Skip to main content

Point Of Sale Visual Basic

Pengertian Aplikasi Point Of Sale (POS)

Aplikasi Point Of Sale selanjutnya disebut POS merupakan aplikasi yang biasanya digunakan pada bagian kasir untuk melakukan transaksi penjualan, pada artikel berikut akan dijelaskan cara pembuatan aplikasi POS sederhana yang dapat digunakan sebagai refrensi bagi anda yang sedang belajar untuk dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih kompleks. 

Tools yang dibutuhkan

untuk membuat aplikasi POS dibutuhkan  beberapa tools / software yang perlu anda install terlebih dahulu diantaranya adalah : 
  1. Visual Studio Comunity sebagai IDE untuk pembuatan aplikasi.
  2. Microsoft Acess 2010/2013 atau yang terbaru sebagai DBMS yang akan kita gunakan.
Jika sudah terinstall mari kita lanjutkan dengan tahap selanjutanya. 

Pembuatan Database

pada kesempatan ini saya asumsikan anda sudah familiar dengan microsoft access sehingga tidak ada kesulitan dalam pembuatan database buatlah database dengan nama dbpos  dan tambahkan tabel-tabel seperti berikut :


Tabel Barang


Tabel barang digunakan untuk menampung data barang yang akan dijual, tabel ini memiliki beberapa kolom diantaranya adalah :

Nama Tabel : Barang

  Kolom  Tipe Data
 kodeBarang   Short Text  
 idJenis  Number
 namaBarang  Short Text 
 satuan              Short Text 
 hargaJual  Currency
 hargaBeli  Currency

Tabel Jenis

Tabel barang digunakan untuk menampung data jenis barang, tabel ini memiliki beberapa kolom diantaranya adalah :

Nama Tabel : Jenis

  Kolom  Tipe Data
 idJenis   AutoNumber 
 namaJenis  Short Text

Tabel TransaksiDetil

Tabel barang digunakan untuk menampung data transaksi detil yang akan menyimpan item barang yang terjual berdasarkan nomor transaksi, tabel ini memiliki beberapa kolom diantaranya adalah :

Nama Tabel : TransaksiDetil

  Kolom  Tipe Data
 idPenjualanDetil   AutoNumber 
 noTransaksi  Short Text
 kodeBarang  Short Text
 jumlahBeli  Number
 subTotal  Currency

Tabel TransaksiMaster

Tabel TransaksiMaster digunakan untuk menampung data transaksi detil yang akan menyimpan item barang yang terjual berdasarkan nomor transaksi, tabel ini memiliki beberapa kolom diantaranya adalah :

Nama Tabel : TransaksiMaster

  Kolom  Tipe Data
 noTransaksi   ShortText 
 tanggal  Date/Time
 totalItem  Number
 totalBelanja  Number
 bayar  Currency
 kembali  Currency

Membuat Relasi Tabel

Buatlah relasi dari tabel diatas agar data yang diinput konsisten, misalnya nomor transaksi yang ada di tabel transaksi detil harus sama dengan nomor transaksi yang ada di transaksi master kemudian kode barang yang ada pada tabel transaksi detil juga harus konsisten dengan kode barang yang ada pada tabel barang, berikut adalah relasi yang perlu anda buat :

penjualan sederhana

Membuat Project Baru

Saatnya kita membuat project Visual Basic baru  menggunakan Visual Studio Comunity 2019 anda juga dapat membuat project menggunakan versi sebelumnya boleh visual studio comunity 2017 atau visual studio 2015/2013 minimal versi yang agak lawas visual studio 2010. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka Visual Studio
  2. Klik file-new Project 
  3. Pilih Windows Form App kemudian tekan tombol Next
  4. Pilih lokasi porject anda kemudian Berikan nama pos_app setelah itu tekan tombol create seperti pada gambar berikut :
penjualan sederhana
Kemudian :
penjualan sederhana
Tampilan awal setelah anda membuat project adalah seperti berikut :
penjualan sederhana
ketika project telah selesai dibuat sudah disediakan sebuah form baru yang masih kosong, kita dapat manfaatkan form tersebut untuk membuat menu utama yang akan digunakan untuk membuat form lainnya.

Membuat Menu Utama

Ubah nama default form1 menjadi formMenu pada property yang ada disebelah kanan layar. kemudian cari Menustrip pada toolbox setelah itu drag and drop kedalam menu kemudian desain menjadi seperti berikut :

penjualan sederhana

Sebelum dilanjutkan pastikan terlebih dahulu project anda dapat running dengan menekan tombol start atau debug-start debugging dapat juga menekan tombol f5 untuk menjalankan program. hasilnya seperti berikut :
penjualan sederhana


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->