Pengertian Web Service beserta Manfaatnya

Pengertian Web Service

Istilah Web Service mungkin asing bagi sebagian orang namun sebenarnya kita sering menggunakan dalam aplikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari, Melalui tulisan mengenai  pengertian tentang pengertian beserta manfaatnya disertai dengan contoh 

Istilah web service disampaikan pertama kali oleh Hewlett-Packard e-Speak pada di tahun 1999 sebagai penyedia layanan internet. Kemudian pada tahun berikutnya Microsoft memperkenalkan layanan ini. 

Web service merupakan aplikasi yang berisi sekumpulan basis data (database) dan perangkat lunak (software) atau bagian dari program perangkat lunak yang diakses secara remote oleh aplikasi lain dengan perantara tertentu. 

Dengan menggunakan web service, kita dapat mengatasi permasalahan berupa interoperability dan mengintegrasikan sistem berbeda.

Web service memiliki ciri khusus berupa URL seperti layaknya web. Yang membedakan adalah interaksi yang diberikan oleh web service itu.

URL pada web service hanya mengandung sekumpulan informasi, perintah, dan sintaks yang berguna untuk membangun fungsi tertentu dari aplikasi.

Web service dapat menukar data tanpa memandang sumber database, bahasa pemrograman yang digunakan, dan pada platform apa data tersebut dikonsumsi. 

Kemampuan itulah yang memungkinkan web service menjadi jembatan penghubung untuk berbagai sistem.

Sebagai contohnya saat pengguna ingin mengetikkan alamat URL dari website untuk melakukan request pada layanan yang tersedia dari website tersebut. Lalu sampailah permintaan tersebut ke server yang dituju. 

Kemudian dengan sesegera mungkin server akan memberikan respon yang dapat disajikan menjadi laman web. Inilah hubungan antara client dan server yang umumnya terjadi pada sebuah website.

Sedangkan pada web service, hubungan antara client dan server dijembatani oleh berkas web service dengan format tertentu. Sehingga akses database tidak ditangani secara langsung ke server, melainkan melewati perantara web service terlebih dahulu.

Interoperabilitas

Web service memberikan layanan berupa koneksi antar aplikasi untuk berbicara, serta berbagi data dan layanan. Aplikasi lain bisa menggunakan layanan web, seperti VB atau .NET yang dapat berbicara ke layanan web Java dan sebaliknya. Sistem ini biasa digunakan untuk membuat sebuah platform aplikasi dan teknologi independen.

Interoperabilitas sendiri memiliki definisi berupa kapabilitas dari sebuah sistem yang antar mukanya diungkapkan sepenuhnya. Untuk berinteraksi dan berfungsi dengan produk atau sistem lain, kini atau di masa mendatang tanpa batasan akses atau implementasi.

Protokol Standar

Web service adalah sebuah layanan web yang memiliki standar industri dan komunikasi. Layanan transportasi, pesan XML, Deskripsi Layanan, dan Service Discovery Layer telah menggunakan protokol yang didefinisikan dengan baik oleh protocol stack layanan web. 

Standarisasi protocol stack sendiri memberikan keuntungan seperti pengurangan biaya karena kompetisi dan meningkatkan kualitas suatu bisnis.

Komunikasi Biaya Rendah

Web services yang menggunakan mekanisme SOAP pada protokolnya di HTTP, akan memberikan efek penggunaan internet murah. Selain SOAP, web services juga bisa diterapkan pada mekanisme reliable transport seperti FTP.

Memperlihatkan Fungsi pada Jaringan Web service memungkinkan unit kode yang terkelola dapat digunakan secara remote dalam pemanggilan HTTP. Sistem tersebut dapat diaktifkan dengan melakukan request melalui HTTP.  Web services juga memungkinkan pengguna untuk mengekspos suatu kode yang ada melalui jaringan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Web Service beserta Manfaatnya"