Skip to main content

Konsep Class dan Object pada OOP

konsep class dan object pada oop

Perbedaan
Class dan Object

Object

Object adalah sebuah komponen perangkat lunak yang stukturnya mirip dengan obyek pada dunia nyata. Setiap obyek dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variable untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek, dan juga terdiri dari sekumpulan method yang menjabarkan tingkah laku dari obyek. Bisa dikatakan bahwa obyek adalah sebuah perangkat lunak yang berisi sekumpulan variable dan method yang berhubungan.Variabel dan method dalam obyek Java secara formal diketahui sebagai variabel instance dan method instance. Hal ini dilakukan untuk membedakan dari variable class dan method class

Class

Class adalah sturktur dasar dari OOP. Class terdiri dari dua tipe dari anggota dimana disebut dengan field (attribut/properti) dan method. Field merupakan tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara method merupakan operasi. Sebuah obyek adalah sebuah instance (keturunan) dari class. Untuk dapat membedakan antara class dan obyek, mari kita mendiskusikan beberapa contoh berikut ini. Kita memiliki sebuah class mobil dimana dapat digunakan untuk medefinisikan beberapa obyek mobil. Pada tabel dibawah, mobil A dan mobil B adalah obyek dari class mobil. Class memiliki field nomor, plat, warna, manufaktur dan kecepatan yang diisi dengan nilai pada obyek mobil A dan mobil B. Mobil juga dapat berakselerasi, berbelok dan melakukan rem.

Ketika diinisialisi, setiap obyek mendapat satu set variabel yang baru. Bagaimanapun, implementasi dari method dibagi diantara obyek pada class yang sama. Class menyediakan keuntungan dari reusability. Programmer perangkat lunak dapat menggunakan sebuah kelas beberapa kali untuk membuat banyak obyek.

Instansiasi Class

Untuk membuat sebuah obyek atau sebuah instance pada sebuah class. Kita menggunakan operator new. Sebagai contoh, jika anda ingin membuat instance dari class string, kita menggunakan kode berikut:
String hello = new String("Hello world!");
Ini juga sama dengan :
String hello = "Hello";

Variabel Class dan Variabel Method

Selain dari variabel instance, kita juga memungkinkan untuk mendefinisikan variabel dari class, yang nantinya variabel ini dimiliki oleh class. Ini berarti variabel ini dapat memiliki nilai yang sama untuk semua obyek pada class yang sama. Mereka juga disebut static member variables.    

Pembuatan Class

Sebelum menulis class Anda, pertama pertimbangkan dimana Anda akan menggunakan class dan bagaimana class tersebut akan digunakan. Pertimbangkan pula nama yang tepat dan tuliskan seluruh informasi atau property yang ingin Anda isi pada class. Jangan sampai terlupa untuk menuliskan secara urut method yang akan Anda gunakan dalam class. Dalam pendefinisian class, dituliskan:

<modifier>class<name>
{
<attributeDeclaration>*
<constructorDeclaration>*
<methodDeclaration>*
}
<modifier> adalah : adalah sebuah access modifier, yang dapat dikombinasikan dengan tipe modifier lain. berikutnya kita akan membuat sebuah class yang berisi record dari siswa. Jika kita telah mengidentifikasikan tujuan dari pembuatan class, maka dapat dilakukan pemberian nama yang sesuai. Nama yang tepat pada class ini adalah StudentRecord. Untuk mendefinisikan class, kita tuliskan:
Public class StudentRecord
{
//area penulisan kode selanjutnya
}
Keterangan :
  1. Public, artinya Class ini dapat di akses dari luar package
  2. Class adalah keyword yang digunakan untuk pembuatan class dalam java
  3. StudentRecord adalah Identifier yang menjelaskan class

Deklarasi Atribut

cara penulisan atribuat adalah sebagai berikut :
modifier><type><name>[=<default_value>];
Langkah selanjutnya adalah mengurutkan atribut yang akan diisikan pada class. Untuk setiap informasi, urutkan juga tipe data yang yang tepat untuk digunakan. Contohnya, Anda tidak mungkin menginginkan untuk menggunakan tipe data integer untuk nama siswa, atau tipe data string pada nilai siswa. Berikut ini adalah contoh informasi yang akan diisikan pada class StudentRecord:
  1. name - String
  2. address - String
  3. age - Int
  4. mathgrade - double
  5. englishgrade - double
  6. sciencegrade - double
  7. averagegrade - double

Instance Variable

Jika kita telah menuliskan seluruh atribut yang akan diisikan pada class, selanjut nya kita akan menuliskannya pada kode.Jika kita menginginkan bahwa atribut–atribut tersebut adalah unik untuk setiap object (dalam hal ini untuk setiap siswa), maka kita harus mendeklarasikannya sebagai instance variable Sebagai contoh:
Public class StudentRecord
{ 
rivate String name;
Private String address;
Private int age;
Private double mathGrade; private double englishGrade;
private double scienceGrade; private double average;
}
Private disini menjelaskan bahwa variabel tersebut hanya dapat diakses oleh class itu sendiri. Object lain tidak dapat menggunakan variabel tersebut secara langsung.

Class Variable atau StaticVariables

Disamping instance variable, kita juga dapat mendeklarasikan class variable atau variabel yang dimiliki class sepenuhnya. Nilai pada variabel ini sama pada semua object di class yang sama. Anggaplah kita menginginkan jumlah dari siswa yang dimiliki dari seluruh class, kita dapat mendeklarasikan satu static variable yang akan menampung nilai tersebut. Kita beri nama variabel tersebut dengan nama studentCount. Berikut penulisan staticvariable:
Public class StudentRecord
{
//area deklarasi instance variables
Private static int student Count;
//area penulisan kode selanjutnya
}
Kita gunakan keyword : ’static’ untuk mendeklarasikan bahwa variabel tersebut adalah static. Maka keseluruhan kode yang dibuat terlihat sebagai berikut:

Public class StudentRecord
{
private String name;
private String address;
private int age;
private double mathGrade;
private double englishGrade;
private double scienceGrade;
Private double average;
Private static intstudentCount;
//area penulisan kode selanjutnya
}
Demikian  materi mengenai Konsep Class dan Object pada OOP semoga dapat dipahami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar