Belajar Data Science Menggunakan Python

Data science merupakan sebuah bahasan yang sangat populer saat ini. Banyak industri besar yang mulai merekrut para data scientists, data scientists adalah sebutan untuk berprofesi didunia data science. bahkan saat ini banyak perusahaan yang menawarkan gaji yang lumayan besar untuk profesi ini, bahkan berada di urutan lima pekerjaan gaji paling tinggi di Eropa.

Saat ini dunia sudah beralih menjadi serba terbuka (online), sehingga kita dapat dengan mudah mengakses banyak informasi melalui jaringan internet. Informasi yang bersifat pribadi juga sangat mudah diakses oleh siapa saja terlebih lagi dengan adanya media sosial banyak orang dengan sukarela mempublikasikan data yang bersifat pribadi. dengan munculnya kecerdasan buatan (artificial inteligence) menjadikan pengambilan informasi bersifat otomatis dan sangat cepat. saat ini kita memasuki sebuah era yang disebut dengan istilah Industry 4.0 atau Society 5.0.

Konsep dari industry 4.0 atau society 5.0 adalah membuat segala sesuatu berjalan secara otomatis, dan saling terintegrasi antara satu entitas (alat komunikasi, tools, mesin-mesin) sehingga membuat proses bisnis menjadi sangat efisien dan efektif. Hal ini memunculkan masalah baru, di mana data yang dihasilkan dari interaksi antar beberapa entitas tadi menjadi sangatlah besar dan beragam. Diperlukan banyak sekali mereka yang ahli mengolah data berukuran raksasa ini, dan tentunya bisa menginterpretasikan informasi yang tersimpan di dalamnya (insights). Oleh karena itu, mulailah data science menjadi sebuah topik yang terus diperbincangkan dan dipelajari oleh banyak orang. Untuk menguasai data science maka perlu mempelajari berbagai keilmuan, antara lain:
  • Matematika
  • Statistik
  • Programming
Pada dasarnya data science adalah keilmuan statistik, dan istilah data science ini juga muncul di akhir-akhir ini. Statisticians (ahli statistik) bisa saja disebut sebagai data scientists. Hanya saja yang membuatnya populer saat ini adalah mudahnya mengoperasikan dan membuatnya laporannya dengan menggunakan komputer, dan software yang paling populer adalah R dan Python.

Di sini kita akan belajar bersama-sama segala sesuatu tentang dunia data science menggunakan bahasa pemrograman Python. Mulai dari pengertian, teori hingga aplikasi nyata di lapangan. Tentu saya harap pembaca tidak hanya mengerti tapi pembelajaran ini bisa memberikan kemampuan baru yang bisa meningkatkan kualitas maupun kemampuan anaytics pembaca, baik di dunia nyata hingga ke pekerjaan profesional. berikut adalah sejarah bahasa pemrograman python

Posting Komentar untuk "Belajar Data Science Menggunakan Python"