Skip to main content

Perbedaan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer

Sebagian dari mahasiswa atau calon mahasiswa terkadang masih bingung membedakan antara ilmu komputer dan teknik komputer dikarenakan beberapa kampus terdapat pilihan jurusan yang sama-sama berkaitan dengan komputer. apa perbedaan dari kedua jurusan tersebut, berikut adalah perbedaan dari Teknik Komputer dan Ilmu Komputer

Teknik Komputer 

Bagi yang belum mengetahui jurusan ini biasanya Teknik Komputer biasanya sering salah paham, mereka beranggapan bahwa dengan masuk jurusan teknik komputer berarti akan belajar merakit sebuah laptop atau komputer, sebenarnya aanggapan tersebut tidak sepenuhnya bisa disalahkan,karena mahasiswa pada jurusan ini memang belajar Teknik Elektro namun dalam porsi yang sedikit sebenarnya Jurusan ini lebih banyak bergulat dengan chip dari komputer tersebut, hardware yang dipelajari lebih banyak berkaitan dengan processor dan microcontroller pada pada jurusan ini kamu juga akan belajar cara memprogram hardware tersebut.

Pada jurusan ini Sistem pendidikannya lebih menganut kepada pendekatan rekayasa atau terapan /Engineering daripada secara ilmiah/science. Makanya sering juga disebut dengan disebut Computer Engineering, sedangkan untuk jurusan ilmu Komputer disebut juga dengan Computer Science.

karena Teknik Komputer lebih cenderung terhadap penerapan daripada teori. Skripsi yang dilakukan untuk mahasiswa jurusan ini seringkali membuat chip atau aplikasi.

Sedangkan pada Jurusan Ilmu Komputer biasanya mempelajari prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk pengembangan, desain, pengujian perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Ilmu Komputer

Pada Ilmu Komputer sering terlibat dalam membuat desain dan mengembangkan berbagai jenis aplikasi dan perangkat lunak, misalnya membuat aplikasi bisnis, Games, jaringan distribusi, dan compiler.

Tahapan yang dilakukan pada Ilmu komputer dimulai dari analisa kebutuhan pengguna, perancangan dan pengujian, serta mengembangkan software untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Biasanya pembuatan Skripsi dari jurusan Ilmu Komputer diperbolehkan untuk membahas sebuah teori/algoritma atau bersifat analisa tertentu tanpa harus membuat aplikasinya tapi diperbolehkan juga jika membuat aplikasi seperti yang disebutkan di atas.

Sebenarnya pada kedua jurusan ini memiliki mata kuliah yang hampir sama. Tetapi memiliki karir dan tujuan yang berbeda. Terjadi perbedaan bobot pada matakuliah masing-masing, sehingga keahlian mereka juga lebih fokus pada tujuannya dari jurusan masing-masing.

Pada Teknik Komputer harapan nya adalah dapat menghasilkan lulusan yang mampu membuat mendesain dan melakukan implementasi integrasi sistem baik dari segi software ataupun Hardware. sedangkan Ilmu Komputer harapan nya adalah menghasilkan lulusan dengan dengan ilmu dan kemampuan yang cukup luas seperti penguasaan teori dan pengembangan software.

Jurusan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer sangat cocok untuk kamu yang memiliki karakter seperti Tertarik dengan perkembangan dunia teknologi komputer baik software atau Hardware, Senang menganalisa, Punya kemampuan Matematika yang baik, teliti, problem solving.

Kesempatan Kerja

Dengan berkembangan nya era IOT (Internet of Things), pemanfaatan komputer menjadi sangat menarik. Saat ini banyak perusahaan startup di dalam dan luar negeri saling bersaing membuat perangkat yang unik. Dan Tentunya level pembuatan software dan Hardware nya juga semakin sulit. Oleh sebab itu, kesempatan dan prospek kerja jurusan komputer sangatlah tinggi.

Lulusan pada Teknik Sistem Komputer dapat berkarir sebagai Progammer, ahli Embedded System Engineer, Robotic Engineer, Computer Analyst, Industrial Engineer, Database Administrator (DBA) dan Network Administrator

Lulusan Ilmu Komputer biasanya bekerja pada sebuah organisasi dan melakukan kordinasi dengan setiap departemen untuk mengembangkan dan memberikan arahan teknis mengenai misalnya; sistem inventori, sistem billing , Sistem ordering , HR dan sistem payroll.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar