Skip to main content

Tipe Data pada Bahasa C

Variabel,  konstanta  dan  tipe  data  merupakan  tiga  hal  yang  akan  selalu  kita  jumpai  ketika  kita membuat  program.  Bahasa  pemrograman  apapun  dari  yang  paling  sederhana  sampai  yang paling  kompleks,  mengharuskan  kita  untuk  mengerti  ketiga  hal  tersebut.

Pengertian Tipe Data

Tipe  data  adalah  jenis  data  yang  dapat  diolah  oleh  komputer  untuk  memenuhi  kebutuhan dalam  pemrograman  komputer. Setiap  variabel  atau  konstanta  yang  ada  dalam  kode  program,  sebaiknya  kita  tentukan dengan  pasti  tipe  datanya.  

Ketepatan  pemilihan  tipe  data  pada  variabel  atau  konstanta  akan sangat  menentukan  pemakaian  sumberdaya  komputer  (terutama  memori  komputer).  Salah satu  tugas  penting  seorang  programmer  adalah  memilih  tipe  data  yang  sesuai  untuk menghasilkan  program  yang  efisien  dan  berkinerja  tinggi. 

Ada banyak tipe  data  yang  tersedia  tergantung  jenis  bahasa  pemrograman  yang  dipakai. Namun  secara  umum dapat dikelompokkan  seperti  pada  Gambar  dibawah  ini :



Jenis Tipe Data

  1. data primitive adalah tipe datay tersedia secara langsung pada suatu bahasa pemrograman. 
  2. Tipe data composite adalah tipe data bentukan yang terdiri dari dua atau lebih tipe data primitive.  

Tipe data numeric 

Tipe data numeric digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk bilangan atau angka. 

Semua bahasa pemrograman menyediakan tipe data numeric, hanya berbeda dalam jenis numeric yang diakomodasi.  Jenis yang termasuk dalam tipe data numeric antara lain : 

  1. integer (bilangan bulat)
  2. float (bilangan pecahan). 
  3. Single adalah tipe data untuk bilangan pecahan dengan presisi yang terbatas  
  4. Double adalah tipe data untuk bilangan pecahan dengan presisi yang lebih akurat.  
Penentuan tipe data numeric untuk suatu variabel/konstanta harus sangat berhati-hati. Manual dan petunjuk pada masing-masing bahasa pemrograman pada bagian tipe data harus diperhatikan dengan seksama.  


Tipe Data Tambahan, yang dimiliki oleh Bahasa C/C++, adalah : Unsigned digunakan bila data yang digunakan hanya data yang positif saja Tipe Data Tambahan 





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar