Skip to main content

Review Realme 7i

Halo kali ini kita akan review smartphone realme 7i smartphone ini diluncurin bareng Realme 7 ya teman, dan hasil review dari Realme 7 ini hasilnya positif banget, recommended buat harga 4 jutaan. tapi yang akan kita bahas sekarang adalah versi Realmi 7i, dia posisinya ada di bawah 7, pasti langsung keliatan lah dari harganya yang 3,2 juta bedanya hampir sejuta, lumayan jauh.  

Selisih kualitas yang kita dapetin dari HP ini juga, buat saya berasa jauh dari Realme 7. Banyak yang dikurangin, sampe saya mikir, strategi Realme tuh kayak gimana sih? Kenapa ngga fokus di Realme 7 aja? Terus segmen harga 3 jutanya ditanganin oleh Realme 6, HP bagus yang baru aja diluncurin setengah taun yang lalu. Kalo dipikir2, alesannya karena stock Realme 6 udah nipis kali, mungkin saking lakunya, jadi harus ada yang baru, successor lah istilah kerennya. 

Tapi balik lagi sih, kenapa harus repot mikirin buat bikin HP baru yang harganya sama, tapi kualitasnya gak bisa nerusin yang lama itu? Mungkin Anda penasaran ya, kenapa saya sampe bilang kayak gitu dari tadi? Kita mulai dari alesan yang paling simpel aja deh, langsung tembak ke bagian chipsetnya.

Chipset

Bagian yang biasanya paling diandelin Realme. Di Realme 7i ini, dia pakenya chipset Snapdragon 662, ini chipset yang levelnya lumayan mirip sama SnapDragon 665 yang biasanya bisa kita temuin di HP 2 jutaan, kayak Realme 5 contohnya. Beda keduanya ada di mana, antara 662 sama 665? Em.. kalo dibandingin, 662 ini kayak versi updatenya lah dari 665. Umurnya lebih muda, lebih fresh, lebih baru, karena diluncurinnya di awal 2020 ini, kalo si 665 kan diluncurinnya di 2019. Si 662 juga dapetin beberapa upgrade fitur, kayak di bagian konektivitas, dia udah WiFi 6 ready, terus udah dukung gambar yang efisiensinya tinggi, dan yang lain-lain ngga terlalu berasa kalo kita pakai 

Soal performanya yang ternyata beda tipis kalo dibandingin sama 665. intinya kedua chipset itu 11/12 lah, ya jadi ngga heran lah kalo saya anggep Realme 7i ini harganya masih bisa dinego lah kalo misalnya ada 1 barang harganya 3 juta, dan kualitasnya mirip dengan barang yg harganya 2 juta.kemungkinannya cuma ada 2 kan, antara yang 2 juta itu terlalu murah atau yang 3 juta terlalu offside "Tapi kan, kalo ngenilai HP itu kan ga dari chipsetnya doang, bagian lain gimana?" Yup, ngenilai HP ga cuma soal chipset doang. Tapi, ini kan kita lagi bahas Realme, yang biasa kenceng banget soal mesin, jadi kali ini agak aneh aja.

Resulosi

Terus pas saya lanjut ngeliatin layar HP ini, sebenernya saya seneng sih Realme 7i ini udah ngedukung refresh rate 90Hz, tapi entah kenapa, Realme mutusin untuk dampingin layar yang kenceng dan mulus itu pake resolusi yang sekadar cukup aja, HD+, Ini lumayan kerasa jomplang dari Realme seri angka sebelumnya layarnya sama2 90Hz, ukurannya sama2 6,5 inci, tapi resolusi yang kemaren bisa Full HD+ Masih bingung sampe sekarang.

Mungkin resolusi yang diturunin tadi bisa bikin performanya tambah enteng kali ya biar beban chipsetnya lebih ringan, lebih hemat baterai juga, dan memang bener sih, kalo nyari daya tahan batre yang ok banget, di HP ini cocok banget, pemakaian nonstop mungkin bisa sampe 8 jam.

Baterai

Main PUBGM 1 game penuh, makan batrenya cuma 6-7%, 30 menitan juga berkurangnya cuma 5%, awet pol! Kecepatan ngecasnya juga oke lah, pake charger fast charging 18 watt-nya. 30 menit keisi 30%, sejam 55%, dan kalau mau penuh sekitar 2 jam 15 menit.

Cuma, ya.. banyak kata "cuma" pada artikel ini, daya tahan batre yang tadi kerasa kurang bisa kita nikmati aja kalo ga didukung dengan layar yang tajem, yang enak buat diliat lama-lama. Dan performanya juga yang ngacir nggak didukung kayak gitu. 

Main game lama-lama kurang kerasa puas aja, karena main game kayak ML masih belom optimal mode F frame rate-nya masih belom kita aktifin. Dan kalo kita main game berat kayak PUBGM, setting bawaannya ada di Balanced Medium atau Smooth High. Kerasa kurang, kalo pake GFX Tools baru dipaksa ke Extreme Smooth, drop FPS dikit-dikit.

Lagipula kalo Anda pengen HP yang maksimal banget di batre, kayak HP ini, ga terlalu mentingin performa atau layar, masih ada kok alternatif HP lain yang harganya 2 juta pas aja, Realme C15. Batrenya lebih gede, 6000mAh loh, dan tipe layarnya masih sama dengan Realme 7i ini. SOC-nya juga sesuai sama segmen harganya, 2 jutaan, kalo misalnya Anda nanya bagian apa dari Realme 7i yang bener-bener kuat sampe ga ada yang bisa nyaingin? Jawabannya ada 1 sih, ada 1 piala yang bisa dibawa balik oleh HP ini, karena dengan harga 3,2 juta, Realme 7i adalah HP dengan konfigurasi RAM 8GB, dan internal 128GB yang paling murah yang bisa Anda temuin. 

Apakah itu cukup untuk membuat Anda kesemsem dengan HP ini? Itu bisa dijawab oleh Anda sendiri. Tergantung selera, kalau saya sih RAM gede gitu kalo ga didukung fitur yang lain juga mubazir ya, sementara buat kualitas kameranya sendiri, Realme 7i ini pake sistem 4 kamera ya, ada kamera utama 64MP, kamera ultra light 8MP, dan kamera makro dan black and white yang masing2 2 MP. Kamera depannya 16MP, hasil fotonya sendiri bagus, pas lagi terang fotonya bisa keliatan jelas, dynamic range bagus dan warnanya cerah. Kalo di kondisi low light dia standar aja kadang agak noise dan ketajamannya agak ilang, cuma ini wajar. 

kalo misalnya pengen lebih cakep pas malem, kita pake mode Nightscape aja biar hasilnya lebih jelas, di sama kayak Realme 7 kemaren juga, mode Nightscape ini kita bisa kasih filter yang lumayan cakep ada modern gold, ada cyber punk, dan flamingo. 4 kamera tadi biasanya kan dijejer ke bawah, kali ini ada 1 yang ditaruh di samping biar bisa ngebentuk huruf L ini familiar sih ada yg bisa nebak gak nih?

Warna

    Buat varian warnanya sendiri ada warna aurora green yang lagi kita bahas di video ini, dan ada juga yang namanya polar blue. Kesimpulan buat video ini.. ya gitu Anda udah nangkep lah ya saya nganggep Realme 7i ini harganya kurang pas, masih bisa dinego. Mungkin, dia kerasa lumayan berkembang kalo dibandingin dengan Realme 5i yang hadir awal taun ini. 

Kesimpulan

    Cuma, sekarang saya ngga ngebandingin 7i ini sama 5i lagi, tapi udah sama Realme 6 yang harganya sama, dan Realme 6 bisa banget jadi alternatif yang dipertimbangin saking bagusnya. Chipset lebih kenceng, layar lebih tajem, ya itu aja sih, ga perlu alesan lain soalnya 2 alesan itu aja bobotnya udah gede banget. Saran saya kalo Anda berminat beli ini, coba pertimbangin Realme 6 atau 7 sekalian deh. Kalo 7i ini, mungkin kalo ada special price di bawah 3 juta atau tiba tiba ada bundling gitu,
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar