penjualan, menambahkan barang baru ke dalam sistem, mengubah harga barang dan jumlah barang yang tersedia dll. Beberapa fitur yang dapat dikembangkan adalah seperti menampilkan data penjualan dalam bentuk grafik, menyimpan data penjualan dalam database dan menampilkan data penjualan dalam bentuk tabel yang dapat diurutkan atau di filter sesuai kebutuhan.

Aplikasi penjualan Java Console ini dapat digunakan untuk mempermudah proses transaksi penjualan barang atau jasa dalam skala kecil. Dengan kode yang mudah dipahami dan dikembangkan sesuai kebutuhan, aplikasi ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu bisnis Anda.

Demikian pembahasan mengenai Tutorial Membuat Aplikasi Penjualan Barang dengan Java Console semoga bermanfaat.


Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes