Skip to main content

Review OPPO Reno4



meneruskan OPPO Reno3, sekarang OPPO Reno4 ini mengusung banyak hal yang cukup kekinian dan juga trendi. Tidak cuma trendi dari segi desain saja

...tapi ternyata ada banyak hal trendi yang ingin OPPO angkat di OPPO Reno4 ini,

seperti performanya dan juga kameranya. Oppo Reno4 memiliki warna Galactic Blue, kalau kena pantulan cahaya ini asli cakep sekali!

Selain Galactic Blue, ada juga 1 warna lagi nih yang tidak kalah spesial, yaitu Space Black. Jadi, ini adalah varian warna hitam dengan gradasi yang unik pada bagian bawahnya.

Kemudian, ada charger yang sudah memakai teknologi VOOC Flash Charge 4.0 dengan output 30W, plus kabel USB Type-C yang sama-sama punya aksen warna hijau pada bagian port-nya. Tidak ketinggalan, OPPO Reno4 ini juga masih dibekali bonus earphone pada paket penjualannya.

Untuk slot SIM, OPPO Reno4 ini masih memakai model triple-slot di mana kamu bisa memasang 2 SIM card plus microSD. Pada sisi kanan ini ada tombol power. Sementara untuk tombol volume ada di sisi sebaliknya yang masih cukup mudah untuk diakses dengan jari, Sementara, untuk lubang speaker, microphone, port USB Type-C dan jack audio 3.5mm mereka kompak ada pada sisi bawah. Kesan pertama mencoba OPPO Reno4 gokil sih Jujur, smartphone ini ringan sekali!

Nah, sebagai informasi, bobot smartphone ini sekitar 165 gram.

Untuk ketebalan bodinya, kurang lebih ini pada kisaran 7.7 mm. Nah, ini dia yang membuat OPPO Reno4 menjadi salah satu smartphone paling tipis di kelasnya. Ya, meskipun secara bobot, ini cukup ringan.tapi untuk bulit quality-nya ternyata masih cukup solid. ini karena kalau saya lihat-lihat pada sekeliling bodinya ini tepatnya pada frame-nya ini berbahan metal.

Sementara untuk bodi belakangnya, smartphone ini juga tidak kalah tangguh karena sudah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass tepatnya generasi ke-3. Dipakai dengan 1 tangan, OPPO Reno4 ini masih cukup nyaman karena selain ringan, dimensi smartphone ini juga cukup compact...di tangan saya.


Jika bicara compact atau tidaknya, itu kembali lagi sih pada ukuran tangan masing-masing. Untuk ukuran layarnya itu sendiri, sebenarnya tidak terlalu mungil juga sih.

Ukuran layarnya ini 6.5" Full HD serta sudah memakai desain Dual Punch Hole display.

Kenapa saya sebut 'Dual'? Jawabannya adalah karena kamera depannya sekarang ada 2 dan sudah menyatu dengan layar.

Untuk jenis layarnya itu sendiri, ini sudah pakai AMOLED. Layarnya ini juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.jadi, sudah cukup tangguh dari sisi depan ini. Nah, karena sudah memakai layar AMOLED.OPPO Reno4 ini jadi punya fitur Always On Display. Fingerprint scanner-nya atau sensor sidik jarinya.sekarang juga sudah menyatu dengan layar.

By the way, untuk responnya ini lumayan kencang ya dalam hal unlock smartphone. Selain trendi dari segi desain, performa juga menjadi salah satu daya tarik OPPO Reno4 ini. Tidak tanggung-tanggung sih, dapur pacu atau SoC yang dipakai pada smartphone ini adalah Qualcomm Snapdragon 720G.

Jika melihat huruf 'G' di belakangnya, ini adalah chipset Qualcomm yang memang didesain untuk kebutuhan gaming Ya, chipset ini memang bukan "kaleng-kaleng"...,

hal ini karena 2 dari 8 Core-nya ini sudah berbasis Kryo 465 Gold

yang bisa dipacu sampai 2.3 GHz, kencang iya, ngebut juga iya tapi yang perlu digaris bawahi di sini chipset ini masih cukup irit daya loh! Hal tersebut karena mempunyai fabrikasi pada 8nm. Untuk penyimpanan internalnya adalah 128GB yang sudah memakai teknologi UFS 2.1. RAM-nya itu sendiri juga meluber-luber nih yaitu 8GB.

Jadi, smartphone ini sudah cukup kencang untuk multitasking buka-tutup banyak aplikasi dan menjadi lebih leluasa juga untuk menyimpan banyak aplikasi plus game-game kekinian.

OPPO Reno4 ini sudah dibekali dengan teknologi VOOC Flash Charge 4.0...

di mana bisa mengisi daya dengan output maksimal pada 30W. Ya, teknologi fast charging buatan OPPO ini mampu mengisi baterai-nya yang batersi 4015 mAh dengan sangat-sangat kencang.

Nah, sebagai gambaran seberapa kencangkah VOOC Flash Charge 4.0 ini?

Jadi, saya mengisi dari kondisi kosong sampai terisi setengahnya atau 50% itu butuh waktu sekitar 20 menit saja. Sementara untuk mengisi baterai-nya sampai benar-benar penuh atau 100% itu cuma butuh waktu sekitar 56 menit...

...alias kurang dari 1 jam.

Nah, sudah bisa dibayangkan 'kan seberapa kencangnya? Jadi, semisal kita baru bangun tidur nih..., dan kita baru sadar ternyata smartphone-nya lupa diisi daya semalam dan low-bat parah ya, kita tinggal charge, tinggal mandi dan sarapan dan setelah balik ke kamar lagi, smartphone-nya sudah bisa diajak untuk produktivitas lagi. Untuk software-nya, OPPO Reno4 ini

sudah memakai Android 10 yang dibalut dengan Color OS 7.2 terbaru.

Nah, salah satu fitur baru di sini yang belum pernah saya temukan pada Reno-series terdahulu ada yang namanya AON Smart Sensor. Jadi, fitur ini memanfaatkan kamera depan sekundernya untuk mengaktifkan beberapa sensor pintar. Nah, pertama ada yang namanya Smart Spying Prevention. Jadi, semisal ada notifikasi masuk nih, maka sudah tidak ada lagi ada orang yang iseng mengintip atau mencari tahu informasi dari belakang karena sensor ini cuma akan mengenali wajah penggunanya saja Kalaupun masih ada yang iseng ingin tahu urusan orang lain...,

pada tabel notifikasi, tidak akan menampilkan Fitur ini sangat berguna sekali sih, bagi kamu yang notifikasinya itu sering sekali diintip oleh teman atau tidak sengaja terintip orang lain yang ada di belakang kamu, saat sedang sama-sama di transportasi massal. Tapi untuk bisa memakai fitur ini, Face Unlock-nya harus diaktifkan dulu ya!

Tidak cuma itu saja sih, AON Smart Sensor ini juga bisa dipakai untuk scroll-scroll tanpa harus menyentuh layar lewat fitur yang namanya 'Smart Air Control'. Ya, scroll layar dengan hanya menggerakkan tangan naik-turun ini... bisa kamu lakukan di beberapa aplikasi populer mulai dari YouTube, Instagram, Facebook sampai TikTok.

Ya, meskipun tidak selancar scroll-scroll langsung di layar tapi fitur ini lumayan keren loh untuk ajang pamer ke teman-teman. Atau bisa juga saat tangan kita sedang kotor sehabis makan nasi padang tapi ingin tetap melihat-lihat feed Instagram.Tidak ketinggalan, fitur Super Power Saving Mode-nya juga semakin dioptimalkan di Color OS terbaru ini.

Jadi, kalau fitur ini diaktifkan, baterai yang cuma tersisa 5% sekalipun ternyata masih bisa dipakai untuk mengoperasikan WhatsApp sampai kurang lebih sekitar 90 menitan.

Tapi semua itu dengan konsekuensi tampilan antar-mukanya menjadi lebih minimalis tidak ada tema, tidak ada animasi dan wallpaper-nya jadi serba hitam. Yaa tujuannya 'kan untuk lebih hemat baterai. Oke lanjut! Sekarang kita akan membahas fitur trendi lain di OPPO Reno4 yang tidak kalah seru untuk dikulik-kulik yaitu kameranya Jadi, OPPO Reno4 ini masih memakai konfigurasi 4 kamera belakang..., di mana kamera utamanya memiliki resolusi 48MP kamera Ultra-Wide Angle 8MP, sementara untuk kamera Portrait dan juga kamera Macro ini sama-sama kompak di 2MP.

Nah, hal yang ingin saya highlight di sini adalah fitur-fitur barunya untuk kamera foto dan kamera video.

Salah satu fitur barunya yaitu AI Color Portrait yang nantinya bisa mengunci warna sesuai bentuk obyek

dalam hal ini adalah obyek manusia. Jadi obyek yang berwarna itu hanya obyek manusianya saja sementara background-nya itu menjadi monochrome alias hitam putih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar