Cara Buat Email Baru di Gmail pada PC

Rasanya saat ini hampir semua orang memiliki akun email untuk kebutuhan surat menyurat pada perangkat digital, Salah satu platform yang sangat terkenal dan banyak digunakan saat ini yang tersedia secara gratis  adalah Gmail. Sebagai anak perusahaan Google, Gmail bisa dibuat oleh siapapun dan bahkan sudah menjadi kewajiban bagi anda yang menggunakan ponsel berbasis android untuk memiliki akun Gmail agar bisa menggunakan perangkat tersebut.

Saat Gmail pertama kali diperkenalkan, perkembangannya terbatas hanya dengan mengizinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka untuk membuat akun Gmail. Hal ini terjadi agar Gmail dapat mempertahankan reputasinya yang elit serta membatasi pertumbuhan. Sistem undangan terbatas secara resmi berakhir pada 14 Februari 2007. Seketika Gmail menjadi salah satu layanan email terpopuler. Tidak seperti kompetitornya, Gmail tidak memasang iklan pada pesan atau menambahkan sesuatu pada surat Anda. Iklan yang ada dihasilkan komputer, bukan sengaja ditempatkan oleh pihak Gmail. Bahkan tidak ada iklan apapun jika Anda membuka Gmail pada HP Anda.

Fungsi Email

Lalu, apa saja fungsi dari memiliki sebuah email dari kegiatan kita sehari-hari?

Mengirim dan Menerima Pesan

Fungsi email yang pertama dan paling umum adalah berguna untuk mengirim dan menerma email dari orang lain dimanapun mereka berada. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Namun, untuk bisa merasakan kecepatan dalam berkirim pesan dengan menggunakan email, kamu memerlukan koneksi internet yang cepat. Hal ini diperlukan baik untuk pengirim atau penerima email.

Melalui email, kamu bisa mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan, baik itu foto, video, teks, dan lain sebagainya. Untuk mengirimkan semua ini melalui email, kamu bisa menggunakan atau menambahkannya dalam lampiran (attachment) pada email.

Berguna untuk Mendaftarkan Diri di Media Sosial

Fungsi email selanjutnya adalah untuk mendaftarkan diri kamu apabila ingin bergabung pada beberapa media sosial yang ada. Ya, sebagian besar layanan media sosial atau website hampir semuanya membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivasi di website tersebut.

Misalnya saja untuk situs media sosial, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya yang menharuskan kamu mendaftarkan akun dengan menggunakan email.

Email sebagai Media Pemasaran

Bukan menjadi fungsi email yang terakhir, namun fungsi email yang satu ini bisa juga kamu gunakan untuk pemasaran online. Kebanyakan pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualnnya.

Pemasaran yang dilakukan melalui email ini merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Namun hingga kini email marketing masih termasuk ke dalam jenis pemasaran online yang sangat efektif.

Ada banyak platform penyedia layanan email yang bisa kamu akses dan gunakan dengan mudahnya. Salah satu contohnya adalah Gmail yang dimiliki oleh Google. Kamu bisa mendaftar atau membuat email di Gmail secara gratis. Berikut cara membuat akun baru Gmail dengan menggunakan perangkat komputer:

  • Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser kamu.

Cara Buat Email Baru di Gmail pada PC

  • Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.
  • Isi data diri kamu dengan lengkap.

  • Cara Buat Email Baru di Gmail pada PC

  • Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username.
  • Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka atau tanda lainnya.
  • Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
  • Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.
  • Kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Posting Komentar untuk "Cara Buat Email Baru di Gmail pada PC"