Skip to main content

Belajar VB.Net : Mengenal Objek Textbox Pada Toolbox Visual Studio

Objek-objek toolbox yang merupakan class dari NET Framework adalah komponen-komponen penyusun program. Mengetahui perilaku objek merupakan hal yang harus dilakukan. 

Textbox terletak di Namespace: System.Windows.Form. Komponen Textbox itu sendiri berada pada Toolbox, cara memanggilnya kita dapat tarik lepas (drag and drop) kedalam form.

Belajar VB.Net : Mengenal Objek Textbox Pada Toolbox Visual Studio

Beberapa properti Publik dari Textbox yang paling penting pada objek Textbox VB.Net :

Belajar VB.Net : Mengenal Objek Textbox Pada Toolbox Visual Studio
  1. Name, Menentukan dan mengembalikan nama dari textbox yang dipilih.
  2. Alignment, Menentukan dan mengembalikan nilai yang digunakan. Kondisi aslinya tidak ditentukan.
  3. BackColor,Menentukan dan mengembalikan nilai warna background dari Textbox. Nilai aslinya tidak diset atau dengan kata lain dikembalikan kepada setting dari Windows.
  4. Font,Menentukan dan mengembalikan informasi mengenai font yang digunakan di Textbox yang bersangkutan.
  5. ForeColor, Menentukan dan mengembalikan nilai dari warna foreground (depan) Textbox yang digunakan.
  6. Numeric,Mengindikasikan apakah input dari textbox tersebut harus numerik atau dengan kata lain harus berupa angka. Nilai aslinya adalah False.
  7. Password, Mengindikasikan apakah textbox tersebut akan diperlakukan seperti Password sehingga jika diberi masukan akan berupa karakter tertentu. Umumnya berupa karakter bintang/asterisk (“).
  8. Text, Menentukan atau mengembalikan nilai teks yang ada/diisikan pada Textbox yang bersangkutan.
  9. Visible, Menentukan dan mengembalikan nilai boolean apakah objek Textbox tersebut dapat dimunculkan (visible) atau disembunyikan tidak terlihat.
  10. MultiLine, Menentukan dan mengembalikan nilai boolean apakah textbox tersebut mampu menampilkan teks dalam jumlah baris yang lebih dari satu. Nilai aslinya adalah False.
  11. AcceptsTab, Menentukan dan mengembalikan nilai boolean bagaimana sikap TextBox dalam menerima penekanan tombol Tab di keyboard. Jika diset True maka penekanan Tab di TextBox akan menyebabkan adanya spasi Tab pada baris tersebut. Sementara Jika bernilai False, penekanan tombol Tab akan menyebabkan fokus dari objek TextBox berpindah ke objek lainnya yang memiliki Tab Order lebih tinggi.
  12. AcceptsReturn,Menentukan dan mengembalikan nilai boolean bagaimana Sikap TextBox dalam menerima tombol Enter di keyboard. Jika bernilai True maka penekanan tombol Enter pada TextBox Multiline akan menyebabkan terbentuknya baris baru.
  13. MaxLength, Menentukan dan mengembalikan nilai integer panjang maksimald darikarakter yang dapat ditampilkan di TextBox. Nilai aslinya adalah 32.767.
  14. ReadOnly,Menentukan dan mengembalikan nilai boolean apakah TextBox yang bersangkutan hanya dapat dilihat tanpa bisa diedit atau tidak demikian.
  15. Locked,Menentukan dan mengembalikan nilai boolean apakah TextBox dapat dipindah atau diubah ukurannya (resize) ketika di tahap design. Nilai aslinya adalah False.
  16. Lines,Di TextBox yang bersifat Multiline, Anda dapat mengakses line tertentu saja untuk kemudian diambil properti Text-nya. Properti ini hanya bersifat Read-Only.
  17. SelectionStart,Menentukan dan mengembalikan nilai integer yang mengacu kepada titik pertama awal karakter teks yang dipilih relatif terhadap titik awal (titik nol) objek kontrol TextBox.
  18. SelectionLength,Menentukan dan mengembalikan nilai panjang karakter yang dipilih. Titik awal karakter yang dipilih didefinisikan oleh SelectionStart.

demikian pembahasan menenai sebuah komponen / objek Textbox VB.Net Pada Toolbox Visual Studio

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar