Skip to main content

Cara Instal Netbeans IDE 12.0 dan Plugin IReport 5.6.0


Instalasi Netbeans IDE 12.0

Bagi anda pengguna Netbeans yang biasanya membuat aplikasi desktop mungkin aplikasi IDE Netbeans adalah salah satu editor pavorit karena banyaknya fitur yang dapat memudahkan kita dalam membuat dan mendesain form, jika anda masih menggunakan versi lama sudah saatnya beralih menggunakan versi terbaru karena semenjak Netbeans 8.2 dengan jdk 8 sudah tidak didukung lagi saat ini.
 
Netbeans IDE 12.0 release pada tanggal 4 Juni 2020 untuk melakukan instalasi versi tersebut kita perlu melakukan instalasi JDK Versi terbaru yaitu JDK 14.01, JDK tersebut dapat anda download pada link berikut : JDK 14.01 pilih salah satu installer sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. setelah anda install JDK tersebut selanjutnya download versi netbeans 12.0 yang merupakan versi terbaru sampai saat ini (29 Juli 2020), versi tersebut dapat anda download pada  link berikut : Netbeans 12.0.

terdapat banyak pilihan pada halaman download Netbeans ada yang berupa Binaries, Source, dan Installer untuk sistem operasi yang berbeda, perbedaannya adalah :
  1. Binaries, Netbeans 12.0 bertipe Binaries berebentu zip file, jika anda lakukan ekstrak pada  file tersebut berisi semua file pendukung untuk menjalankan apilasi netbeans, untuk menjalankan netbeans bertipe binary anda dapat membuka sebuah folder bin pada folder tersebut akan ada dua pilihan netbeans yang dapa anda jalankan yaitu netbeans64.exe untuk sistem operasi 64Bit atau netbeans.exe untuk sistem operasi 32Bit. pada bentuk binaries kita tidak perlu melakukan instalasi, kita bebas untuk melatakan dimana saja folder tersebut brebeda jika kita memilih versi yang installer.
  2. Source, adalah kode sumber utama yang bertujuan untuk melakukan kontribusi pada aplikasi netbeans, bagi kita seorang pengguna biasa mungkin kurang cocok jika menggunakan versi ini selain itu bentuk source ukurannya lebih besar.
  3. Installer, file yang bertipe ini mungkin lebih cocok kita gunakan karena lebih mudah dalam proses instalasi anda tinggal melakukan installer setelah itu folder akan tersimpan secara otomatis pada drive c (pada windows), dan akan dibuatkan juga sebuah shortcut pada desktop setelah instalasi selesai. ada tiga pilihan pada bentuk installer yaitu bertipe .exe jika sistem operasi windows, .sh untuk sistem operasi linux dan .dmg untuk sistem operasi Mac OS.
saat melakukan instalasi menggunakan installer anda dapat memilih editor apa saja yang akan digunakan karena Netbeans tidak hanya digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa Java saja tetapi juga bisa sebagai editor bahasa pemrograman PHP,HTML dan Javascript.

Instalasi Plugin IReport 5.6.0

Khusus bagi anda pengguna Netbeans untuk keperluan membuat sebuah aplikasi desktop biasanya anda membutuhkan sebuah aplikasi tambahan berupa aplikasi pihak ketiga atau ThirdParty Application untuk pembuatan laporan karena secara default netbeans tidak menyediakannya biasanya aplikasi yang digunakan adalah IReport, aplikasi tersebut saat ini versi tertinggi adalah IReport 5.6.0 khusus pada Netbeans 12.0 mempunyai cara tersendiri untuk memasang plugin tersebut dikarenakan ada plugin tambahan yang perlu diinstall plugin tersebut yaitu org-jdesktop-layout-RELEASE65. jika anda tidak menginstall plugin tersebut maka proses instalasi plugin IReport 5.6.0 tidak akan berhasil.

Plugin IReport dapat anda download pada link berikut : Plugin IReport 5.6.0 dan plugin tambahan dapat anda download pada link berikut : org-jdesktop-layout-RELEASE65 setelah keduanya didownload pertama kita instal dulu org-jdesktop-layout-RELEASE65 file tersebut bertipe .nbm anda dapat melakukan install pada Netbeans 12.0 pada menu Tools-plugin kemudian buka tab downloaded kemudian klik menu add plugins tambahkan file tersebut kemudian install, setelah proses instalasi selesai ekstrak IReport 5.6.0 install pada menu yang sama kemudian pilih semua file yang ada pada folder IReport 5.6.0 kemudian klik tombol install            

Seperti itulah cara instalasi Netbeans 12.0 dan plugin IReport 5.6.0 yang merupakan pengalaman pribadi beberapa waktu lalu yang mengalami kesulitan terutama cara instal IReport sempat berhari-hari tidak berhasil, alhamdulillah setelah cari kesana kemari ditemukan cara tersebut. mudah-mudahan tulisan ini berguna bagi anda yang ingin mencoba install netbeans terbaru dan sebagai catatan juga bagi penulis agar tidak lupa ketika melakukan instal pada lain waktu, terimakasih. 

berikut adalah screenshot hasil instalasi Netbeans IDE 12.0 dan Plugin IReport 5.6.0 :

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar