Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemahaman HUB dan Peranan HUB Pada Jaringan Computer



Berikut ini kami akan menerangkan Pemahaman HUB dan Peranan HUB Pada Jaringan Computer. Di dalam membuat atau membuat suatu jaringan computer dibutuhkan banyak elemen berlainan yang sama-sama tersambung. Beberapa komponen itu bekerja sesuai perannya hingga terjadi satu lajur komunikasi antara computer,Netbook, Printer atau Piranti yang lain. Sesudah dibuatnya sebuah jaringan computer karena itu tiap piranti dan tntunya akan memberinya banyak faedah buat memberikan dukungan kerja seorang hingga lebih gampang,cepat dan efektif.

Pemahaman HUB ?

Hub ialah sebuah piranti jaringan yang bekerja pada OSI layer 1, Physical Layer. Hingga Hub cuman bekerja tidak lebih sebagai penghubung atau concentrator saja, dan cuman memperkuat signal di kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP). Hub tidak mengenali MAC Addressing atau Physical Addressing shingga tidak dapat memisah data yang perlu ditransmisikan shingga collision tidak dapat dijauhi dari pemakaian Hub itu.

Peranan Hub diantaranya:
  • Memfasilitasikan tambahan penghapusan atau tambahan workstation.
  • Menambahkan jarak network (dapat berperan sebagai repeater).
  • Sediakan/memberikan fasilitas elastisitas dengan mendukung interface yang lain (Ethernet, Toket ring dan FDDI)
  • Tawarkan fitur-featur yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan).
  • Memberinya menegement yang terpusat ( koleksi info, diagnostic).

Pembagian Tipe HUB

Pada intinya HUB terdiri dua jenis, yakni HUB aktif dan HUB pasif. Pemahaman HUB Aktif ialah HUB yang mempunyai kekuatan untuk perkuat signal atau umum dikatakan sebagai repeater. HUB tipe ini sanggup untuk regenerasi signal yang masuk dari satu computer yang selanjutnya ditransmisikan kembali lagi ke computer yang lain. HUB aktif akan bermanfaat untuk menyambungkan dua unit computer ataupun lebih dalam jarak yang lumayan jauh.

Pemahaman HUB Pasif ialah HUB yang cuman bekerja untuk membagi signal transmisi yang masuk ke port port computer yang tersambung. Dengan memakai HUB Pasif bisa saja untuk menambahkan unit computer yang tersambung dengan persyaratan jarak unit computer dengan computer yang lain tidak begitu jauh.

Kekurangan atau Kekurangan Dari HUB

  • Termasuk perlengkapan Layer 1 dalam OSI mode (Physical layer).
  • Tidak bisa membaca beberapa paket data.
  • Tidak bisa ketahui sumber dan arah data.
  • Cuman berperanan terima dan melanjutkan data yang masuk ke semua perlengkapan di jaringan terhitung yang mengirimi data.

Catatan :
Kecepataan Data pada HUB bergantung jumlahnya Piranti atau Computer yang tercolok pada port yanga berada di HUB, hingga pemakai jaringan computer banyak yang tinggalkan HUB dan Gantikan dengan Switch. Apakah itu SWITCH pada jaringan computer akan kami ulas pada Artikel JavaNetMedia selanjutnya.

Begitu Pemahaman HUB dan Peranan HUB pada Jaringan Computer. Semoga bisa memberinya deskripsi dan pengetahuan jaringan computer ke kita semua.

Post a Comment for "Pemahaman HUB dan Peranan HUB Pada Jaringan Computer"