Skip to main content

Cara Menggunakan Prosedur dan Fungsi pada VB.Net


CARA MEMBUAT PROSEDUR PADA VB.NET

Prosedur pada VB.NET memiliki peran yang sangat penting ketika membangun sebuah aplikasi, karena sejatinya kode yang dieksekusi oleh compiler berada didalam prosedur didalam prosedur juga kita bisa memanggil fungsi yang kita buat atau fungsi bawaan dari VB.Net.  Sebuah prosedur biasanya melakukan  suatu kegiatan tertentu sesuai dengan coding atau algoritma yang dibuat oleh programmer. prosedur tidak mengembalikan nilai tertentu berbeda dengan fungsi yang dapat mengembalikan sebuah nilai. 

prosedur pada VB.Net pada biasanya ditulis di antara coding Private Sub dan End Sub atau Public Sub dan End Sub. Contohnya: 
Private Sub hitung_denda()
Dim jumlah As Double
Dim denda As Long
Dim bayar As Long
denda = bayar * (1 + jumlah)
End Sub
Seperti telah dijelaskan diatas bahwa sebuah prosedur, selain dapat bersifat private, juga dapat bersifat public. Prosedur yang bersifat private hanya dapat diakses oleh kode yang berada dalam satu class. Sementara prosedur yang bersifat public dapat dipanggil lintas class. Contoh prosedur yang bersifat public adalah: 

  Public Sub hitung_denda()  
  Dim jumlah As Double
  Dim denda As Long
  Dim bayar As Long
  denda = bayar * (1 + jumlah)
  End Sub
  
Untuk memanggil sebuah prosedur, programmer dapat menggunakan perintah Call nama prosedur atau dapat juga dengan menyebutkan nama  prosedurnya saja (tanpa menggunakan Call). 

   Private Sub Perbankan()
        'Memanggil Fungsi untuk Menghitung Bunga
        Call hitung_denda()
    End Sub
  
Jika prosedur tersebut berada di dalam  Class,Module dan Form lain maka kita bisa memanggil dengan menyebutkan nama Class kemudian tuliskan nama prosedurnya. Contohnya adalah: 
 Private Sub panggil_fungsi()
     'Memanggil prosedur hitung_pajak() yang terletak di Form2 
     Call Form2.hitung_pajak()
 End Sub

CARA MEMBUAT FUNGSI PADA VB.NET

Penggunaan prosedur hampir sama dengan fungsi dan kegunaannya pun hampir sama, yaitu dapat melakukan perintah berdasarkan algoritma tertentu. degan adanya penggunaan fungsi dan prosedur menjadikan kegiatan programming menjadi lebih fleksibel dan menarik, penggunaan fungsi dan prosedur juga dapat memudahkan  programmer dapat membuat kode program yang lebih modular. 

Perbedaan yang mencolok antara fungsi dan program kita lihat dari penulisan coding yaitu terletak pada nilai kembali (return) jika terdapat keyword return berarti coding tersebut merupakan fungsi tetapi sebaliknya jika tidak mengembalikan nilai maka dibamakan prosedur, contoh fungsi mengembalikan nilai (return value) : 
   Function hitung_tabungan (ByVal bunga As Double, ByVal pokok As Long) As Long
        Dim hasil As Long
        hasil = pokok + (1 + bunga)
        Return hasil
    End Function 
  
contoh diatas terdapat sebuah fungsi dengan bana hitung_tabungan, pada fungsi tersebut terdapat dua buah parameter dengan nama variabel bunga dengan tipe data Double dan pokok dengan tipe data Long Pemanggilan fungsi, sama seperti pemanggilan prosedur, kita bisa panggil dengan perintah Call kemudian dilanjutkan dengan nama fungsinya  atau kita juga bisa langsung mengetikkan nama fungsinya (tanpa Call). 
    Private Sub panggil()
        'Menghitung nilai hitung_tabungan 
        Call hitung_tabungan(0.1, 100000)
    End Sub
  
Sama seperti prosedur, jika fungsinya berada pada tempat yang terpisah misalkan pada  Form, Module atau Class lain (file lain) maka kita bisa memanggilnya dengan menuliskan nama Class/modul/form yang akan dituju kemudian tuliskan nama fungsinya. Contoh: 
    Private Sub Bank()
        'Menghitung nilai hasil Call Form2.
        Hitung.tabungan(0.1, 100000)
    End Sub 
    
sekian pembahasan mengenai Cara Menggunakan Prosedur dan Fungsi pada VB.Net, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar