Skip to main content

CRUD Rest API Webservice Menggunakan PHP dan MySQL - Intro


 

Apa itu API ?

API adalah singkatan dari Application Programming Interface. dengan menggunakan API memungkinkan aplikasi untuk saling berkomunikasi antar platform,dengan menggunakan API memungkinkan anda dapat bertukar data dengan aplikasi web melalui serangkaian operasi yang dikenal sebagai CRUD (Create, Read, Update, Delete) dengan mengirimkan permintaan HTTP seperti POST, GET, PUT dan DELETE dll.

Apa itu REST ?

REST adalah singkatan dari REpresentational State Transfer. Ini adalah seperangkat aturan yang menentukan cara bertukar sumber daya dalam sistem terdistribusi, REST merupakan standar arsitektur komunikasi berbasis web yang sering diterapkan dalam pengembangan layanan berbasis web. Umumnya menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) sebagai protocol untuk komunikasi data. REST pertama kali diperkenalkan oleh Roy Fielding pada tahun 2000, Data biasanya ditukar dalam format JSON (JavaScript Object Notation).

Apa itu Web Service ?

Web service adalah standar yang digunakan untuk melakukan pertukaran data antar aplikasi atau sistem, karena aplikasi yang melakukan pertukaran data bisa ditulis dengan bahasa pemrograman yang berbeda atau berjalan pada platform yang berbeda. Contoh implementasi dari web service antara lain adalah SOAP dan REST.

Web Services itu digunakan saat diperlukan transformasi suatu bisnis logik yang terpisah dalam 1 ruang lingkup yang menjadi satu. Web Service cukup diupload ke Web Server dan siap diakses oleh pihak-pihak yang telah diberikan otorisasi

Keuntungan Web service

Loosely Coupled

Setiap service berdiri sendiri, independen terhadap service lain pada suatu aplikasi. Bagian-bagian service dapat diubah tanpa mempengaruhi yang lain

Ease of Integration

Data dibungkus antar aplikasi dan WS berfungsi untuk manghubungkan aplikasiaplikasi tersebut dan memudahkan komunikasi

Service Reuse

Kode dapat digunakan kembali dan dikembangkan lebih mudah baik di sisi klien atau server.

CRUD Rest API Webservice Menggunakan PHP dan MySQL - Part 1


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar