Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemahaman dan Pengetahuan Mengenai Jaringan Computer


Pemahaman Jaringan Computer

Jaringan computer bisa definisikan lebih kelompok dua computer ataupun lebih sama-sama tersambung secara electronic. Data yang berbentuk text, audio atau video, bergerak lewat media kabel atau tanpa kabel (wireless) hingga memungkinkannya pemakai computer dalam jaringan computer bisa sama-sama tukar file/data, cetak pada printer yang serupa dan memakai hardware/software yang tersambung dalam jaringan bersama. 

Sebuah jaringan computer bisa mempunyai dua, beberapa puluh, beberapa ribu atau bahkan juga juta-an node. Sebuah jaringan umumnya terbagi dalam 2 ataupun lebih computer yang sama-sama terkait antara satu sama lainnya, dan sama-sama share sumber daya misalkan CDROM, Printer, transisi file, atau memungkinkannya untuk sama-sama berbicara secara electronic. Computer yang tersambung itu, bisa saja terkait dengan media kabel, aliran telephone, gelombang radio, satelit, atau cahaya infra merah.

Riwayat Jaringan Computer

Riwayat jaringan computer berawal dari lahirnya ide jaringan computer di tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah project peningkatan computer MODEL I di laboratorium Bell dan grup penelitian Kampus Harvard yang dipegang profesor Howard Aiken.mPada awalnya project itu hanya ingin manfaatkan sebuah piranti computer yang perlu digunakan bersama. Untuk kerjakan proses-proses tanpa banyak buang waktu luang dibuatlah proses berturut-turut (Batch Processing), hingga beberapa program dapat digerakkan dalam sebuah computer dengan aturan antrean.

Selanjutnya di tahun 1950-an saat tipe computer mulai tumbuh sampai terbentuknya super computer, karena itu sebuah computer harus layani beberapa lokasi yang ada (terminal), karena itu diketemukan ide distribusi proses berdasar saat yang dikenali bernama TSS (Time Share Sistem). Karena itu untuk pertamanya kali wujud jaringan (network) computer diterapkan.Pada mekanisme TSS beberapa terminal tersambung secara seri ke sebuah computer atau piranti yang lain yang tersambung pada suatu jaringan (host) computer.

Pada proses TSS mulai kelihatan kombinasi tehnologi computer dan tehnologi telekomunikasi yang sebelumnya berkembang masing-masing. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Proyeks Agen (DARPA) memilih untuk melangsungkan penelitian yang mempunyai tujuan untuk menyambungkan beberapa computer hingga membuat jaringan organik di tahun 1969. Program penelitian ini dikenali bernama ARPANET.Di tahun 1970, telah lebih dari 10 computer yang sukses disambungkan keduanya hingga mereka dapat sama-sama berbicara dan membuat sebuah jaringan. Dan di tahun 1970 itu sesudah beban tugas semakin bertambah banyak dan harga piranti computer besar mulai sangat terasa mahal, karena itu mulai dipakai ide proses distribusi (Distributed Processing).

Pada proses ini beberapa host computer kerjakan sebuah tugas besar secara paralel untuk layani beberapa terminal yang terhubung secara seri di tiap host computer. Pada proses distribusi telah mutlak dibutuhkan kombinasi yang dalam di antara tehnologi computer dan telekomunikasi, karena selainnya proses yang perlu dialokasikan, semua host computer harus layani terminal-terminalnya pada sebuah perintah dari computer pusat. Di kutip Dari (wikipedia).

Kategorisasi Jaringan Computer

Untuk Kategorisasi Jaringan Computer di tempat ini ada Beberapa ia antaranya ialah Berdasar Geografisnya. Jaringan Computer Terdiri jadi 3 yakni LAN (Local Tempat Network) di mana Lingkup jaringannya cuman satu lokal Misalnya Rumah menguanakan Wifi Dari Faksi ISP nach itu dapat di ngomong LAN. MAN (Metropolitan Tempat Network) Untuk yang ini Ialah Beberapa kumpulan LAN LAN sebagai Satu tetapi tetap dalam Satu LOKASI. Misalnya masih Pada sebuah cakupan Kantor Atau wilayah. WAN (Wide Tempat Network ) ialah Jarigana luar cakupanya ialah Wilayah Kota Sampai Negara. Ini umumnya disebut Internet. Berdasar Perannya Jaringan Computer, Jaringan Computer memiliki Beberapa Tipe salah satunya Client-Server dan Pear to Pear. Client-server itu ialah jaringan yang menyambungkan di antara Klien ke server umumnya ini dilakukan pada Pembagian akses internet atau File. Pear to Pear kalau ini sama juga seperti Face to face Memiliki arti Hubugan 2 klien yang berbedan ini sifaatnya privet. Umumnya untuk Bermain Games atau Share Data.

Berdasar Topologi Jarigan. Topologi jaringan ialah hal yang menerangkan jalinan geometris di antara beberapa unsur dasar penyusun jaringan, yakni node, link, dan station. Topologi jaringan bisa dipisah jadi 6 kelompok khusus berikut di bawah ini. Berikut Topologi Jaringan Computer Topologi bis, Topologi ring, Topologi Star, Topologi Mash, Topologi Tree, Topologi Hiraki Berdasar Distribusi Sumber Info/Data. Jaringan terkonsentrasi Jaringan ini terbagi dalam computer client dan pelayan yang mana computer client yang berfungssi sebagai mediator untuk terhubung sumber info/data yang dari satu computer pelayan.Jaringan terbagi Sebagai kombinasi beberapa jaringan terkonsentrasi hingga ada banyak computer pelayan yang sama-sama terkait dengan client membuat mekanisme jaringan tertentu. Berdasar Media Transmisi Data dalam masalah ini Media Transmisi data ada Beberapa Kabel dan Nirkabel. kalau Kabel yang umum di guanakan Ialah UTP, Fiber Optic dan Coaxial itu untuk media Kabel bila Nirkabel Seperti Wirelles/Wifi , Vsat dan lain-lain.

Osi Layer

Saat ISO (International Standar Organization) membuat standarisasi prosedur, karena itu terbentuklah sebuah standard mode rekomendasi yang berisi langkah kerja prosedur. Mode rekomendasi yang selanjutnya disebutkan dengan Open Sistem Interconnection (OSI). Berdasar document referensi X.200, standar OSI ini mempunyai 7 layer. Setiap layer ini mempunyai pengertian peranan yang lain.

Untuk ulasan lebih dalam kembali mengenai OSI layer keterangan bakal ada posting khusus yang mengulas lebih dalam kembali cuman berada di Javanetmedia.

Perkabelan Di Jaringan Computer

Jaringan computer ialah kelompok dua atau lebih dari computer yang sama-sama terkait keduanya. Produktifitas dan efektivitas sebagai wujud keuntungan yang kita bisa dari jaringan computer Sebagai Penyambung computer memungkinkannya penggunaan printer secara bersama, memungkinkannya pengkopian file antara PC. Nach Teori ini khusus untuk Mengetahu seorang Mekanik Jaringan Harus memahami dengan Kabel Yang perlu dipakai Terus Kekurangannya langkah Terminasi Dari tiap kabel Misalnya Terminasi Kabel UTP yang umum DI kerjakan oleh Orang ialah membuat Sususan straghtover Dan Crossover mereka harus memahami Keguanan tiap Pin Atau Kabel pada UTP beserta susuana warna untuk membikin Tipe di atas.

Untuk ulasan lebih dalam kembali mengenai Pengkabelan dan keterangan bakal ada posting khusus yang mengulas lebih dalam kembali cuman berada di Javanetmedia.

Subneting

Subnetting ialah proses merusak satu IP jaringan ke sub jaringan yang lebih kecil yang disebutkan "subnet." Tiap subnet deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan-sub fisik (umumnya jaringan berpindah dari host yang memiliki kandungan satu router-router dalam jaringan multi).

Umumnya dalam penghitungan subnetting semua tentu berkenaan sekitar Jumlah Subnet, Jumlah Host per Subnet, Block Subnet, dan Broadcast Address. Umumnya penulisan IP address ialah seperti 192.168.1.1 , tapi kadang ditulis 192.168.1.1/24 ,nach tentu ada tujuannya dari 192.168.1.1/24? Tujuannya ialah IP 192.168.1.1 dengan subnet mask 255.255.255.0 (1111111.11111111.11111111.00000000) atau 24 bit subnet mask berisi angka 1. Ide ini yang disebutkan dengan CIDR (Classless Inter-Domain Routing) yang dikenalkan pertama kalinya tahun 1992 oleh IEFT. Contoh dari Subnetting Dan Penghitunganya Akan Diulas di Post Subneting.

Post a Comment for "Pemahaman dan Pengetahuan Mengenai Jaringan Computer"