Pengertian Informatika SMA Kurikulum Merdeka Belajar

Pengertian Informatika SMA dalam Kurikulum Merdeka Belajar.

Pengertian Informatika SMA Kurikulum Merdeka Belajar

Apa dan Mengapa Informatika?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. 

Pengertian Komputasi

Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk memecahkan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris Informatics, Computing, atau Computer Science. Informatika mencakup pemodelan dari “komputasi” dan aplikasinya dalam pengembangan sistem komputer. 

Pengertian Komputasi Menurut KBBI

Menurut KBBI, komputasi adalah: 

  1. Penghitungan dengan menggunakan komputer; 
  2. Dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.


Pengertian Berfikir Komputasional

Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (Computational Thinking). Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoritis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan dan memecahkan persoalan. 

Siswa yang belajar informatika akan mendalami bagaimana suatu “sistem komputasional” berfungsi,
baik yang mengandung komputer maupun tidak. Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu yang saat ini sudah berdiri sendiri. 

Informatika dapat dipandang sebagai sebuah cabang ilmu yang tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik (computational thinking), dan berbeda dari bidang ilmu lainnya. Ide-idenya tahan lama (20 tahun lebih dan masih terpakai sampai sekarang), dan prinsip-prinsip intinya dapat diajarkan tanpa bergantung kepada teknologi tertentu.

Semula,informatika hanya diajarkan di tingkat Perguruan Tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar dan menengah.

Informatika di Era Industri 4.0

Era industri 4.0 Ditandai dengan pemanfaatan mesin cerdas berbasis computer dan internet. Masyarakat nya disebut dengan era Society 5.0 karena hidup di dunia fisik sekaligus di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring.

Apa yang akan Dipelajari Informatika SMA

  1. Berpikir Komputasional (BK), / Computational Thinking (CT), 
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), /Information and Communication Technology (ICT)
  3. Sistem Komputer (SK), / Computing System (CE), 
  4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI),/ Computer Network (NW), 
  5. Analisis Data (AD)/ Data Analysis (DA).
  6. Algoritma dan Pemrograman (AP), / Algorithm & Programming (AP), 
  7. Dampak Sosial Informatika (DSI) / Social Impact of Informatics (SOC), dan 
  8. Praktik Lintas Bidang (PLB). /Computing Practices (CP)

Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

Untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital, siswa kelas X juga perlu membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter yang baik di dunia nyata maupun dunia digital, karena citra bangsa Indonesia terpapar di dunia digital yang sangat terbuka akibat kemunculan dan posting konten orang Indonesia. 

Ciri Profil Pelajar Pancasila

Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai profil pelajar Pancasila, yang memiliki ciri-ciri berikut ini: 
  1. Beriman
  2. Bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,
  3. Berkebhinekaan global,
  4. Mandiri, 
  5. Bergotong Royong, 
  6. Bernalar kritis, dan 
  7. Kreatif.

Pengertian Keterampilan Generik Merdeka Belajar

Keterampilan generik adalah keterampillan umum yang harus dikuasai oleh siswa dalam kurikulum merdeka belajar, Keterampilan Generik terbagi menjadi dua jenis yaitu : 

  1. Kolaborasi 
  2. Komunikasi

Pengertian Kolaborasi

Kolaborasi adalah proses dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan. Kolaborasi membutuhkan kepemimpinan, pembagian tugas dan peran yang adil. Kolaborasi yang baik akan terjadi jika komunikasi antar anggota kelompok baik. 

Pengertian Komunikasi dalam Merdeka Belajar

Hasil kerja yang telah kita kembangkan atau dibuat perlu dikomunikasikan dengan baik kepada pihak yang berkepentingan, seperti: pemberi kerja, khalayak umum, dan lainnya. Komunikasi hasil kerja bisa dilakukan dengan presentasi dan demo produk, atau dalam bentuk produk tampilan seperti infografis. 

Jenis-Jenis Komunikasi

  1. Infografis
  2. Presentasi

Pengertian Infografis

Infografis berisi informasi teks dan gambar atau grafik lain yang akan mempermudah pembaca menangkap pesan yang dimaksud. Ilustrasi visual lebih mudah untuk ditangkap maknanya dan diinterpretasi ketimbang hanya tekstual. Sering kali, infografis dalam 1 lembar akan lebih bermakna dan menunjukkan hal penting (disebut “abstraksi”) dari apa yang kalian kerjakan. Dapat dikatakan bahwa sebuah gambar mengandung seribu makna (a picture is worth a thousand words).

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Informatika SMA dalam Kurikulum Merdeka Belajar.



Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes