Skip to main content

Sekilas Tentang VB.Net


ada yang bilang saat ini VB.Net sudah banyak ditinggalkan namun faktanya tidak seperti itu, dari tahun ketahun pengembangan tools tetap dilakukan oleh vendornya terbukti saat ini Tools untuk mengembangkan aplikasi menggunakan VB.Net yaitu Visual Studio sudah ada yang terbaru Yaitu Visual Studio 2019.

Visual Basic .NET (VB.NET) adalah bahasa pemrograman komputer berorientasi objek yang diimplementasikan pada .NET Framework. VB.Net merupakan evolusi dari bahasa pemrograman sebelumnya yaitu Visual Basic 6 (VB6) tanpa tulisan .Net, Meskipun berawal dari bahasa  Visual Basic namun VB.Net tidak kompatibel pada bahasa  dengan VB6, dan VB6 sudah tidak kompatibel juga dengan sistem operasi saat ini yang terutama pada windows 10. sehingga VB6 saat ini sudah banyak ditinggalkan .

Seperti semua bahasa .NET lainnya, VB.NET memiliki dukungan lengkap untuk konsep berorientasi objek. Semua yang ada pada VB.NET adalah objek, termasuk semua tipe primitif (Pendek, Integer, Panjang, String, Boolean, dll.).VB.NET merupakan implementasi dari Microsoft .NET framework. Oleh karena itu, ia memiliki akses penuh ke semua perpustakaan di .Net Framework. Juga dimungkinkan untuk menjalankan program VB.NET di Mono yaitu alternatif open-source untuk .NET, tidak hanya di bawah Windows, tetapi bahkan Linux atau Mac OSX. saat ini VB.Net banyak digunakan oleh para profesional karena :
Berorientasi pada objek.
  1.      Berorientasi komponen.
  2.      Mudah untuk dipelajari.
  3.      Bahasa terstruktur.
  4.      Menghasilkan program yang efisien.
  5.      Dapat dikompilasi pada berbagai platform komputer.
  6.      Bagian dari .Net Framework yang didukung penuh oleh Microsoft. 
VB.Net merupakan bagian dari .Net Framework, aplikasi yang didukung oleh Net Framework aplikasi yang dapat dibangun menggunakan VB.Net yaitu :
  1. Desktop
  2. Web
  3. Web Service

Integrated Development Environment (IDE) VB.Net 

IDE yang dapat digunakan terdapat beberapa versi ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, saat ini IDE yang dapat digunakan di windows adalah Visual Studio Comunity untuk versi gratis dan Visual Studio yang lain merupakan versi berbayar, anda dapat lihat disini untuk daftar visual studio berbayar.

Pada tutorial-turotial berikutnya IDE yang akan digunakan adalah Visual Studio Comunity 2017 anda dapat download  disini. pada Visual Studio Comunity tidak hanya mendukung bahasa VB.Net saja namun anda juga dapat mengembangkan aplikasi dengan menggunakan bahasa lain seperti Visual C++, Visual C# (CSharp) baik aplikasi desktop ataupun aplikasi berbasis Web. 

Visual Studio Comunity 2017 hanya dapat berjalan pada sistem operasi widows 10 jika anda menggunakan windows 7 anda dapat menggunakan visual studio 2010 express, tidak ada perbedaan dalam penulisan kode program dan aplikasi dapat berjalan dengan baik, projek yang dibuat mengguakan visual studio 2010 dapat dibuka oleh visual studio versi diatasnya namun jika projek yang dibangun dengan visual studio comunity 2017 tidak dapat dijalankan oleh visual studio 2010. tetapi dapat dibukan denga versi diatasnya yaitu Visual stuido 2012,2013,2015.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->