Cara menambahkan Modul dan class pada VB.Net menggunakan visual studio

Cara menambahkan Modul vb.net, menambah module vb.net dan class pada vb.net menggunakan visual studio, belajar vb.net, tutorial vb.net,visual studio

Menambahkan Modul

Modul merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat untuk mendeklarasikan fungsi atau sebagai tempat untuk mendeklarasikan variabel. 

Sebuah modul adalah file executable yang bersifat portabel dan mampu digunakan ulang yang biasanya bertipe .dll atau .exe. Satu modul bisa mengandung beberapa class, namespace atau interface. 

Modul sebenarnya dapat ditambahkan dengan cara yang sama seperti penambahan item baru. Namun, oleh karena hal ini sering sekali dilakukan maka VB.NET memberikan menu tersendiri untuk menambah modul. 
Caranya: 
  1. Tekan menu Project » Add Module.
  2. Isikan nama modul di jendela Add New Items dan tekan tombol Add. 
    Cara menambahkan Modul dan class pada VB.Net menggunakan visual studio

Menambahkan Class

Class adalah objek vang sangat penting dalam pemrograman berorientasi objek. Class merupakan abstraksi sebuah objek. Dari sebuah class, Anda dapat membuat objek-objek sehingga dikatakan bahwa objek adalah bagian dan sebuah Class. 

Jika Class dimisalkan sebagai sebuah resep masakan maka Objek merupakan masakan yang sudah jadi. seperti Nasi Goreng. Pisang Goreng dan lainnya. 

Dalam pemrograman berorientasi objek. Class memiliki properties dan methods. Properties adalah sifat-sifat vang diemban oleh Class. 

sementara methods adalah hal-hal yang dapat dilakukan oleh Class. VB.NET mengizinkan Anda untuk membuat Class sendiri jika Class yang telah disediakan belum cukup untuk menangani kebutuhan pemrograman Anda. 

Sama seperti Module. penambahan Class bisa dilakukan dengan fungsi Add New Items biasa. 

Akan tetapi. oleh karena sering dilakukan maka VB.NET memungkinkan Anda menambahkan Class baru dengan menggunakan cara berikut: 
  1. Tekan menu Project » Add Class 
  2. Setelah muncul jendela dialog Add New Items. Anda dapat mengisikan nama Class yang akan dibuat.
Cara menambahkan Modul dan class pada VB.Net menggunakan visual studio