Skip to main content

Peluang Kerja Program Studi Teknik Komputer

Saat ini Kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu program studi yang paling banyak diminati yaitu Teknik Komputer, Prodi (Program studi) yang menduduki peringkat tertinggi diberbagai kampus / universitas 

Dengan jumlah peminat ribuan pada jalur SBMPTN , tentunya persaingan pada program studi yang tersebut bisa dibilang berat , tapi perlu diketahui alasan kenapa prodi ini sangat diminati? jawabannya yaitu karena kesempatan bekerja / karier yang lebih terbuka secara luas setelah lulus kuliah . berikut adalah kesempatan kerja pada prodi ini. 

Teknisi Komputer 

pada bidang ini kerjanya dibagi menjadi empat jenis yaitu teknisi komputer yang bertuhas memperbaiki dan memeriksa bagian pada komputer dan peralatan yang rusak, Teknisi komputer yang bertugas dalam hal jaringan, pekerjaan ini biasanya memantau jaringan, instalasi software, dan mengelola server. 

Programmer 

Programmer dituntut agar dapat mendalami berbagai bidang karena ada banyak sekali spesialisasi pada bidang ini. Bidang spesialisasi dalam pembuatan program bergantung pada aplikasi apakah untuk aplikasi desktop, website ataupun mobile programming. 

Jika ingin menjadi seorang programmer, kamu mesti mampu melakukan novasi dan selalu mengasah kemampuan dan kreativitas karena dengan carai itulah kamu bisa mengembangkan dan membuat penemuan baru dari produk yang dibutuhkan 

Freelancer 

freelancer atau disebut juga pekerja lepas dapt menjadi salah satu pilihan kebanyakan orang, terutama bagi anak-anak muda. Dengan memiliki sertifikat.ijazah Teknik Komputer, kamu dapat menjadi seorang Freelancer. Menjadi seorang freelancer sebenarnya tidak berbeda dengan programmer. Kamu akan selalu berurusan dengan pembuatan suatu program aplikasi . tetapi , sebagai pekerja lepas kamu dapat membuat/mambuka layanan jasa bagi pengadaan aplikasi atau program. 

Wiraswasta 

lulusan Teknik Komputer dapat membuat sebuah usaha mandiri dengan membuat atau mengembangkan produk harsdware ataupun Software, selain itu dapat juga menjadi sebagai penyedia jasa layanan internet. yang paling banyak diminati sekarang ini adalah bidang Internet Marketing, yaitu dengan pemasaran melalui internet seseorang akan banyak mendapatkan uang. 

Akademisi 

Bidang ini sebaiknya bagi kamu yang lebih gemar menjadi guru/pendidik. Untuk sarjana (S1) masih memungkinkan untuk menjadi seorang akademisi,namun pada di tingkat atas seperti universitas, kamu harus melanjutkan terlebih dahulu jenjang S2 atau S3. Menjadi seorang akademisi dapat juga membuka peluang menjadi seorang peneliti. 

Birokrat 

Atau biasa kita sebut sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS, mahasiswa lulusan ini juga punya peluang untuk bergabung dengan instansi pemerintah. Mahasiswa Lulusan Teknik Komputer pada instansi pemerintah mesti siap untuk mengabdi di daerah, di pusat,ataupun lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah. 

Konsultan IT 

Dengan Mejadi seorang Konsultan IT kamu harus ahli terlebih dahulu di bidang IT karena akan berperan sebagai orang yang harus dapat dan mampu untuk memberikan solusi serta masukan tentang bidang informatika. Tidak hanya itu,dengan menjadi konsultan diharapkan juga dapat menyediakan pelatihan jika instanasi membutuhkannya, dengan tujuan untuk menunjang dan menigkatkan kinerja pada suatu perusahaan. 

Badan Usaha Milik Negara 

Menjadi pagawai BUMN juga terbuka bagi lulusan ini, khususnya di Perusahaan seperti Telkom, LPLN, Pertamina dan lainnya. Sampai degan sekarang, sangat banyak lulusan dari Teknik komputer yang bekerja di BUMN. 

Demikianlah ulasan mengenai kesempatan kerja bagi lulusan prodi Teknik Komputer. Semoga bermanfaat 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar