Skip to main content

Review Oppo Reno 4F

saat mencoba OPPO Reno4 F ini seperti mendapat pengalaman yang berbeda.Membawa smartphone ini ke mana-mana itu terasa tidak menambahkan "beban" ya.Disimpan di saku celana nyaman dan tidak sesak.

Selain itu, disimpan di pouch juga tidak menghabiskan banyak ruang.Nah, bisa dibilang, OPPO Reno4 F ini adalah salah satu smartphone resmi yang punya ukuran bodi paling ringkas enteng dan juga tipis.

Tapi, smartphone ini tidak cuma sekadar jualan bodi "seksi" saja ya ada beberapa hal menarik yang saya temukan setelah dipakai beberapa Minggu.Ini adalah penampakan box OPPO Reno4 F yang lagi-lagi cukup menarik perhatian.

Kesannya sangat fun ya. Ada gambar-gambar yang ramai dan ini kental nuansa anak muda l , terdapat warna metalik dan varian warna lagi, yaitu warna Matte Black ini varian untuk mereka yang suka warna-warna calm.untuk kabel USB, ini sudah USB Type-C.

Ya, mungkin itu kesan pertama saya saat mencoba OPPO Reno4 F ini. Asli sih, ini entengnya sangat mengajak untuk bercanda.Jadi, biasanya kan saya suka menyimpan smartphone di saku celana dan OPPO Reno4 F ini terkadang suka membuat panik sendiri, karena terlalu tipisnya itu, saat saya menyimpannya di saku celana. itu terasa tidak ada tonjolan, tidak terasa sesak karena dari segi dimensi smartphone ini benar-benar sangat ringkas. OPPO Reno4 F ini memiliki bobot kurang lebih 164 gram Hingga saat ini, sepertinya belum ada smartphone resmi lain yang bobotnya seringan OPPO Reno4 F ini.

Kemudian, dari segi ketebalan. Ini ketebalannya cuma 7.48mm.  dengan desain atau dimensi se-compact ini. OPPO Reno4 F ini terasa enak sekali di genggaman mantap pokoknya.Nah, ini buat kamu tim-tim rebahan yang suka menonton film sambil bermalas-malasan di kasur membawa smartphone ini dalam waktu lama juga tidak membuat tangan pegal.

Selain bodi yang ringan, bodi yang tipis hal yang di suka dari OPPO Reno4 F ini adalah pada permukaan bodi belakangnya.meskipun warnanya ini cukup gonjreng atau terang tapi bodinya ini bukan glossy ya.

Saat saya coba raba-raba, bodinya ini ternyata matte atau doff Sekarang itu sepertinya menjadi favorit atau tren yang baru.smartphone dengan bodi belakang yang matte atau doff daripada glossy.

Hal ini karena biar bagaimanapun, bodi belakang yang doff seperti ini itu yaa, tidak mudah kotor, tidak mudah kusam tidak licin dan yang pasti tidak mudah tergores.Oh ya, bicara soal compact, sebenarnya layar smartphone ini tidak terlalu mini juga. Jadi, ukuran layar OPPO Reno4 F ini sekitar 6.43" dan ini masih kategori cukup lebar untuk dipakai menonton film atau bermain game.

Nah, ruang depan ini benar-benar dimaksimalkan untuk layar termasuk sudah memakai desain Dual Punch Hole Display yang mana memiliki 2 kamera depan serta menyatu dengan layar tepatnya pada pojok kiri-atas.

Sementara untuk panelnya, OPPO Reno4 F ini masih "kompak" dengan saudara-saudaranya, yaitu memakai panel Super AMOLED.

Bicara Super AMOLED, sepertinya susah nih untuk berkomentar 'B' saja ini karena layarnya ini benar-benar memberi pengalaman visual yang jauh lebih baik dibandingkan layar IPS LCD.baik itu dari segi ketajaman sampai dengan warnanya.

Warna Super AMOLED itu benar-benar "kental" pokoknya, pekat, terutama untuk warna-warna yang gelap ya sehingga menjadikannya hemat energi juga ketika kita memakai warna-warna yang gelap karena tidak ada teknologi backlight di sini.

Jadi, jelas ya. Layar ini untuk dipakai menonton YouTube atau streaming Netflix sudah "auto-cakep" pastinya, terlebih untuk Netflix juga bisa streaming dengan resolusi FullHD.Karenasmartphone ini juga sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1,Kemudian, enaknya panel Super AMOLED itu saat kita pakai di bawah terik matahari tampilannya itu masih kelihatan sangat jelas ya.

Jadi, saya memakai untuk scroll-scroll timeline sosial media di bawah terik matahari, tulisannya itu masih terbaca dengan jelas dan enak. selain memberikan pengalaman visual yang lebih cakep layar Super AMOLED di OPPO Reno4 F ini juga memberikan beberapa fitur eksklusif yang mungkin tidak akan kamu temukan di smartphone lain yang layarnya masih IPS LCD salah satunya adalah teknologi fingerprint atau sensor sidik jari yang sudah ada pada layar.

Fitur ini juga sudah hadir di OPPO Reno4 F Jadi, teknologi sidik jari di layar itu semakin ke sini semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan, dari yang awalnya itu sangat lamban dan sekarang itu responsivitasnya sudah lebih cepat lebih kencang dan bisa bersaing dengan fingerprint scanner yang menempel pada bodi secara fisik.

ketika saya coba unlock smartphone memakai sidik jari di layar ini asli sangat kencang sekali. Oppo Reno4 F ini, bentuk kameranya itu kotak persegi yang di dalamnya ada 4 kamera serta disusun dengan formasi 2x2.

Menurut saya sih, desain kamera seperti ini itu kelihatan lebih fun ya dan pokoknya kekinian untuk sekarang ini.Sementara itu untuk konfigurasi kameranya di sini ada kamera utama dengan resolusi 48MP kemudian Ultra Wide dengan resolusi 8MP dan sisanya ini adalah 2 kamera pembantu yaitu kamera Mono dan kamera Depth Sensor yang sama-sama kompak memakai resolusi 2MP.

Hasil jepretannya cukup menyenangkan sih Warnanya tajam, detail pada obyek juga bisa ditangkap dengan baik.Hasilnya rekaman video  relatif stabil kalau dipakai sambil berjalan karena fitur stabilizer atau EIS-nya aktif pada mode atau resolusi Full HD kita juga bisa memakai kamera Ultra Wide-nya untuk merekam video.

Kita bisa pakai resolusi maksimal di Full HD atau 1080p 30fps,Hasilnya sih masih cukup kelihatan stabil ya.sementara untuk kamera depannya ini cuma bisa maksimal pada resolusi Full HD 30fps. Angle-nya cukup "aman" ya. Kiri-kanan oke .atas-bawah juga tidak terlalu sempit Untuk background-nya juga masih kelihatan dengan cukup jelas.

Hanya saja, ini tidak se-stabil kamera belakang ya, Masih terasa ada getar-getarnya.hal menariknya, kamera depannya juga bisa merekam video dengan efek bokeh atau adanya blur pada background. Blur-nya di sini cukup rapi untuk ukuran kamera depan.

Tapi, perlu diingat ketika kita mengaktifkan efek bokeh untuk kamera depannya, resolusi video-nya ini cuma bisa maksimal di 720p saja, alias tidak bisa Full HD.

RAM 8GB dan penyimpanan internalnya yang juga luber-luber di 128GB. Jika masih belum puas, masih bisa ditambah dengan microSD.Sementara untuk dapur pacunya OPPO Reno4 F ini sudah diotaki SoC Helio P95 yang juga sudah dibekali fitur HyperEngine seperti Helio G-series.

Jadi, fitur HyperEngine ini sangat terasa ketika kita pakai untuk bermain game karena mampu membuat tampilan game-nya lebih maksimal kemudian lebih minim latency buat kamu yang sering main game online jadi, jaringannya jauh lebih stabil.Karena sudah dibekali fitur HyperEngine rasanya tidak afdol kalau belum main game di smartphone ini.

Di sini saya mendapat setting grafis maksimal di HD-High dan frame drop-nya masih cukup terkendali ya artinya masih cukup lancar selama permainan.

Kemudian, saya pakai juga untuk bermain game CoD Mobile terutama mode Death Match, itu seru sekali main di smartphone ini.

Kita dapat setting grafis rata kanan semua.Ya, performanya cukup stabil selama saya pakai itu 1-2 jam non-stop.Tak ketinggalan, saya juga sempat mencoba game balap Asphalt 9 Legend di smartphone ini.

fitur HyperEngine benar-benar terasa di sini artinya, tampilan game-nya itu terlihat lebih realistis dengan menampilkan efek-efek partikel seperti debu, air, api dan lain-lain.

performa yang enteng di smartphone ini juga tak lepas dari peran software-nya yang mana sudah memakai Android 10 dengan balutan Color OS 7.2.

ada beberapa fitur seru yang bisa dikulik-kulik di sini salah satunya yaitu Air Gesture.

Fitur ini memungkinkan kita untuk menjawab panggilan telepon tanpa harus memegang smartphone, melainkan cukup dengan mengibaskan tangan saja di depan layar smartphone.

Kedengarannya, fitur ini cukup sepele ya tapi ketika posisi tangan kita sedang repot atau basah atau kotor intinya tidak memungkinkan untuk menjangkau smartphone atau menyentuh layar smartphone fitur ini sangat terpakai sih.

Color OS 7.2 di smartphone ini juga memiliki fitur manajemen baterai yang cukup ekstrim untuk memaksimalkan daya yang tersisa.Salah satu fiturnya itu ada yang namanya Super Power Saving Mode.

ketika fitur ini diaktifkan baterai yang tersisa 5% pun itu masih bisa dipakai untuk chatting di WhatsApp kurang lebih 1.5 jam.

Ketika batre tinggal 5% tapi masih bisa dipakai untuk aktivitas yang mana masih butuh akses internet.

Hal itu juga yang membuat OPPO cukup pede memberikan baterai dengan kapasitas 4000 mAh di sini Baterai dengan kapasitas segini pun masih bisa dipacu seharian dan untuk penggunaan yang juga relatif intens dengan internet seperti misalkan bermain sosial media, chatting .streaming sampai dipakai untuk mabar online.

Baterai kapasitas 4000 mAh di sini juga memberikan keuntungan nih terutama dari segi waktu charging yang relatif lebih singkat.

OPPO Reno4 F ini kan sudah dibekali charger dengan output 18W ya jadi, untuk mengisi dayanya dari 10% sampai terisi setengahnya atau 50% itu cuma butuh waktu sekitar 30 menit  atau tidak sampai 2 jam untuk mengisi dayanya dari 10% sampai benar-benar penuh di 100%.

Hal yang tidak kalah menariknya, OPPO juga benar-benar mengoptimalkan proses charging di smartphone ini terutama untuk kalian nih, yang sering mengisi daya...

OPPO Reno4 F ini mempunyai fitur AI yang akan memutus koneksi daya ketika baterai-nya itu sudah penuh meskipun di-charge semalaman.Jadi, aman juga nih untuk kesehatan baterai-nya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar