Skip to main content

Cara melindungi WhatsApp agar tetap aman

Berdarsarkan data dari Google Play store pengguna WhatsApp saat ini telah mencapai 5m orang di seisi dunia ini. 

Sudah saatnya kita harus mulai waspada,karena semakin banyak pengguna suatu aplikasi maka akan menjadi sebuah kesempatan besar bagi orang untuk melakukan kejahatan atau melakukan sesuatu yang tidak bertanggung jawab.

akhir-akhir ini sangat ramai informasi mengenai akun WhatsApp yang kena hack, berbagai motif kejahatan seperti penipuan tersebar terhadap kontak yang ada di akun WhatsApp tersebut.

Apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut?

Mengubah Kunci smartphone secara berkala.

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan memberikan kunci terhadap smartphone agar orang lain tidak mudah masuk.

Ubah kunci tersebut secara berkala dan memberikan kunci yang unik, kunci yang baik harus tidak mudah ditebak, hindari menggunakan kunci seperti tanggal lahir, atau tanggal-tanggal yang mudah diketahui orang lain.

Verifikasi Dua arah (Two-Step Verification)

Dari web resmi nya WhatsApp menjelaskan bahwa fitur Two-Step Verification bahwa fitur ini dapat di disable atau enable kan, agat WhatsApp kamu tetap aman, sebaik-baiknya aktif kan fitur ini, dengan mengaktifkan fitur ini kamu akan diminta untuk memasukkan 6 digit pin sebagai keamanan tambahan.

Selain itu siapkan email untuk jaga-jaga seandainya kamu lupa pin yang sudah diisi agar bisa di reset.  

Langkah-lanhkag untuk mengaktifkan fitur ini tidak susah, kamu dapat langsung membuka aplikasi WhatsApp -> Settings -> Account -> Two-Step Verification.

Enkripsi End-to-End

Selain menggunakan fitur diatas kamu juga dapat mengaktifkan fitur Enkrpisi End-to-end 

Pengguna Enkrpisi ini berguna untuk memastikan bawha isi obrolan telah dilakukan enkripsi sehingga tidak akan bisa dibuka oleh pihak lain.  Yang bisa buka obrolan WhatsApp hanya kamu dan teman yang sudah sama-sama mengaktifkan Enkrpisi.

Kita bisa memeriksa status enkripsi dengan cara  pilih kontak yang ingin dilihat -> scroll layar hingga menemukan menu "Enkripsi" -> kemudian klik setelah itu akan 40 kode angka dan kode QR.

Jika kode yang muncul di layar kamu kamu dan temanmu sudah sama, berarti sudah dapat dipastikan bahwa pesan tersebut telah dienkripsi.

Hindari Klik Link yang tidak diketahui

Banyak macam cara yang dilakukan oleh hacker untuk mencuri data korban, salah satunya menyebarkan link palsu metode semacam ini disebut dengan phising.

jika kita sudah menjadi korban pishing tidak hanya WhatsApp saja yang dapat dibajak hacker tetapi semua akun kita dapat dicuri termasuk akun internet banking bahkan mereka dapat mengakses komputer melalui jaringan.

Oleh karena itu jangan asal klik link yang tidak anda ketahui, motif nya banyak dari link tersebut bisa berupa registrasi palsu ke suatu website, atau ketika di klik meminta akses terhadap Komputer atau smartphone. Periksa keaslian dari link tersebut dengan melihat url atau website aslinya.

Mengaktifkan pemberitahuan/Notifikasi Keamanan

Aktifkan notifikasi keamanan yang ada di aplikasi WhatsApp, ketika kamu mengaktifkan notifikasi WhatsApp akan memberikan pesan ketika ada yang mau masuk secara ilegal.

Itulah beberapa Cara melindungi WhatsApp agar tetap aman.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar