Pemahaman Router dan Peranan Router Pada Jaringan Computer

Pada Panduan Jaringan ini kali akan kami ulas berkenaan Pemahaman Router dan Peranan Router Pada Jaringan Computer. Saat sebelum anda membaca lebih de

Pada Panduan Jaringan ini kali akan kami ulas berkenaan Pemahaman Router dan Peranan Router Pada Jaringan Computer. Saat sebelum anda membaca lebih detil mengenai Router sebaiknya anda membaca lebih dulu mengenai HUB dan SWITCH, karena ini benar-benar terkait kuat. Kembali lagi ke Router, alat ini sebuah piranti jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3. Bila anda ingat artikel kami awalnya jika Hub di OSI layer 1 dan Switch di OSI Layer 2.
Pemahaman Router ?


Router ialah alat atau Piranti piranti computer yang pekerjaannya sampaikan data paket melalui koneksi internet sampai hingga ketujuannya. Alat ini sebuah piranti jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Pada layer ini telah dikenali pengalamatan jaringan memakai IP Address, dan router ini berperanan penting sebagai penyambung atau penerus data paket di antara dua fragmen jaringan/lebih.

Tipe-Jenis Router

Pada dasarnya router terdiri ke dua tipe. Pertama, Router Dedicated atau piranti yang dibikin khusus untuk berperanan sebagai router; Ke-2 , Router PC ialah computer biasa baik itu berbasiskan windows, linux atau yang lain yang diprogram supaya jadi router. Sebenarnya kelompok yang ke-2 ini bukan hanya berupa PC atau computer saja, karena saat ini ini lebih banyak piranti yang lain perannya tidak diutamakan untuk router tetapi bisa digunakan dan berperanan sebagai router jaringan. Contoh: Radio Wireless, Modem ADSL. Kita lihat Modem ADSL yang terbanyak digunakan di Indonesia yakni dari ISP nasional Speedy. Modem speedy selainnya peranan intinya sebagai modem proses dial-up akses internet dari ADSL, bisa juga dipakai sebagai router. Di mana jika dalam sekantor menggunakan modem speedy ini jadi tidak dibutuhkan kembali piranti tambahan untuk jadi router. Tetapi memang piranti yang tidak dibikin khusus untuk router mempunyai kekurangan dibandingkan dengan piranti khusus untuk router.
Peranan Router Dalam Jaringan Computer

Contoh kekurangan router dalam modem Speedy tidak mempunyai feature bandwidth manajemen. Di mana bandwidth manajemen dalam router benar-benar dibutuhkan jika computer yang ada di jaringan itu banyak, dan peranan router memabagi baban bandwidth untuk tiap computer itu. Contoh router yang dibikin khusus oleh pabrikasi ialah router Mikrotik. Mikrotik sering dipakai karena harga yang dapat dijangkau dan gampang untuk dikonfigurasi jika dibanding dengan piranti lain contoh Router Cisco. Menggunakan piranti router dari Mikrotik kita jadi dapat atur beban bandwidth tiap klien, atur firewall yang mana firewall dalam sebuah router benar-benar berperanan penting untuk menertibkan lalu lintas yang masuk dan jalan raya data yang keluar.

Keunnggulan Router dibandingkan HUB dan Switch
Yang Pertama kemungkinan OSI Layer yang lain hingga peranan Router bukan hanya sebagai jembatan jaringan jaringan saja, tetapi dengan Router kita dapat mengoneksikan Jaringan dengan Host yang lain, anda dapat memanage atau atur bandwidth internet, mengatir virtual lan (VLAN), kecepatan di tiap port jaringan dan lain-lain.

Ringkasan Mengenai Router

Oleh karenanya kita dapat mengaitkan jika pemahaman router ialah satu alat yang mempunyai peranan penting dalam penataan jalan raya data pada suatu jaringan computer baik itu LAN, MAN, WAN, dan Internet.

Begitu keterangan Pemahaman Router dan Peranan Router Pada Jaringan Computer mudah-mudahan berguna untuk kita dan terutamanya untuk sahabat JNM yang sudah berkunjung Web ini.

Posting Komentar

© Contoh Aplikasi. All rights reserved. Premium By FC Themes